Yuk, Ketahui Sejarah Musik Country di Dunia dan Indonesia!

Sejak duduk di bangku Sekolah Dasar, kamu pasti sudah belajar tentang berbagai sejarah musik. Mungkin salah satu yang sudah pernah kamu pelajari adalah sejarah musik country.

Musik country sendiri merupakan salah satu aliran musik yang paling populer di berbagai negara di dunia. Di Amerika Serikat, kamu bisa menemukan banyak orang menjadi pengagum berat genre musik yang satu ini.

Jika kita kembali ke sejarah berkembangnya musik country, kita tidak bisa lepas dari kenyataan bahwa musik country merupakan musik yang berasal dari campuran berbagai unsur musik di wilayah selatan Amerika Serikat, yakni di kawasan pegunungan Appalachia. Awalnya musik country adalah lagu rakyat wilayah tersebut yang dicampur dengan musik Gospel dan Kelt.

Persebaran musik country sendiri bermula dari imigran-imigran asal Eropa, mulai dari Irlandia, Inggris, Spanyol, Italia, dan Jerman, yang datang ke Texas, Amerika Serikat. Mereka menyatu dengan masyarakat Mexico-Amerika dan juga penduduk asli Amerika.

Dulu, Texas sangat populer dengan padang rumputnya. Di sana banyak penggembala ternak. Nah, penggembala tersebut dinamakan dengan istilah koboi. Itulah sebabnya mengapa musik country kerap dikaitkan dengan koboi.

Musik country pertama direkam oleh John Carson pada 1923. Ia membuat album bertajuk Little Log Cabin in the Land dimana ia memainkan biola ala country dengan piawai. Setahun kemudian, rekaman musik country selanjutnya dibuat oleh Columbia dengan judul Old Familiar Tunes.

Setelah dua album tersebut, perkembangan musik country pun semakin pesat terutama di awal tahun 1927. Yuk, kita bahas lebih detail tentang sejarah musik country ini!

Tahun 1927

Aliran musik country modern mulai dikenal di era tahun 1927. Popularitasnya meningkat setelah Jimmie Rodgers memberikan tambahan unsur-unsur gospel, blues, pop, jazz, folk, cowboy, dan country ke dalam musiknya.

Salah satu lagu milik Rodgers yang berjudul Blue Yodel membuatnya dikenal sebagai musisi country terbaik di tahun 1927. 

Selaim Rodgers, di tahun tersebut ada juga Carter Family yang mempopulerkan musik country dengan membuat 300 rekaman lagu balada old-time, lagu tradisional, gospel, dan lagu-lagu country.

Tahun 1930-1940-an

Di tahun-tahun ini, musik country semakin populer karena semakin banyak pendengarnya. Hal ini dipengaruhi karena beberapa rekaman lagu countru populer mulai diputar di berbagai film produksi Hollywood.

Salah satu seniman musik country yang pernah bermain di film Hollywood adalah Bob Wills. Dalam film tersebut, ia memainkan musik country dengan mencampurkan genre musik lain, seperti jazz. Selain Bob Wills, ada juga Spade Cooley dan Tex Williams yang bermain di film Hollywood bersama grup band country mereka.

Tahun 1939-1945

Di tahun-tahun ini, musik country semakin berkembang pesat. Istilah country boogie pun muncul di sini setelah hadirnya lagu Freight Train Boogie yang dipopulerkan oleh Delmore Brothers. Banyak orang menganggap bahwa lagu tersebut merupakan bagian dari evolusi yang terjadi pada musik country.

Country honky tonk

Musik country mengalami perkembangan yang semakin pesat dengan hadirnya jenis musik country honky tonk dari Texas. Sejarah ini diawali dengan munculnya lagu country yang berjudul Honky Tonk Blues yang dipopulerkan oleh Dexter. 

Jenis musik country yang satu ini kerap dikaitkan dengan bar dan rumah-rumah minum. Di era country honky tonk, ada beberapa musisi yang terkenal seperti Ted Dafdin, Ernest Tubb, Maddox Brothers and Rose, Floyd Tillman, dan Hank Williams. 

Pertengahan tahun 1950 sampai awal tahun 1960-an

Pada era ini, istilah-istilah dalam industri musik country semakin beragam. Di sini mulai dikenal istilah Nashville Sound. Pemberian nama ini dilakukan karena musik country yang saat itu populer berasal dari rekaman Nashville di Tennessee. Melalui rekaman ini, kejayaan musik country pun mulai merambah ke berbagai kalangan. Beberapa musisi country yang populer saat itu adalah Jim Reeves, Tammy Wynette, Floyd Cramer, Patsy Cline, dan sebagainya.

Lanjut ke tahun 1956, musik country semakin menampakkan taringnya. Di sini terdapat banyak musisi yang berjuang di industri musik country. Beberapa di antaranya termasuk Elvis Presley, Carl Perkins, dan Johnny Cash. Di sinilah jenis rockabilly dikenal.

Di era 1950-an ini, musik country ditampilkan pada acara musik Ozark Jubilee yang ternyata mendapat perhatian dari kebanyakan warga Amerika Serikat. Musisi country yang tampil dalam acara ini adalah musisi papan atas, termasuk mereka yang beraliran rockabilly. 

Sejarah Musik Country di Indonesia

Setelah berbicara tentang sejarah musik country di level internasional, yuk kita bahas sejarah dan perkembangan musik country di Indonesia.

Di negeri kira, musik country mulai dikenal pada tahun 1980-an. Beberapa musisi yang memiliki peran besar dalam industri musik country tanah air adalah Ebiet G Ade dan Iwan Fals. Lagu-lagu yang ditulis dan dipopulerkan oleh kedua musisi ini sangat diminati karena selain musiknya yang enak didengar, lirik lagu mereka juga mengandung kritik sosial yang amat mendalam.

Popularitas musik country kemudian memuncak ketika stasiun TV pemerintah menayangkan acara bertajuk Country Road yang dipandu oleh Tantowi Yahya. Ia juga merupakan seorang musisi country berbakat di Indonesia yang karya-karyanya masih banyak didengar hingga saat ini.

Nah, itulah sejarah singkat tentang perkembangan musik country di dunia dan di Indonesia. Apakah saat ini kamu masih pernah mendengar musik country diputar di berbagai tempat-tempat umum? Atau kamu bahkan salah satu penikmat musik country yang memiliki ratusan playlist musik country di gadgetmu. Sambil dengerin musik-musik tersebut, tidak ada salahnya kamu nge-VELO dulu biar makin santuy!

Related Articles

Leave a Reply