5 Wisata Pantai Jawa Tengah Ini Begitu Asri dan Bikin Betah

Buat kamu yang merasa tenang ketika mendengar suara ombak, maka cocok sekali untuk berlibur ke wisata pantai di Jawa Tengah. Baik di sisi selatan maupun utara, keduanya tetap memberikan nuansa yang semriwing dan ideal untuk jadi tempat bersantai.

Dalam tulisan ini, kamu akan kami ajak untuk melihat keindahan pantai di beberapa wilayah. Mulai dari Jepara, Kebumen, Wonogiri, bahkan sampai ke Kepulauan Karimunjawa yang juga menjadi favorit wisatawan domestik dan mancanegara.

Berikut beberapa destinasi asik untuk berlibur, wisata pantai Jawa Tengah paling recomended. Cek yuk~

1. Pantai Pulau Panjang, Jepara

pantai pulau panjang jepara
© instagram.com/pulaupanjang_jepara

Destinasi pertama jatuh pada sisi utara. Dihiasi pasir putih, laut yang dasarnya tak terlalu dalam, air yang tembus hingga ke terumbu karang dan biota laut menyejukkan, bahkan tanpa ombak.

Di sini juga ada hutan tropis dengan semak-semak, tanaman perdu, hingga pepohonan hijau yang rindang untuk ekosistem alam. Paling afdol untuk menyaksikan matahari tenggelam sambil duduk-duduk santai di dermaga.

Lokasinya ada di sekitar Pantai Kartini, Jepara. Tak perlu khawatir, kamu aman di sini. Karena sudah ada fasilitas kamar mandi bersih, warung makan, bahkan masjid hingga pendopo untuk acara. Bahkan, di sini juga ada makam ulama Jepara yakni Syeikh Abu Bakar.

2. Pantai Pecaron, Kebumen

pantai pecaron kebumen
© instagram.com/exotickebumen

Giliran pantai dengan corak pasir warna abu dan punya nuansa cukup tentram karena tak terlalu banyak orang lalu lalang. Perjalanan menuju ke pantai pun menyenangkan. Kamu akan melewati bukit di sebelah timur dan tebing di sebelah barat.

Saat berada di pintu masuk, kamu cukup membayar tiket masuk Rp5 ribu dan parkir motor Rp2 ribu. Di sini sudah tersedia fasilitas kamar mandi, musholla, parkir luas, warung makan, dan penginapan.

Kalau perlu, kamu juga bisa sewa perahu untuk memancing ikan yang asalnya dari muara sungai. Pantai ini berlokasi di Desa Srati, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen.

3. Pantai Bandengan, Jepara

wisata pantai jawa tengah bandengan jepara
© investor.id

Wisata pantai di Jawa Tengah berikutnya adalah Pantai Bandengan yang terletak di Jepara. Semilir udara yang menyegarkan diiringi pepohonan hijau yang rindang, serta pasir pantai putih bersih dan jika dipegang akan terasa lembut sekali; menjadi daya tarik pantai ini.

Bibir pantai yang panjang dan luas membuatmu bisa leluasa bermain santai. Soal fasilitas, disini terbilang cukup lengkap. Ada kamar mandi, toilet, mushola, warung makan, parkir luas, hingga penginapan.

Kalau kamu tertarik bermain wahana, bisa lho sewa ban pelampung dan banana boat. Untuk istirahat sambil nonton sunset, kamu juga bisa sewa tikar Rp10 ribu di gazebo pantai. Oiya, beberapa kali di pantai ini juga ada festival lampion, motor trail, boat, hingga layang-layang.

4. Pantai Nampu, Wonogiri

© instagram.com/solopunya

Beralih ke salah satu wilayah paling selatan, yakni di Desa Dringo, Gunturharjo, Paranggupito, Kabupaten Wonogiri. Terdapat wisata Jawa Tengah bernama Pantai Nampu yang punya pasir putih, karang yang tak terlalu tajam sehingga aman, dan ombak yang tenang tak terlalu garang. Tebing batu yang berada di sisi timur juga membuat pantai ini tampak seperti di Bali.

Untuk bisa ke sini, kamu cukup membayar tiket masuk Rp5 ribu, parkir motor Rp5 ribu, dan mobil Rp15 ribu. Rute perjalanan yang ditempuh bisa dari pusat kota Wonogiri ke arah selatan kurang lebih 2 jam perjalanan (70 km). Bisa juga dari Pacitan, atau dari Jogja.

5. Pantai di Karimunjawa

wisata pantai jawa tengah karimun jawa
© instagram.com/mazayagalva

Kalau kamu ingin suasana yang lebih sepi, sudah bukan rahasia umum lagi kalau jawabannya adalah Karimunjawa.

Sebuah kepulauan kecil namun indah dan mempesona, setidaknya ada kurang lebih 27 pulau. Terletak di utara pulau Jawa, tepatnya Kabupaten Jepara, sejauh 80 km (kurang lebih 1,5 jam perjalanan) dengan nuansa pasir putih, air bening biru kehijauan.

Beberapa spot wajib didatangi saat berkunjung ke Karimunjawa antara lain: Bukit Love, Hutan Mangrove, Pantai Lovina (bisa lihat lumba-lumba), Pulau Menjangan Besar (bisa lihat hiu yang ramah dan jinak), Island Hopping.

Menyambangi wisata pantai di Jawa Tengah memang menjadi aktivitas liburan yang asik dan menyenangkan. Bermain air dan pasir di bibir pantai, sekedar melepas penat dan menunggu sunset lewat.

Tapi kalau kamu lagi di tempat yang gak boleh ngerokok, kamu tetep bisa kok merasakan sensasi nikotin Kamu bisa gunakan kantong nikotin VELO, untuk kamu yang sudah 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, yang tanpa asap dan bau. Cukup letakkan di antara gusi atas dan bibir, lalu nikmati sensasi nikotinnya.

Cukup sekian ya, semoga liburanmu menyenangkan~

Ifan Prasya
Karena belajar bisa dari mana aja.

Related Articles

Leave a Reply