5 Wisata Alam Jawa Tengah Ini Bagai Permata Tersembunyi

Menyusuri tempat wisata alam di Jawa Tengah membuat kamu punya cukup banyak opsi destinasi. Mulai dari hamparan luas danau, dinginnya udara sejuk pegunungan, hingga air terjun yang menenangkan. Bahkan tak cukup sampai di situ, ada banyak pelajaran sejarah di balik tempat tersebut.

Destinasi pilihan jatuh pada wilayah Semarang, Kebumen, Purwokerto, Banyumas, dan Wonosobo. Namun bukan berarti daerah lain tak indah ya. Hal ini karena keterbatasan kami dalam merangkum tempat terfavorit wisatawan. Dan rasanya cocok untuk dikunjungi setelah pandemi covid-19 mereda nanti.

Tempat apa sajakah itu? Langsung simak aja yuk, rekomendasi wisata alam Jawa Tengah yang mampu membuatmu jadi makin sumringah berikut ini.

1. Rawa Pening, Semarang

© Shutterstock

Legenda yang melekat pada tempat wisata satu ini membuatnya tak hanya dilirik dari alamnya, tapi juga cerita sejarahnya. Membuktikan bahwa bumi nusantara cukup kaya. Foto yang indah di atas tersebut diambil dari Rawa Pening, berada di kaki gunung Ungaran, Kabupaten Semarang.

Dari tempat ini, kamu dapat menikmati pemandangan tiga gunung sekaligus, yakni Gunung Merbabu, Telomoyo, dan Ungaran. Luasnya yang mencapai 2.670 Hektare ini membuat Rawa Pening jadi tempat yang adem untuk menikmati suasana sore.

Danau dengan banyak eceng gondok ini bisa dikunjungi dengan cukup membayar tiket masuk Rp7,5 ribu. Buka mulai dari jam 8 pagi hingga 8 malam.

2. Pantai Menganti, Kebumen

© instagram.com/irfa.senja

Dihiasi hamparan pasir putih dengan air laut biru kehijauan, pantai Menganti cukup diminati oleh wisatawan. Untuk sekadar bersantai maupun mencari spot foto dengan tiket masuk Rp10 ribuan saja.

Kamu bisa menjangkau dengan 1 jam perjalanan dari pusat kota: Kebumen, menuju ke Petanahan, kemudian ke Kecamatan Puring, lalu ke selatan berlanjut ke Karangbolong, sampailah di Menganti.

Adapun beberapa spot foto yang bisa kamu sambangi: Lembah Menguneng (pemandangan lebih luas), Jembatan Merah (300 meter), Tanjung Karang Bata (gunung api yang sudah tidak aktif), wahana (sepeda gantung, balon udara).

3. Telaga Sunyi, Purwokerto

© instagram.com/hens4m

Ada satu lagi wisata Jawa Tengah dengan nuansa alam yang fotogenik. Penuh batu tebing yang biasa diduduki untuk foto-foto. Kalaupun mau pose lain, kamu juga dapat mengambil foto dalam air yang jernih. Asal, kameranya anti air, ya~

Telaga ini punya kedalaman 3 meter saat musim kemarau dan 5 meter saat musim penghujan. Oiya, untuk alasan kesucian telaga, pengunjung dilarang mandi atau berenang di pusat telaga, ya.

Alternatifnya, ya cukup duduk-duduk santai di bebatuan. Atau jika perlu bawa tikar sambil gitaran dan bercengkrama di pinggir telaga. Untuk bisa berkunjung, kamu cukup membayar tiket masuk Rp10.000 dan parkir motor Rp2.000. Lokasinya dekat dengan tempat wisata Baturaden.

4. Bukit Pangonan, Banyumas

© Shutterstock

Bukit ini bisa menjadi alternatif untuk melihat pemandangan Dieng, sunrise, jika kamu tak ingin repot mendaki Gunung Prau dan Bukit Sikunir. Bagusnya lagi, saat perjalanan ditemani luasnya padang savana yang dipenuhi rumput hijau yang menyegarkan.

Ada pula lembah di puncak yang cukup luas yang seolah menjadi oase perjalanan. Selain rumput juga ada ilalang rindang di sepanjang perjalanan. Bahkan untuk beberapa spot ada terowongan yang bisa dilewati.

Setelah sampai puncak, kamu bisa sambil menikmati pemandangan dengan tenang. Biasanya kalau tidak merokok, ya foto-foto. Tapi jangan khawatir, masih ada alternatif lainnya, yakni kantong nikotin VELO, yang ditujukan untuk kamu yang sudah 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, yang bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja. Cara baru menikmati sensasi nikotin bebas tembakau. Cocok buatmu yang tidak suka asap dan bau.

5. Dieng, Wonosobo

© Shutterstock

Sudah tak terbantahkan lagi kalau Dataran Tinggi Dieng menjadi tempat wisata alam Jawa Tengah paling populer. Terletak di barat Gunung Sumbing dan Sindoro, punya ketinggian 2.000 mdpl. Spot favorit ada telaga warna, senyawa sulfur yang begitu tinggi. Selain itu juga ada telaga Cebong, Nila, Dringo, Pengilon, dan Merdada.

Ada juga kawah paling terkenal yakni Sikidang, selain itu Siglagah, Sibanteng, dan Candradimuka. Ada kawah lain namun gasnya disinyalir beracun jadi tidak bisa dikunjungi. Terakhir, kamu juga bisa berkunjung ke Kompleks Candi Hindu yang dibangun pada abad ke-7. Terdiri atas Candi Arjuna, Candi Bima, Candi Gatotkaca, dan lainnya.

Yep. Sebenarnya tak cukup lima poin kami menyampaikan karena masih begitu banyak “surga tersembunyi” yang ada di Jawa Tengah. Namun mudah-mudahan ulasan di atas bisa memberimu opsi untuk berlibur akhir pekan nanti.

Ifan Prasya
Karena belajar bisa dari mana aja.

Related Articles

Leave a Reply