6 Wisata Jawa Tengah Paling Sering Dikunjungi Wisatawan

Begitu banyak pesona yang dimiliki oleh destinasi wisata Jawa Tengah. Mulai dari budaya lokal, karya seni, festival, sejarah, hingga rindangnya alam yang masih dijaga kelestariannya.

Tak heran jika tiap tahunnya, sektor pariwisata cukup banyak menyumbang pemasukan APBD provinsi. Beberapa kabupaten dan kota yang turut menyumbang karena daerahnya menjadi favorit pengunjung ialah Wonosobo, Semarang, Karanganyar, Klaten, Magelang, hingga Kebumen.

Dalam tulisan ini, secara ringkas akan kami sampaikan tujuan wisata Jawa Tengah yang layak untuk ditulis di daftar rencana. Cek yuk~

1. Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo

wisata dataran tinggi dieng jawa tengah
© Shutterstock

Tempat satu ini sepertinya tak boleh absen di dalam rencana perjalanan liburan di Jawa Tengah. Tak bisa dibantah bahwa pesona alamnya begitu indah. Mulai dari perbukitan, gunung, telaga, kawah yang masih aktif memproduksi senyawa belerangnya, hingga candi-candi Hindu yang punya banyak cerita budaya.

Mengunjungi Dieng juga bisa dilakukan kapanpun. Namun pastinya, saat Festival Lampion, merupakan waktu yang tepat. Sekalian camping, juga menerbangkan impian lewat lampion di malam hari. Untuk ke sini, cukup siapkan baju yang tebal supaya hangat, uang tunai secukupnya, obat-obatan (buat jaga-jaga), dan jas hujan.

Tak perlu khawatir soal penginapan, karena sudah banyak warga sekitar yang menyewakan rumah. Bahkan beberapa layanan hotel skala budget juga sudah banyak tersedia. Kalau mau lebih seru, bisa sekalian camping di Gunung Prau. 

Kalau kamu kamu lagi di tempat yang gak boleh ngerokok, jangan khawatir kamu tetep bisa kok merasakan

sensasi nikotin tanpa asap dan bau. Masih ada VELO, kantong nikotin buat kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui. Cukup diletakkan di sela-sela gusi atas dan bibir, kamu sudah bisa menikmati sensasi nikotin bebas tembakau.

2. Rawa Pening, Semarang

wisata rawa pening semarang jateng
© inilahonline.com

Mencari suasana segar di Semarang? Bisa kok. Kamu tinggal pergi ke Semarang bagian selatan, alias Kabupaten-nya. Terdapat banyak sekali destinasi, termasuk Rawa Pening ini. Pesona utamanya, sebuah danau yang luasnya mencapai 2 ribu hektare lebih dengan cakupan wilayah Gunung Ungaran, Merbabu, dan Telomoyo.

Saking luasnya, kamu bisa lho explore banyak spot untuk sekadar melepas penat atau bermain wahana hiburan. Mulai dari Saloka Theme Park, Sumurup, Eling Bening, KA Wisata Ambarawa, hingga wahana baru bernama Bukit Cinta.

Di tempat ini, kamu bisa melihat ketenangan air danau sambil mengelilingi tanaman eceng gondong yang berjejer rapi. Jika sudah puas, baru istirahat ke pinggir danau dan langsung menuju ke objek wisata di dekatnya.

3. Candi Prambanan, Klaten

wisata jawa tengah candi prambanan
© traveloka.com

Siapa pernah nonton Prambanan Jazz di sini? Sebuah event tahunan yang tak absen mendatangkan musisi jazz papan atas, dalam dan luar negeri. Itu baru salah satu daya tarik dari Candi Prambanan. Belum lagi cerita tentang Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso di balik pembangunannya.

Mantan ibu negara, almarhumah Ibu Ani Yudhoyono, punya spot foto favorit di Candi Prambanan, yaitu di depan reruntuhan bebatuan candi dekat pohon Mahoni, dengan latar belakang candi berjejer rapi. Cocok buat foto keluarga atau bersama pasangan (buat yang punya~).

Terletak di perbatasan antara Kabupaten Klaten dan Sleman, Candi Prambanan buka mulai jam 7 pagi sampai 5 sore. Tiket masuk sebesar Rp50.000 untuk dewasa, Rp25.000 untuk anak-anak.

4. Candi Borobudur, Magelang

wisata candi borobudur magelang
© borobudurpark.com

Candi yang juga terletak di perbatasan provinsi Jateng-DIY, namun kali ini Sleman dan Magelang. Dibangun pada abad ke-9, hingga kini masih terawat dengan baik dan menjadi candi Buddha paling besar di dunia. [please put the source in the foot note]

Pesona Candi Borobudur memang tak diragukan keindahannya. Relief dengan segudang cerita yang tak cukup dibicarakan satu-dua malam saja. Bahkan dijamin kamu juga akan pusing mencari sudut foto mana yang paling epik, saking banyaknya.

Untuk bisa masuk, kamu cukup membayar tiket sebesar Rp50 ribu. Buka mulai jam 7 pagi sampai 5 sore. Kalau mau lihat sunrise, bisa juga. Namun harus merogoh kocek hingga Rp350 ribu untuk bisa masuk pagi-pagi seusai subuh melewati pintu Manohara.

5. Umbul Ponggok, Klaten

wisata umbul ponggok klaten jawa tengah
© instagram.com/iamhael

Bayangkan, dalam satu tempat, kamu bisa ambil foto dalam air, sekaligus menikmati biota laut yang warna-warni. Tidak hanya sampai di situ, kamu juga bermain di wahana, sekaligus snorkeling dan diving menggunakan piranti lengkap yang sudah disediakan untuk disewa. Yep, semua itu ada di Umbul Ponggok Klaten.

Tempat yang dulunya sebuah mata air biasa, namun dipoles begitu apik menjadi wahana untuk refreshing, bermain, bahkan pre-wedding juga bisa lho. Untuk bisa ke sana, cukup siapkan uang Rp15 ribu (tiket masuk) dan Rp2 ribu (parkir motor). Lalu kamu bisa berenang atau bermain, sepuasnya dari jam 7 pagi sampai 5 sore.

Kalau mau sewa fasilitas, biayanya cukup beragam. Mulai dari pelampung (Rp7 ribu), kaki katak (Rp7 ribu), kamera tahan air (Rp60 ribu/30 menit, Rp100 ribu/jam), sewa properti foto seperti becak, tv, jet sky, motor, tenda, dll (Rp60-100 ribu).

6. Grojogan Sewu, Karanganyar

© instagram.com/sabri.paulipu

Destinasi pamungkas jatuh pada tempat bernuansa sejuk, rindang, tradisional; pokoknya terasa begitu menyegarkan. Yep, air terjun atau yang kerap disebut Grojogan Sewu. Terletak di Kabupaten Karanganyar paling timur, dekat dengan kaki Gunung Lawu.

Di tempat ini, kamu bisa merebahkan badan di bebatuan yang bulat rata dan bersih. Sembari berfoto di jembatan yang latar belakangnya air terjun, tebing, dan pepohonan hijau. Di sini, kamu juga akan menjumpai warung makan khas sate kelinci dan landak. Saat perjalanan pun sering ada kera yang lucu namun kadang juga nakal. Hati-hati, ya~

Untuk bisa sampai ke tujuan, kamu harus menaiki bus dari terminal tirtonadi ke terminal tawangmangu, lalu beralih menggunakan ojek menuju ke Grojogan Sewu. Total habis Rp30 ribu untuk transportasi. Cukup murah, kan?

Itu dia, deretan wisata Jawa Tengah yang menjadi favorit wisatawan. Sebenarnya masih cukup banyak tempat lain yang bisa kamu datangi. Tapi untuk sekarang ini dulu ya, next kita cerita lagi. Selamat jalan-jalan~

Ifan Prasya
Karena belajar bisa dari mana aja.

Related Articles

Leave a Reply