7 Tempat Wisata Karimunjawa Untuk Pengalaman yang Tak Terlupakan

Pengalaman adalah salah satu motivasi terkuat yang mampu mendorong seseorang untuk menempuh berbagai cara demi berkunjung ke suatu tempat. Apalagi jika pengalaman yang dicari bukan sekadar pengalaman biasa. Nah, jika kamu sedang berniat mengeksplorasi potensi wisata di Indonesia, wisata Karimunjawa akan memberikanmu pengalaman yang tak terlupakan!

Kepulauan Karimunjawa sudah berstatus sebagai taman laut nasional sejak diresmikan oleh Kementerian Kehutanan RI pada tahun 1999. Wilayahnya membentang seluas 1.500 hektar dengan area perairan 110.000 hektar.

Ada 26 pulau yang terletak di sekitar pulau utama Karimunjawa. Setiap pulau memiliki luas bervariasi mulai dari yang terkecil sekitar 2 hektar hingga yang terbesar mencapai 40 kilometer lebih.

Wilayah Karimunjawa sudah menjadi rumah sekaligus suaka untuk berbagai spesies fauna laut langka. Tidak kurang dari 400 spesies fauna laut bisa kita jumpai disini. Perairannya dipenuhi dengan terumbu karang, hutan bakau, dan beberapa area digunakan sebagai tempat konservasi.

Wisata Karimunjawa

Dengan luas wilayah dan jumlah pulau sebanyak itu, wajar saja jika potensi wisata di tempat ini sangat beraneka ragam pula. Berikut Velo rangkum 7 tempat wisata Karimunjawa yang akan mewarnai pengalaman hidup kamu!

1. Pulau Menjangan Besar

wisata karimunjawa
Source: backpackerjakarta via Google

Pulau Menjangan Besar terletak berdekatan dengan Pulau utama Karimunjawa. Pulau ini hanya berjarak sekitar 15 menit perjalanan dari Karimunjawa menggunakan kapal penumpang. Luasnya membentang sekitar 56 hektar dan termasuk salah satu pulau tidak berpenghuni.

Di sini kita bisa merasakan sensasi berenang bersama kawanan hiu di kolam penangkaran. Hiu yang dirawat di sini adalah jenis hiu sirip hitam dan hiu sirip putih. Semuanya sudah dalam kondisi jinak sehingga tidak perlu khawatir jika ingin berinteraksi langsung.

Selain hiu, di pulau ini juga terdapat konservasi penyu dan elang jawa yang sudah termasuk dalam kategori spesies terancam punah. Pulau Menjangan Besar wajib kamu kunjungi jika ingin merasakan pengalaman nyata dalam upaya pelestarian alam.

2. Bukit Love

wisata karimunjawa
Source: Hangga Prayudi via travelingyuk

Di dusun Jatikerep, Karimunjawa, terdapat sebuah bukit yang menjadi salah satu spot favorit wisatawan untuk berburu foto dan menikmati pemandangan laut Karimunjawa. Bukit Love⎼ begitulah orang-orang menyebutnya⎼sebuah bukit yang terletak sangat strategis sehingga siapapun yang berdiri di atasnya akan terpesona dengan penampakan di hadapannya.

Bukit ini mudah dikenali dengan monumen batu bertuliskan ‘love’ dan ‘Karimunjawa’ di setiap ujungnya. Jika kamu sedang mencari spot terbaik untuk menyaksikan atraksi sunset dari ketinggian, Bukit Love adalah pilihan yang paling tepat. Berbagai instalasi ornamen, cafeteria, hingga toko-toko souvenir sudah marak tersedia untuk melengkapi pengalamanmu.

3. Pantai Bunga Jabe

wisata karimunjawa
Source: tourkarimunjawa

Seyogyanya wilayah kepulauan yang dikelilingi garis-garis pantai, daya tarik utama Karimun Jawa didominasi oleh pantai-pantainya. Pengalaman wisata tidak akan pernah lengkap sebelum sempat menyinggahi beberapa pantai terindah disini, seperti Pantai Bunga Jabe yang berada di Pulau Kemujan.

Dari sini kita bisa mendapatkan pemandangan terbaik untuk menikmati udara pagi sembari menyambut matahari. Di sepanjang 100 meter garis pantai melengkung ini, kita akan dihadapkan dengan hamparan pasir putih yang sudah menjadi ciri khas dari pantai-pantai tropis.

Suasana di sini sangat tenang, natural, dan minim distraksi. Dari sekian banyak pilihan pantai di seluruh wilayah Karimunjawa yang bisa disambangi, Pantai Bunga Jabe adalah salah satu yang terbaik.

4. Spot Maer

Source: SGR via Unsplash

Sungguh sangat disayangkan jika berkunjung ke Karimunjawa tanpa menikmati pemandangan bawah lautnya secara langsung. Maka dari itu, jangan lupa untuk mencoba sensasi menyelam di Spot Maer.

Spot Maer adalah titik lokasi terbaik untuk aktivitas diving atau snorkeling di Karimunjawa. Lokasinya berada di Pulau Menjangan Kecil, sebelah utara dari pulau utama Karimunjawa. Jika ditempuh menggunakan kapal penumpang, kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Berbagai spesies ikan hias hidup bebas di titik ini. Mereka pun sudah sangat akrab dengan kehadiran manusia yang setiap waktu selalu berkunjung untuk bercengkrama sekaligus memberi mereka sesuatu untuk dimakan. Di seluruh area ini, wisatawan juga akan menemukan bermacam-macam jenis dan rupa terumbu karang yang terpelihara dengan baik.

5. Bukit Joko Tuwo

Source: berkas Wikipedia/publik

Selain terkenal dengan keindahan dan kekayaan biota lautnya, Karimunjawa juga memiliki sisi unik yang menarik untuk ditelisik. Keunikan tersebut bisa kita temukan di Bukit Joko Tuwo. Sesuai dengan namanya, Bukit Joko Tuwo memang terletak di atas sebuah bukit, tak jauh dari alun-alun Karimunjawa.

Bukit Joko Tuwo memiliki beberapa keistimewaan, pertama; pemandangannya. Lokasi bukit ini sangat pas untuk menikmati pertunjukan langit senja. Matahari tampak sangat teatrikal ketika membenamkan dirinya ke batas garis cakrawala. Benar-benar pemandangan yang epik!

Kemudian, di sini juga terdapat sebuah kerangka paus raksasa yang oleh penduduk sekitar dinamakan ‘Joko Tuwo’, yang berarti ‘Perjaka Tua’. Paus ini diyakini berkelamin jantan dan memiliki umur panjang, yang kemudian menjadi inspirasi warga untuk menamainya Joko Tuwo.

Satu hal lagi yang menarik perhatian, yaitu sebuah tasbih raksasa yang terbuat dari batuan andesit. Entah bagaimana ceritanya tasbih ini bisa muncul di sini, yang jelas kehadirannya semakin menambah sisi unik Bukit Joko Tuwo.

6. Kampung Bugis Karimunjawa

Source: Trivago

“Nenek Moyangku Seorang Pelaut”, penggalan kalimat tersebut sangat tepat disematkan kepada Suku Bugis. Bukan hanya soal kepiawaian mereka menjelajahi lautan, ekspedisi orang-orang Bugis juga sudah menembus Semenanjung Malaka hingga ke Madagaskar.

Karimunjawa, tepatnya di di Desa Telaga, Pulau Kemujan, merupakan salah satu kawasan pemukiman masyarakat Bugis yang masih memegang teguh budaya dan tradisinya. Di sini kita akan melihat rumah-rumah adat bugis berjejer di kanan-kiri jalan. Walaupun sudah tidak sepenuhnya murni lagi, tempat ini merupakan lokasi yang ideal untuk menambah khazanah pengetahuan kita tentang para leluhur Nusantara.

7. Hutan Mangrove Karimunjawa

Source: Sirawich Rungsimanop via Pixabay

Di Desa Kemujan, terdapat area seluas 10,5 km² yang dirimbuni oleh 45 spesies mangrove langka. Area ini berfungsi sebagai suaka alam sekaligus lokasi tracking menarik untuk menikmati suasana alam hijau sekaligus mempelajari segala sesuatu tentang tanaman mangrove.

Lokasi hutan mangrove ini terbagi dua; satu sisi mengarah ke Pulau Karimunjawa, sisi lainnya mengarah ke Pulau Kemujan. Jika ingin menelusuri bagian dalam perut hutan, kamu harus masuk dari sisi yang mengarah ke Pulau Kemujan.

Di sana sudah tersedia berbagai fasilitas untuk mendukung aktivitas wisata, mulai dari track kayu, pos penjagaan, hingga papan informasi tentang spesies satwa dan vegetasi di hutan mangrove. Selain itu, ada pula gardu pandang yang menjulang tinggi untuk menyaksikan hamparan pohon mangrove.

Saat kamu berkunjung ke Karimunjawa, jangan lupa untuk menyambangi 7 tempat wisata Karimunjawa di atas. Simak terus perkembangan informasi menarik lainnya bersama VELO, kantong nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia dengan aneka rasa menyegarkan buat kamu pengguna produk nikotin berusia 18 tahun atau lebih, bukan perempuan hamil atau menyusui.

Hengky
For the last few years, Hengky living as a digital nomad and currently settled in Denpasar. As a writer, he is interested in a certain topic such as pseudoscience, culture, art, and lifestyle.

Related Articles

Leave a Reply