Yuk, Cari Tahu Cara Daftar Tanda Tangan Digital Online Tersertifikasi

Jika kamu masih menganggap tanda tangan digital online sebagai tanda tangan yang dicoret menggunakan pulpen di atas kertas lalu discan, maka kamu belum sepenuhnya mengenal apa itu tanda tangan digital.

Secara singkat, tanda tangan digital dapat dikatakan sebagai tanda tangan yang dibuat secara elektronik dan memiliki fungsi yang sama dengan tanda tangan basah. Namun, tanda tangan digital sendiri terdiri dari dua jenis, yakni tersertifikasi dan tidak tersertifikasi.

Kamu dapat membuat tanda tangan digital tidak tersertifikasi hanya dengan menggunakan beberapa aplikasi gratis yang beredar di internet.

Sementara untuk memiliki tanda tangan tersertifikasi, kamu harus mendaftar lewat penyelenggara sertifikasi elektronik. Di Indonesia penyelenggara ini dibagi menjadi dua lembaga, yakni institusi pemerintah, terdiri dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Peruri, serta 4 institusi swasta, terdiri dari PrivyID, Digisign, VIDA, dan iOTENTIK.

Dengan memiliki tanda tangan yang terdaftar di 6 penyelenggara tersebut, kamu juga akan mendapatkan sertifikat digital yang menunjukkan keabsahan tanda tangan kamu di mata hukum

Nah, setelah mengetahui beberapa gambaran mengenai tanda tangan digital, kamu pasti berpikir untuk segera membuatnya.

Jangan khawatir, pembuatan tanda tangan digital tersertifikasi ini bisa dilakukan secara online, lho! Yuk, cari tahu caranya!

Daftar tanda tangan digital online di institusi pemerintah

Pendaftaran tanda tangan digital tersertifikasi dari institusi pemerintah seperti Peruti dapat dilakukan secara langsung di situs Peruri. Berikut tahapan yang harus kamu lakukan:

  1. Pertama kamu harus mengunjungi situs ca.peruri.co.id.
  2. Kemudian, kamu harus mendaftarkan diri sebagai member peruri dengan mengisi formulir yang tersedia di website.
  3. Tentukanlah tanggal perjanjian untuk melakukan registration authority. Namun sayang, pada tahap ini, verifikasi harus dilakukan secara langsung di kantor Peruri yang beralamat di Kebayoran Baru.
  4. Setelah permohonan tatap muka tersebut, kamu akan mendapatkan e-mail konfirmasi mengenai validitas permohonan sertifikat elektronik yang kamu lakukan. Masa berlaku sertifikat ini adalah satu tahun setelah diterbitkan. Sertifikat elektronik tersebut akan memuat public key dari tanda tangan digital yang kamu miliki, dienkripsi dengan privat key yang kodenya hanya diketahui oleh kamu saja.
  5. Jika masa berlaku sertifikat habis, kamu dapat melakukan pembaruan setidaknya 30 hari dan maksimal 1 hari sebelum masa berlakunya habis.
  6. Caranya dengan mengunduh form yang pembaruan sertifikat, lalu mengisi form tersebut serta menyisipkan tanda tangan digitalmu.
  7. Selanjutnya, kirimkan form tersebut ke email admin.ca@peruri.co.id.
  8. Terakhir, tunggulah hingga maksimal 7 hari kerja. Sertifikatmu akan diperbaharui.

Daftar tanda tangan digital online di institusi swasta

Selain lewat institusi pemerintah, kamu juga dapat mendaftarkan tanda tangan digital di institusi swasta, salah satunya di PrivyID. Caranya dapat dilakukan secara online seperti di bawah ini:

  1. Pertama, unduhlah aplikasi PrivyID di HP-mu.
  2. Untuk penerbitan tanda tangan digital tersertifikasi, kamu harus membuat akun PrivyID dengan mengisi data-data pribadi serta mengunggah e-KTP. Nantinya PrivyID akan melakukan verifikasi data yang telah kamu isi.
  3. Setelah datamu diverifikasi, kamu akan mendapatkan notifikasi yang berisi kunci keamanan ganda. Jadi untuk menyisip tanda tangan digital yang kamu miliki ke sebuah dokumen, kamu harus menggunakan ID dan one-time password.
  4. Dengan aplikasi PrivyID, kamu hanya perlu mengunggah dokumen yang ingin kamu berikan tanda tangan. Setelah mengunggah, klik opsi sign document, lalu posisikan tanda tanganmu di tempat yang kamu inginkan dalam dokumen tersebut. Setelah posisinya tepat, klik tanda centang.
  5. PrivyID akan mengirimkan kode OTP ke nomor HP-mu. Masukkan kode tersebut dan klik sign.

Nah berikut cara yang dapat kamu lakukan untuk mendaftarkan tanda tangan digital online tersertifikasi, baik di instansi pemerintah maupun swasta. Tanda tangan ini lebih kuat dibanding tanda tangan tidak tersertifikasi. Bagaimana? Tertarik membuatnya? Yuk, buat tanda tangan digitalmu. Bisa dilakukan secara online, lho!

Nah, sembari mendaftarkan tanda tangan digital, kamu bisa cobain VELO! Ini adalah produk kantong nikotin pertama di Indonesia yang terdiri dari berbagai varian rasa, seperti Berry Frost, Tropic Mix, Polar Mint, dan Exotic Clove. VELO tentu menjadi alternatif yang seru dalam merasakan sensasi nikotin bagi kamu pengguna produk nikotin yang sudah berusia 18 tahun atau lebih, bukan perempuan hamil atau menyusui.

Related Articles

Leave a Reply