Rekomendasi Wisata Jepara Terbaik untuk Destinasi Solo Traveling

Jika ditanya soal potensi wisata di Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Jepara kerap kali muncul sebagai topik perbincangan utama. Kota yang terkenal dengan seni ukirnya ini memang sudah sejak lama menjadi kota tujuan wisata populer di kalangan traveler, terutama Karimun Jawa yang sudah tersohor hingga ke mancanegara itu. Tapi, wisata Jepara bukan cuma Karimunjawa saja, masih ada tujuan wisata lainnya yang tidak kalah menarik!

Rekomendasi Wisata Jepara Untuk Solo Traveling

Dari sekian banyak pilihan destinasi wisata Jepara, mungkin kamu akan sedikit kebingungan jika harus memilih beberapa tujuan yang ideal untuk dikunjungi seorang diri alias solo traveling. Maka dari itu, di bawah ini VELO sudah merangkum beberapa tempat wisata Jepara terbaik untuk pilihan destinasi solo traveling. Yuk, kita simak ulasannya!

Danau Blingoh

Wisata Jepara
Source: Twitter/adenratsa

Tempat ini sempat mendadak viral setelah foto-fotonya ramai tersebar di media sosial. Danau Blingoh, yang terletak di Desa Blingoh, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara semula merupakan lokasi penambangan liar yang kemudian ditinggalkan. Namun, siapa sangka jika sisa-sisa tambang tersebut malah membuat tempat ini terlihat indah.

Sisa penambangan membentuk cekungan menyerupai kolam. Lambat laun, setelah hujan mengguyur lokasi ini, air menggenang di atas cekungan dan akhirnya membentuk danau. Jika mata tidak cukup jeli, lokasi ini akan terlihat seperti danau alami. Untuk traveler yang lebih menikmati aktivitas wisata di alam terbuka, Danau Blingoh bisa kamu tambahkan dalam daftar wajib kunjungan!

Benteng Portugis

Wisata Jepara
Source: LorongMisteri

Mungkin dari namanya saja kamu sudah bisa menebak jika destinasi yang satu ini memiliki nilai historis. Ya, pada suatu masa Benteng Portugis memang pernah menjadi tampuk pertahanan Kerajaan Mataram di kawasan ini ketika menghadapi pasukan Belanda di bawah kendali VOC.

Benteng ini berdiri gagah di atas bukit batu yang terletak tepat di pesisir laut, dan persis di hadapannya terdapat Pulau Mondoliko. Letak strategis benteng ini yang menguntungkan untuk kepentingan militer kini memberikan keuntungan yang sama pula untuk kepentingan wisata.

Dari sini kita bisa mempelajari sejarah, menikmati panorama laut yang menenangkan di sore hari, tak lupa sambil menikmati minuman dingin. Benteng Portugis berada di Banyumanis, Donorejo, Kabupaten Jepara.

Wana Wisata Sreni Indah

Wisata Jepara
Source: Instagram/dickyk4

Ada banyak hal yang bisa memotivasi orang-orang untuk melakukan perjalanan solo traveling, salah satunya untuk melarikan diri sejenak dari carut-marut kehidupan perkotaan. Jika alasan ini yang menjadi motivasi kamu, Wana Wisata Sreni Indah adalah tujuan yang tepat!

Destinasi wisata Jepara ini sejatinya merupakan sebuah hutan lindung yang terletak di kaki Gunung Muria. Tapi, berhubung tempat ini mengandung potensi wisata berkat keindahan ekosistem dan pemandangannya, pemerintah setempat kemudian mengambil tindakan strategis dengan meresmikannya sebagai objek wisata baru di Jepara.

Tempat ini memiliki area perbukitan, jalur sungai, perkampungan, dan persawahan yang tertata strategis dengan kondisi geografisnya. Sreni Indah adalah tempat ideal untuk berjalan-jalan seorang diri mengitari hutan tanpa khawatir tersesat, atau sekadar berdiam diri untuk meresapi hawa sejuk alam sekitar. Lokasinya terletak di Dusun Tirto, Desa Bategede, Nalumsari, Kabupaten Jepara, sekitar 35 km dari pusat kota Jepara.

Pulau Panjang

Source: jurnalangga

Pantai yang sepi, jarang dikunjungi rombongan wisatawan, dan memiliki tata pulau yang masih terjaga sesuai kondisi alaminya merupakan tipikal pantai yang paling cocok untuk tujuan solo traveling selain Karimun Jawa. Salah satunya bisa kamu jumpai di Pulau Panjang.

Pulau ini hanya berjarak sekitar 15 menit perjalanan dari Pantai Kartini, tepat ke arah barat laut menaiki kapal penyebrangan. Begitu tiba di lokasi, kita akan langsung disuguhkan dengan pemandangan pantai yang sangat menakjubkan. Nuansa eksotis terasa begitu kental, lengkap dengan hamparan pasir putih dan hutan tropis di sekelilingnya.

Air Terjun Songgo Langit

Source: wisatafavorit

Air Terjun Songgo Langit merupakan destinasi wisata Jepara yang tergolong unik dan langka. Pasalnya, lokasi air terjun ini merupakan rumah dari berbagai jenis kupu-kupu yang kerap terbang bergerombol kesana-kemari. Wisatawan yang datang seringkali dimanjakan dengan kehadiran mereka yang membuat pemandangan alamnya semakin mempesona.

Air terjun ini mengalir dari ketinggian 80 meter. Di sekelilingnya dirimbuni oleh berbagai jenis vegetasi hijau yang begitu menyegarkan mata. Sayangnya, pengunjung tidak diperkenankan untuk berenang di sekitar air terjun karena terdapat palung sedalam 8 meter.

Nah, itulah beberapa destinasi wisata Jepara pilihan VELO untuk tujuan solo traveling-mu. Kalau masih penasaran dengan tempat-tempat wisata menarik lainnya, ikuti terus perkembangan informasi terbarunya bersama VELO, kantong nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia dengan aneka rasa menyegarkan untuk kamu pengguna produk nikotin yang sudah berusia 18 tahun atau lebih, bukan perempuan hamil atau menyusui.

Henki Taher
For the last few years, Hengky living as a digital nomad and currently settled in Denpasar. As a writer, he is interested in a certain topic such as pseudoscience, culture, art, and lifestyle.

Related Articles

Leave a Reply