Tips Liburan Affordable di Wisata Lembang Cikole

Siapa bilang liburan harus mengeluarkan biaya yang banyak? Jangan sampai kamu tidak memiliki waktu untuk melepas stres akibat hal ini. Jika kamu ingin mengisi waktu liburan kamu di akhir pekan, datanglah ke wisata Cikole Lembang yang berada di Bandung.

Kawasan ini cocok untuk kamu yang ingin mencari suasana segar, jauh dari keramaian dengan biaya yang murah. 

Pastikan kamu mempersiapkan perjalanan kamu ke Cikole dengan seksama. Misalnya jangan lupa untuk menggunakan baju yang berbahan tebal, sepatu yang nyaman, dan stamina yang cukup ke wisata lembang.

Lalu, persiapan apa saja yang harus diperhatikan sebelum berlibur bersama keluarga? Simak tips serta rekomendasi wisata Lembang Cikole berikut.

Grafika Cikole

Tempat wisata yang terletak di tengah hutan pinus ini sudah berdiri sejak tahun 2014. Awalnya, Grafika Cikole difungsikan hanya untuk tempat penginapan dan restoran keluarga jika sedang berlibur ke daerah Lembang.

Akan tetapi, dari tahun ke tahun pengunjung yang datang semakin tinggi maka terjadi penambahan fasilitas untuk pengunjung.

Aktivitas yang bisa kamu lakukan saat di Grafika Cikole antara lain camping, bermain flying fox, outbound, dan paintball.

Memiliki fasilitas yang lengkap tidak membuat kantong jebol. Pasalnya kamu hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp15.000 saja jika ingin berfoto sambil menikmati alam. Jika kamu ingin bermain flying fox, kamu juga akan dikenakan Rp15.000 saja.

Orchid Forest

Orchid Forest merupakan kawasan wisata anggrek yang memiliki 157 koleksi jenis tanaman anggrek yang dibudidayakan di tempat ini dan telah menjadi hutan anggrek terbesar di Asia.

Pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp35.000, sayang jika kamu melewatkan untuk pergi berlibur ke tempat ini.

Selain tempat wisata, kawasan ini juga menjadi tempat edukasi bagi siswa atau mahasiswa yang ingin mempelajari mengenai bunga anggrek. Tempat wisata ini juga sering menjadi tempat untuk acara besar dengan artis mancanegara. 

Pal 16 Lembang

Hutan pinus memiliki daya magis tersendiri bagi wisatawan, salah satunya adalah Pal 16 yang menjadi tempat wisata Cikole Lembang.

Walaupun hanya sekedar hutan yang rindang, akan tetapi kawasan ini tidak pernah sepi pengunjung karena memiliki suasana yang sepi, pemandangan hutan yang indah, dan udara yang segar. 

Jika kamu ingin merencanakan liburan di Pal 16, kamu bisa mencoba untuk berkemah bersama teman-teman, di tempat ini juga dilengkapi dengan fasilitas penyewaan ayunan yang aman digunakan seharga Rp10.000, selain itu Pal 16 juga juga memiliki gazebo unik, sehingga akan terlihat bagus jika dijadikan objek foto.

Liburan murah di Pal 16 hanya membutuhkan biaya sebesar Rp5.000 sebagai tiket masuknya, jadi pastikan kamu mengunjungi tempat wisata ini ya.

Rekomendasi ketiga tempat wisata Cikole Lembang diatas dapat menjadi referensi liburan kamu dengan biaya yang cukup murah. Mencoba mengeksplorasi alam dengan aktivitas berkemah, outbond atau sekedar berfoto dapat membantu kamu melepaskan stres.

Akan tetapi, ada tips yang harus kamu ikuti nih agar liburan tetap nyaman dan menyenangkan, yaitu menjaga kebersihan serta keindahan di area hutan pinus. Jangan sampai karena sampah yang kamu buang, pengunjung lain jadi enggan untuk mampir ke Cikole.  

Kalau kamu lagi di tempat yang nggak boleh ngerokok seperti tempat wisata di atas, kamu tetep bisa kok merasakan sensasi nikotin tanpa asap dan bau, yaitu dengan VELO, kantong nikotin buat kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas.

Pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, cukup selipkan di antara bibir dan gusi atas, sensasinya bakal kerasa hingga setengah jam.Berbagai varian rasanya bisa kamu pilih sesuai selera.

Selain itu, VELO bisa dinikmati dengan nyaman kapan saja dan dimana saja tanpa khawatir mengganggu orang lain.

Frista Kurniasari
Talented professional good multitasking, organizational and verbal and written communication skills. Expertise includes writing content on topics such as Lifestyle, Humanity, Education and Travel.

Related Articles

Leave a Reply