Yuk, Mengenal Alat-Alat Barista dan Fungsinya

Saat kita pergi ke coffee shop, tidak jarang kita merasa kagum dengan performa para barista saat menyajikan minuman yang kita pesan. Cara mereka mengoperasikan berbagai macam alat pembuat kopi ternyata dihasilkan dari kursus dan belajar yang membutuhkan waktu lho.

Mungkin banyak juga dari kita yang tidak tahu alat-alat apa saja yang digunakan oleh para barista tersebut. Dalam artikel ini, kamu akan menemukan 7 alat dasar yang semua barista harus bisa menggunakannya. Apa aja sih?

1. Grinder

Source: Unsplash

Grinder adalah alat yang digunakan untuk menggiling biji kopi sebelum diseduh dengan air panas. Meskipun bisa saja menggunakan kopi bubuk, namun minuman kopi akan lebih nikmat jika dibuat dari biji kopi yang masih segar. Grinder sangat mudah dioperasikan, bahkan untuk pemula atau orang awam yang bukan barista sekalipun.

2. Espresso Maker

Source: Unsplash

Ada 2 jenis espresso maker, yakti manual dan otomatis. Espresso maker manual bisa menggunakan moka pot, yang akan dijelaskan nanti dalam artikel ini. Namun espresso maker yang berupa mesin otomatis juga sangat banyak digunakan.

Selain praktis, mesin ini juga bisa menghasilkan espresso yang lebih enak dengan busa melimpah. Dilengkapi juga dengan frother dan steamer, sehingga bisa digunakan untuk membuat minuman turunan espresso lainnya seperti latte, cappucino, dan masih banyak lagi.

3. French Press

Source: Unsplash

Kamu pasti banyak menemui alat ini saat mampir ke coffee shop. French press dilengkapi dengan plunger yang mencegah ampas kopi naik saat diseduh. Rasa kopi yang dihasilkan melalui alat ini lebih konsisten. Untuk mendapatkan rasa kopi yang sesuai selera, perhatikan berapa lama waktu penyeduhan, juga komposisi kopi yang dimasukkan ke dalamnya.

4. Vietnam Drip

Source: Freepik

Alat bernama Vietnam Drip ini ukurannya mungil karena ditaruh langsung di atas gelas kopi. Ciri khasnya adalah alas yang lebar dengan keranjang filter di dalamnya untuk menghasilkan tetesan kopi yang jatuh ke dalam gelas. Kopi yang dimasukkan ke dalam alat ini sudah berupa bubuk halus yang dituangi air panas, lalu dibiarkan menetes perlahan.

5. Chemex

Source: Pexels

Meski alat pembuat kopi kini sudah canggih, masih banyak coffee shop yang menawarkan menu hand drip kopi. Untuk membuatnya, dibutuhkan chemex, alat berbentuk kerucut dengan ujung yang lebar untuk menyaring kopi. Chemex harus dilapisi dengan kertas filter agar menghasilkan rasa kopi yang jauh lebih bersih dan nikmat.

6. Aeropress

Source: Pexels

Alat ini mirip dengan french press yang memerlukan tekanan untuk menghasilkan kopi. Hanya saja, aeropress berukuran lebih kecil dan tergolong baru di antara alat pembuat kopi lainnya. Cara kerjanya pun mirip dengan french press, yaitu dengan cara menekan kopi agar menetes ke dalam gelas.

7. Moka Pot

Source: Pexels

Seperti yang sudah disinggung di atas, moka pot adalah alat pembuat espresso manual yang lebih ekonomis. Soal rasa nggak usah tanya, moka pot juga bisa menghasilkan rasa espresso yang kuat!

Menikmati secangkir kopi segar yang baru saja diseduh sambil duduk di coffee shop memang sesuatu yang menyenangkan. Sebagai pengunjung coffee shop yang baik, kamu harus ingat untuk menjaga kenyamanan orang lain dengan cara tidak merokok di sana.


Saat kamu merasa sedang butuh asupan nikotin ada VELO yang bisa kamu nikmati kapan saja dan dimana saja. Kalau kamu lagi di tempat yang gak boleh ngerokok, kamu tetep bisa kok merasakan sensasi nikotin tanpa asap dan bau yakni menggunakan VELO, kantong nikotin buat kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui. Cukup selipkan di antara gusi dan mulut bagian atas, rasakan sensasinya selama 20-30 menit.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply