Yuk, Cari Tahu Jenis Efek Gitar Beserta Fungsinya!

Kamu seorang gitaris? Kamu tentu tahu bahwa efek gitar merupakan salah satu perangkat yang paling penting dalam permainan gitar. Apalagi saat kamu manggung, efek gitar berperan besar untuk menentukan output dari sound yang kamu atau band-mu hasilkan. Meskipun permainan gitarmu bagus, jika tidak didukung oleh efek gitar yang baik, hasilnya bisa tidak sesuai ekspektasi.

Efek gitar sendiri bukan merupakan perangkat gitar yang dapat dibeli dengan harga yang murah. Jika kamu menginginkan efek gitar dengan kualitas yang sangat baik, kamu tidak boleh ragu mengeluarkan biaya hingga puluhan juta Rupiah.

Meskipun harganya mahal, para musisi senang menggunakan efek gitar karena mereka ingin musiknya tersampaikan dengan suasana yang diharapkan.

Secara sederhana, efek gitar dapat digambarkan sebagai set alat elektronik yang dapat mengubah output suara instrumen musik. Nah, efek gitar ini terdiri dari beberapa jenis yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Jika kamu adalah gitaris pemula yang ingin mendalami dunia gitar, sebaiknya kamu mempelajari berbagai jenis efek gitar dan apa saja fungsinya masing-masing. Kuy, baca artikel di bawah ini!

Distorsi

Efek distorsi mungkin merupakan efek yang paling sering terdengar. Jenis efek gitar yang satu ini juga merupakan salah satu jenis efek gitar yang paling awal ada. 

Distorsi atau distortion dapat menghilangkan suara asli gitar listrik serta memiliki tingkatan memproduksi atau mempertahankan gain yang tinggi. 

Berbagai musisi dengan aliran musik seperti punk, heavy metal, alternatif, dan hard rock, menggunakan efek distorsi untuk mendapat karakter gitar yang pas. 

Overdrive

Overdrive merupakan jenis efek gitar berupa pedal yang memberi dorongan (boost) atau tekanan yang menekan amplifier untuk menghasilkan distorsi. Jenis efek gitar yang satu ini merupakan efek yang paling soft.

Suara yang dihasilkan overdrive akan mensimulasikan suara tabung amplifier saat suara tersebut berubah lebih keras. Dengan ini, pemain gitar akan mendapat efek suara gitar yang lebih panjang. 

Dengan overdrive, kita juga dapat beralih dari suara yang satu ke suara lain dengan mudah dan cepat, caranya hanya dengan menekan tombol off dan on di antara suara yang diberi efek overdrive dan suara jernihnya.

Overdrive sendiri biasa digunakan oleh musisi dengan aliran musik blues, pop, dan rock. 

Fuzz

Fuzz dikenal sebagai jenis efek gitar yang merupakan versi lebih ekstrim dari efek distorsi. Fuzz berfungsi untuk menambah berbagai suara ekstra pada gitar. 

Delay

Delay adalah jenis efek gitar yang merupakan pengembangan dari efek echo klasik. Delay berfungsi untuk melakikan pengulangan suara pada selang waktu tertentu. 

Efek delay sendiri ada berbagai macam, mulai dari Tap Delay, Hold Delay, Pingpong Delay, BPM Delay, dan sebagainya.  Biasanya efek ini dibuat di akhir berbagai rangkaian efek gitar.

Reverb

Jenis efek gitar lain yang wajib banget kamu kenali adalah reverb. Efek gitar yang satu ini digunakan untuk membuat dimensi ruang dan mengubah suara gitar menjadi  lebih besar.

Compresor

Sebagai salah satu jenis efek gitar yang paling sering digunakan, compresor berfungsi untuk membatasi dan menekan suara gitar yang berlebihan. Compresor jiga dapat menaikkan suara gitar yang menurut kamu terlalu rendah. 

Chorus

Istilah chorus mungkin sudah sering kamu dengar dalam lagu. Ternyata chorus juga merupakan salah satu jenis efek gitar lho!

Efek gitar chorus difungsikan untuk menghasilkan suara gitar yang lebih harmonis, seolah yang bermain gitar lebih dari satu orang meskipun sebenarnya kamu bermain sendiri.

Itulah beberapa jenis efek gitar dan fungsinya yang perlu kamu ketahui. Siap beli efek gitar untuk menghidupkan musikmu?

Related Articles

Leave a Reply