6 Water Park Terfavorit di Indonesia dengan Ragam Wahana

Berlibur bersama keluarga, salah satu rekomendasi yang paling juara adalah mengunjungi water park. Tidak lain dan tidak bukan, kita bisa bermain air dan berteriak sepuasnya. Bersenang-senang, lalu bersantai menyantap makanan di foodcourt. Seru, ya?

Di Indonesia sendiri, sudah banyak sekali tempat yang bisa kamu kunjungi. Mulai dari kota besar seperti Jakarta, sampai ke Solo, Malang, hingga Bali. Namun, water park manakah yang paling digemari oleh keluarga untuk mengisi liburan akhir pekan? Yuk kita simak.

1. Pandawa World, Solo

pandawa world solo
© kemenpar.go.id

Pilihan pertama datang dari Solo, tepatnya di kawasan Solo Baru, Sukoharjo. Seluruh wahana di Pandawa mengambil istilah dan nama dalam tokoh pewayangan. Mulai dari wahana Bima slide untuk anak-anak, Krisna wave pool untuk kolam yang diguyur ombak, bahkan ada satu wahana yang unik: Kunti pool, kolam khusus buat anak-anak.

Harga tiket masuk ke Pandawa World dirasa cukup sepadan, mulai dari Rp80ribu untuk hari Senin s/d Jumat dan Rp100ribu untuk hari Sabtu s/d Minggu. Untuk bisa sampai ke sini, cara paling mudah adalah pergi ke pusat kota Solo, lalu pergi ke arah selatan sekitar 30 menit. Jangan lupa, perhatikan jam bukanya ya, mulai dari 8 pagi sampai 4 sore.

2. Atlantis Water Adventure, Jakarta

Rekomendasi kedua adalah waterpark yang ada di kawasan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Sangat pas jika kamu mencari suasana tropis, karena begitu banyak ragam pohon kelapa yang khas pantai utara.

water park atlantis jakarta
© traveloka.com

Wahana yang ada di Atlantis Water Adventure juga sangat menantang. Mulai dari Dragon Slide, meluncur dari ketinggian 15 meter dengan panjang hampir 140 meter. Saat meluncur pun masih meliuk-liuk manja dengan kecepatan yang mendebarkan. Selain slider, masih ada pula wahana seru lainnya seperti kolam apung dan kolam ombak.

Untuk harga tiket masuknya, mulai dari Rp160ribu tiap individu. Untuk weekday buka dari jam 8 pagi sampai 6 sore, sedangkan weekend buka dari jam 7 pagi sampai 8 malam.

3. Snowbay Watertainment, Jakarta

Masih ada di area Jakarta, kali ini ada Snowbay Watertainment. Jika Atlantis ada di sekitar Ancol, maka Snowbay ada di kawasan TMII (Taman Mini Indonesia Indah) yang juga dikenal favorit. Apalagi dengan fasilitas komplit, ban pelampung tidak bayar alias gratis total.

snowbay watertainment jakarta
© snowbay.co.id

Wahana yang ada di sini, seperti namanya, bernuansa salju kutub utara. Paling favorit adalah hurricane, meluncur di lingkaran corong yang sangat curam. Disusul typhoon river untuk mengitari sungai buatan yang nuansanya tenang. Bahkan ada satu wahana yang unik: ghost valley dengan nuansa horor di dalam gua.

Snowbay Watertainment sendiri buka dari jam 9 pagi sampai 6 sore. Untuk harga tiket masuk, saat weekday Rp140ribu dan weekend Rp180ribu.

4. Hawai Water Park, Malang

hawai water park malang
© hawaiwaterpark.com

Kita meluncur ke sisi timur, yakni di Kota Malang, dengan wahana air andalannya: Hawai Water Park. Nuansanya dibuat semirip mungkin dengan Kepulauan Hawaii. Dibangun sejak 2015 dengan luas 28 meter persegi.

Wahana yang ada pun beragam: jet coaster, waikiki beach, mavi island, akaolu pool, ekolu slide, hingga outbond juga ada. Semua keluarga disambut meriah dengan wahana yang aman, lengkap dengan lifeguard di setiap wahana. Tiketnya juga bisa dibilang terjangkau, yakni Rp75ribu (weekdays) dan Rp110ribu (weekend).

Fasilitas di sini juga cukup lengkap, mulai dari ban pelampung, gazebo (ada TV nya juga), foodcourt, loker penyimpanan, toilet dan masih banyak lagi.

5. Splash Water Park, Bali

Giliran kita meluncur ke sisi timur lagi, yakni Bali. Di sana ada rekomendasi bermain air paling favorit, yakni Splash Water Park. Lokasinya ada di daerah Kuta Utara, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

splash water park bali
© thebalibible.com

Wahana yang ada cukup bervariasi. Ada wahana untuk balap seluncur dari ketinggian 2 lantai, ada juga seluncuran yang berkelak-kelok. Selain seluncuran, juga ada kolam yang diisi dengan banyak wahana permainan untuk anak-anak (playgrond). Selain itu, tak kalah favoritnya adalah seluncur ke mangkok raksasa.

Fasilitas yang ada di Splash Water Park juga tidak main-main. Ada WiFi gratis, meja makan dan bar, toiletnya bersih, shower, ruang ganti yang aman, dan banyak lagi. Harga tiket masuk mulai dari Rp135ribu (anak-anak) dan Rp200ribu (dewasa). Satu lagi yang tak kalah menarik: selalu buka tiap hari (kecuali Hari Raya Nyepi).

6. Jungle Water Park, Bogor

Rekomendasi selanjutnya ada di kawasan Bogor Selatan, yakni Jungle Water Park. Buka dari jam 9 pagi hingga 5 sore untuk hari biasa dan jam 8 pagi sampai 6 sore untuk akhir pekan. Khusus untuk hari Jumat libur, ya.

jungle water park bogor
© thejungleadventure.com

Kalau bicara wahana, Jungle Water Park sangatlah komplit. Mulai dari cinema 4D, bird park, fountain futsal, kolam yang beragam, seluncuran untuk memacu adrenalin seru, sungai buatan dengan aliran tenang, bahkan sampai kolam air hangat juga ada.

Yang mengejutkan adalah, harga tiket masuk ke Jungle Water Park sangatlah terjangkau. Mulai dari Rp35ribu untuk hari biasa dan Rp45ribu untuk akhir pekan. Jika ingin sewa cabana, mulai dari Rp150ribu sampai Rp275ribu.

Nah, itu dia tadi sederet rekomendasi water park paling digemari. Memang ya, berlibur itu cukup efektif untuk menyegarkan pikiran dan mood, apalagi bersama keluarga dan kerabat dekat.

Kalau kamu lagi di tempat yang gak boleh ngerokok, kamu tetep bisa kok merasakan sensasi nikotin tanpa asap dan bau. Yakni menggunakan VELO, kantong nikotin buat kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui. Cukup selipkan di antara bibir dan gusi atas, sensasinya bakal kerasa hingga setengah jam.

Akhir kata, semoga harimu menyenangkan, ya!

Ifan Prasya
Karena belajar bisa dari mana aja.

Related Articles

Leave a Reply