Fakta Menarik Seputar Warna Aurora yang Perlu Kamu Tahu

Aurora adalah salah satu fenomena alam yang tidak bisa dilihat di semua tempat. Nyatanya, aurora hanya nampak di daerah-daerah yang berada di sekitar kutub bumi, yaitu kutub utara dan kutub selatan. 

Kedua kutub bumi tersebut memberikan nuansa tersendiri bagi para penikmat keindahan alam di belahan bumi yang lain.

Aurora sendiri berasal dari interaksi antara partikel udara dengan medan magnet  bumi. Sehingga keindahannya disesuaikan dengan partikel udara yang berinteraksi. Tahukah kamu, darimana asal warna aurora? Simak di bawah ini:

Warna Aurora Berasal dari Jarak Berbeda

Warna Aurora
Image source: popbela.com

Aurora sendiri biasanya memiliki warna hijau, merah, atau biru. Masing-masing warna tersebut akan muncul dengan ketinggian yang berbeda. Sehingga terkadang warna tersebut berbaur menjadi satu walaupun pada beda lapisan.

Jarak Aurora Berdasarkan Warna:

  • Biru dan ungu: kurang dari 120 kilometer (72 mil)
  • Hijau: 120-180 km (72-108 mil)
  • Merah: lebih dari 180 km (108 mil), kecuali bila surya maksimum sangat aktif dalam siklus matahari, warna merah mungkin muncul pada ketinggian antara 90 dan 100 km (54-60 mil) saja

Perbedaan tersebut terjadi karena kadar ion pada tingkatan atmosfer tersebut berbeda-beda. Ion oksigen akan memancarkan cahaya berwarna kuning dan merah. Sedangkan ion nitrogen akan memancarkan cahaya berwarna merah, biru, dan ungu. Dan warna hijau berasal dari gabungan antara ion nitrogen dan oksigen.

Bumi dan matahari memang saling terkait. Terjadinya fenomena aurora merupakan salah satu bukti keterkaitan antara bumi dengan matahari. Sehingga kemunculannya memang sangat erat kaitannya dengan udara dengan matahari.

Karena aurora hanya bisa dilihat pada malam hari, maka faktor cuaca memiliki peran penting dalam memperlihatkan keindahan aurora tersebut. Jika cuaca sedang mendung atau berawan, kamu tidak akan bisa melihat aurora yang menari di langit. 

Tetapi ketika langit terlihat cerah, maka kamu akan bisa melihat keindahan aurora yang sedang menari di langit.

Untuk mendapatkan info menarik lainnya, simak update artikel terbaru dari VELO, kantong nikotin bebas tembakau super praktis dengan aneka varian rasa unik!

Kantong nikotin VELO 100% bebas tembakau dan bisa kamu nikmati kapan saja dan dimana saja. VELO dikhususkan bagi pengguna produk nikotin berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang hamil atau menyusui.

Penasaran dengan sensasi nikotinnya? Langsung saja kunjungi situs VELO Indonesia!

Hengky
Crafting stories about social issues, pop culture, & common knowledge.

Related Articles

Leave a Reply