Wisata Kuliner Jogja, Nikmati Rasa Legendaris

Wisata Kuliner Jogja – Keramah-tamahan warga Jogja selalu saja berhasil mengundang pelancong baik lokal maupun mancanegara untuk selalu datang kembali. Ditambah lagi dengan reputasinya sebagai kota yang kaya akan kuliner dan jajanan yang ramah di kantong.

Pastinya bakal bikin rencana wisata Jogja makin menyenangkan. Berencana mampir ke kota cantik ini buat kerja atau sekedar jalan-jalan?  Simak dulu rekomendasi tempat wisata kuliner Jogja murah dan enak sekaligus legendaris berikut ini! 

Wisata Kuliner Jogja yang Legendaris

1. Saoto Bathok Mbah Karto

instagram.com

Namanya memang agak aneh, tapi saoto buatan Mbah Karto ini punya citarasa kuliner yang khas. Perpaduan dari kuah bening yang segar dengan daging sapi yang kenyal, sehingga menghasilkan rasa saoto yang unik dan bikin nagih.

Uniknya lagi, saoto disajikan menggunakan batok atau tempurung kelapa. Kamu bisa menikmati wisata kuliner Jogja yang khas ini dengan pelengkapnya biar makin nikmat. Seperti tempe goreng, sate telur puyuh atau sate usus sambil lesehan di saung, sungguh pengalaman yang bakal tak terlupakan.

Berlokasi di Jl. Candi Sambisari Kalasan, Sleman – Jogjakarta, tempat ini buka dari jam 6 pagi sampai 4 sore. Kamu bisa mencicipi kesegaran rasa saotonya cuma dengan Rp5.000 saja per porsinya! Murah banget kan?

2. Sate Klatak Pak Bari

instagram.com

Beranjak ke Bantul, tepatnya daerah Imogiri juga ada wisata kuliner Jogja yang murah meriah dan juga legend, yakni Sate Klathak Pak Bari. Disebut dengan sate klathak karena tusuk sate yang digunakan bukan dari bambu melainkan jeruji sepeda. Unik gak sih?

Tapi kalau soal citarasa, jangan ditanya, enak banget deh! Daging sate yang dibakar dengan bumbu begitu empuk dan yang penting gak bau prengus. Apalagi kalau ditambah satu porsi gule. Pasti acara makan jadi makin nikmat.

Berlokasi di Pasar Wonokromo, Imogiri, Bantul – Jogjakarta, tempat makan milik pak Bari ini buka dari jam 6.30 sore sampai jam 1 malam. Satu porsinya cuma seharga Rp20ribuan aja. Worth it banget!

3. Gudeg Pawon

@jogjafood/instagram.com

Seperti namanya, buat mencicipi kuliner legendaris Jogjakarta yang satu ini kamu harus antri dan berdesak-desakan dengan pengunjung lainnya di pawon (dapur).  Buka sejak 1958, wisata kuliner Jogja yang satu ini cuma buka 3 jam, dari jam 10 malam sampai jam 1 pagi saja!

Berlokasi di kawasan Jl. Janturan Umbulharjo, Kota Jogjakarta, kamu bisa menikmati kuliner gudeg legend-nya mulai dari Rp11.000 sampai Rp24.000 saja.

4.  Oseng Mercon Bu Narti

instagram.com

Suka kuliner pedas yang bikin badan keringetan sampai gobyos? Kalau begitu wisata kuliner Jogja yang satu ini gak boleh terlewat, yakni Oseng Mercon Bu Narti. Seperti namanya, kuliner yang disajikan rasanya memang sepedas “mercon” tapi bedanya ini bikin nagih.

Berlokasi di kawasan Jl. KH. Ahmad Dahlan 110, Ngampilan, Kota Yogyakarta, tempat kuliner ini sudah berdiri kurang lebih selama 20 tahun. Oseng mercon buatan Bu Narti ini terbuat dari daging, kikil, tulang muda dan kulit yang dimasak bersama cabe rawit super pedas yang melimpah.

Buka dari jam 6 sore sampai 11 malam, jangan sampai kelewat buat antri mencicipi kuliner khas Jogja ini ya! Sambil nunggu antrian, gak ada salahnya buat nyobain VELO, kantong nikotin yang ditujukan untuk kamu yang sudah 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui. Cara seru yang asyik buat menikmati sensasi nikotin dengan lebih praktis, bebas asap!

5. Mangut Lele Mbah Marto

instagram.com

Sedikit butuh effort kalau kamu pengen makan di tempat kuliner legendaris Jogja yang satu ini. Kamu harus blusukan ke Dusun Sewon, Panggungharjo, Bantul kalau pengen mencicipi kelezatan mangut lele asap buatan Mbah Marto yang sudah ada sejak 1960 ini.

Lele asap yang dimasak dengan kuah santan yang pedas menjadi menu favorit di tempat wisata kuliner yang satu ini. buka dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore, kamu bisa mencicipi keleztan mangut lelenya cuma dengan Rp.25.000 saja per porsinya.

6. Entok Slenget Kang Tanir

@entokslengetkangtanir/instagram.com

Buat kamu yang baru kali pertama mampir ke Jogja kuliner entok slenget ini mungkin sedikit asing. untuk yang baru pertama kali singgah di Jogja. Entok ini sejenis unggas yang punya daging yang kenyal, dengan racikan Kang Tanir diolah jadi menu Entok Slenget yang bikin lidah “kesetrum” saking enaknya.

Buka di Jl Pakem – Turi, Donokerto, Sleman – Jogjakarta dari jam 4 sore sampai jam 9 malam, kamu bisa mencicipi Entok Slenget seharga Rp 16 ribu saja per porsi. Tertarik mencoba?

7. Mie Ayam Bu Tumini

instagram.com

Buat kamu penggemar masakan bakmi, wajib banget buat mampir di wisata kuliner Jogja yang satu ini. Mie Ayam Bu Tumini menyajikan mie ayam berkuah coklat yang lain dari yang lain. Kamu bisa memilih toping ayam cincang atau ceker sesuai selera untuk menemani makan siang kamu!

Buka dari jam 10 pagi sampai 5 sore, kamu bisa mencicipi mie ayam legend yang cuma seharga Rp 8 ribuan per porsinya. Murah banget kan?

8. Gudeg Mbok Lindu

Wisata kuliner Jogja legendaris

instaram.com

Jalan-jalan santai di Malioboro belum lengkap rasanya kalau belum mampir mencicipi kuliner legend Jogja. Salah satunya ada di kawasan Jl. Sosrowijayan milik Mbok Lindu. Di tempat wisata kuliner Jogja yang satu ini kamu bakal di suguhi Nasi Gudeg.

Kuliner legend ini merupakan hasil racikan dari Mbok Lindu sendiri yang kini sudah berusia kurang lebih 100 tahun. Beliau berjualan sejak remaja dengan resep turun temurun yang hampir tidak berubah cita rasanya. Ditambah lagi, harga satu porsi gudeg buatan Mbok Lindu ini cuma Rp 15 ribuan aja, jadi jangan heran jika banyak yang rela antri. 

Ada banyak sekali wisata kuliner Jogja yang legendaris dan murah bukan? Mulai dari saoto, gudeg, mangut, sate klatak hingga mie ayam semuanya bakal memanjakan lidah kamu selagi jalan-jalan di Jogja. Udah punya rencana belum akhir pekan nanti? Kalau belum ke Jogja aja, yuk!

Related Articles

Leave a Reply