Yuk, Simak Sejarah Pop Musik Dalam 5 Dekade Berbeda

Sejarah musik pop di dunia ini sangat panjang, karena popularitasnya sudah dimulai sejak puluhan dekade yang lalu. Sebagai singkatan dari popular music, awalnya musik pop adalah genre yang kurang terdefinisi dan sempat dipandang sebelah mata di masa lampau.

Seiring dengan berjalannya waktu, musik pop terus berevolusi dan melahirkan banyak sub genre baru. Bagaimana musik pop bisa terbentuk sampai menjadi seperti saat ini? Yuk, simak 6 dekade yang sangat menentukan dalam musik pop berikut ini.

1. Dekade 1950-an

Tahun 50-an adalah tahunnya rock ‘n roll dimana Elvis Presley sedang berada di puncak popularitas. Di saat yang bersamaan, ini juga menjadi dekade awal kelahiran musik pop. Di era 50-an, musik pop masih merupakan kombinasi antara musik country, blues, dan folk.

2. Dekade 1960-an

Di masa ini musik pop identik sebagai musik yang digemari kaum remaja. Salah satu musisi yang ternama adalah band Beach Boys asal California. Baru kemudian fenomena The Beatles membuat nama musik pop menjadi booming di seluruh dunia. Musik yang diusung oleh The Beatles mampu merajai tangga lagu Amerika Serikat yang menjadi kiblat musik saat itu.

3. Dekade 1970-an

Tahun 1970-an menjadi awal kemunculan King of Pop, Michael Jackson. Saat itu, ia masih menjadi bagian dari Jackson 5 bersama dengan saudara-saudaranya. Lagu pop mereka yang menjadi hits dan digemari di seluruh Amerika adalah I Want You Back dan ABC.

Selain the Jackson 5, tokoh ternama yang berkontribusi pada sejarah musik pop di tahun 1970-an adalah Elton John dan Queen. Band Queen sendiri termasuk pionir dalam memperkenalkan aliran pop rock.

4. Dekade 1980-an

Beranjak ke dekade 80-an, musik pop menemukan kejayaannya. Pada dekade inilah lahir album pop terlaris sepanjang masa, Thriller milik Michael Jackson. Jackson menjadi bintang pop terbesar di masa ini diikuti oleh Prince yang menghadirkan musik pop, rock, dan funk, sekaligus.

Pada masa ini pula musisi wanita mulai bermunculan, seperti Madonna dan Whitney Houston. Bisa dibilang inilah dekade paling berpengaruh dalam sejarah musik pop.

5. Dekade 1990-an

Spice Girls menjadi ikon musik pop di era 1990-an. Grup musik wanita asal Inggris ini berhasil merajai tangga lagu pop di seluruh dunia dan masih memegang rekor sebagai grup paling sukses sepanjang masa. Grup musik pria seperti Westlife, Backstreet Boys, dan Britney Spears termasuk nama-nama besar musik pop di era 90-an.

6. Dekade 2000-an

Pop sudah sangat berkembang di era 2000-an. Genre turunannya pun semakin banyak dengan bermunculannya musisi-musisi ternama di era ini. Sebut saja seperti Simple Plan dan Fall Out Boy dengan genre pop-punk, Rihanna yang membawa pengaruh R&B dan hip hop pada musik pop, serta Lady Gaga yang memperkenalkan electro-pop.

Musik pop memang punya sejarah yang sangat panjang di dunia. Setiap orang biasanya mendengarkan musik pop sambil melakukan kegiatan lainnya. Kalau kamu, apa yang kamu lakukan sambil mendengarkan musik pop?

Jika kamu adalah penikmat sensasi nikotin dan sudah berusia 18 tahun ke atas, VELO bisa jadi teman barumu untuk menikmati musik. Sama seperti musik pop yang selalu menghadirkan inovasi baru, VELO juga merupakan produk yang inovatif.

VELO menawarkan cara baru menikmati nikotin tanpa asap dengan cara yang lebih mudah. Cukup selipkan di sela gusi atas dan bibir, lalu rasakan sensasinya selama 15 sampai 20 menit ke depan. VELO hanya diperuntukkan bagi pengguna produk nikotin yang sudah berusia 18 tahun ke atas, bukan perempuan hamil atau menyusui.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply