Yuk, Kenali Apa Saja Efek Gitar Bass Yang Paling Sering Digunakan!

Pernahkah kamu menonton sebuah konser band profesional yang terdiri dari gitaris dan bassist? Atau malah kamu adalah salah satu pemainnya?

Seorang gitaris profesional sudah pasti memiliki keahlian bermain gitar yang sangat handal. Namun saat bermain di atas panggung, keahlian memainkan gitar tidaklah cukup. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah perangkat yang dapat digunakan untuk membuat suasana menjadi lebih hidup. Perangkat ini disebut dengan istilah efek gitar.

Sama seperti gitaris, seorang bassist yang bermain di atas panggung juga memerlukan efek gitar bass agar sound gitar bas yang mereka gunakan dan mainkan lebih enak didengar dan sesuai dengan karakter lagu yang tengah dibawakan. Dengan efek gitar bass, suasana musik pun akan menjadi lebih hidup.

Jika saat manggung atau saat berada di ruang rekaman kamu melihat banyak deretan pedan dijejerkan di depan seorang bassist, itulah yang disebut dengan efek gitar bass. Perangkat ini diperlukan untuk berbagai aliran musik, mulai dari dangdut hingga heavy metal.

Kalau kamu mau tahu apa saja jenis-jenis efek gitar bass yang paling sering digunakan, yuk baca artikel di bawah ini!

Compressor

Jika ditanya apa efek gitar bass yang wajib banget dimiliki dan digunakan oleh para bassist saat manggung atau melakukan rekaman adalah compressor. Efek gitar bass yang satu ini sangat berguna untuk dijadikan sebagai efek awal sinyal bass sang bassist sebelum menuju ke rangkaian sinyal atau efek berikutnya.

Compressor juga berfungsi untuk mempertahankan stabilitas output sound dari bass. Pengaturan compressor sendiri dilakukan dengan menyetel release, ratio, threshold, dan attach, sesuai permainan bass yang ingin kamu (sebagai bassist) bawakan. 

Oleh karena itu, pengaturan compressor tetap terbilang berbeda antara satu individu dengan individu lain karena setiap orang memiliki teknik permainan bass yang berbeda, baik dengan teknik fingering, penggunaan slap atau pick, dan lain-lain.

Pedal compressor khusus bass sudah banyak dijual di pasaran. Jika kamu tertarik, sebelum membeli bacalah review di internet tentang compressor mana yang ingin kamu beli. 

Chorus

Efek gitar bass lain yang tidak kalah populer di kalangan para bassist adalah chorus. Efek gitar bass yang satu ini akan memberi nuansa yang lebih dalam pada musik dengan adanya penambahan berbagai not lain di sekitar not-not aslinya. 

 Di era musik Hard Rock, yakni tahun 1980-an, efek chorus banyak digunakan oleh para bassist untuk rhythm. Perhatikan saja band-band besar seperti Def Leppard, Winger, Whitesnake, White Lion, dan lain-lain  mereka pasti kerap memakai efek chorus.

Wah

Efek wah merupakan efek gitar bass yang sangat cocok dan banyak digunakan untuk aliran musik funk. Hal ini dikarenakan efek wah memiliki kesan dan nuansa yang cocok dengan groove musik funk.

Coba perhatikan para funky bassist yang melegenda seperti Larry Graham, Louis Johnson, Bootsy Collins, dan sebagainya. Mereka adalah musisi kelas dunia yang sangat menggemari efek wah. 

Nah, kalau kamu juga merupakan bassist yang mencintai musik funk, efek gitar bass yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu!

Envelope Filter

Ini dia efek gitar bass yang juga paling sering digunakan dalam permainan bass. Biasanya efek yang menghasilkan suara “pow” ini digunakan oleh para bassist yang memainkan musik dengan aliran disco atau funk.

Itulah beberapa efek gitar bass yang paling sering dimanfaatkan oleh para pemain bass kelar dunia saat manggung maupun saat rekaman. Mana favoritmu?

Related Articles

Leave a Reply