Waktu Ideal Melakukan Aktivitas Fisik adalah Kapan Saja, Yakin?

Sebagai salah satu aset yang paling berharga dalam hidup manusia, kesehatan adalah salah satu hal yang wajib banget kita jaga. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan melakukan berbagai aktivitas fisik, seperti berolahraga.

Kabar baiknya, tingkat kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan dengan berolahraga sudah semakin tinggi. Saat ini berbagai jalanan Car Free Day dipenuhi dengan orang-orang yang sedang jogging atau sekedar berolahraga dengan jalan kaki. Tempat-tempat gym pun kerap penuh dengan orang-orang yang melakukan berbagai jenis aktivitas fisik.

Bagi orang-orang yang terlalu malas keluar untuk berolahraga, mereka pun membeli perlengkapan olahraga untuk digunakan di rumah, seperti treadmill, sepeda statis, barbel, dan sebagainya. Semua alat olahraga tersebut bisa dibeli secara online, jadi orang-orang tidak harus langsung pergi ke toko yang menjual peralatan olahraga.

Bahkan jika kamu merasa harga  peralatan olahraga terlalu mahal, kamu bisa mengunduh aplikasi home workout dari internet atau mengikuti tutorial home workout di Youtube. Biasanya aplikasi dan tutorial tersebut akan menunjukkan cara melakukan berbagai gerakan workout tanpa menggunakan alat apapun.

Soal waktu olahraga, banyak orang yang merasa bahwa waktu ideal melakukan aktivitas fisik adalah kapan saja. Apakah benar demikian?

Memang sebenarnya tidak ada patokan khusus kapan sebaiknya kita berolahraga. Baik olahraga pagi maupun sore, keduanya memberikan manfaat bagi kesehatan kita, hanya saja fokus manfaatnya memang berbeda-beda. Yuk, kita bahas di sini!

Melakukan aktivitas fisik di pagi hari

Meskipun bangun pagi terkadang terasa sulit, tidak sedikit orang bangun lebih awal untuk berolahraga. Olahraga di pagi hari dianggap lebih menyenangkan. 

Selain karena udara pagi yang masih segar, orang-orang yang sibuk bekerja hingga sore bahkan malam hari pun memilih waktu olahraga di pagi hari agar pekerjaannya tidak terganggu.

Bukan hanya itu, melakukan aktivitas fisik di pagi hari juga ternyata memberikan berbagai manfaat lain lho, misalnya membuat tubuhmu menjadi lebih berenergi dan siap menjalani hari.

Selain itu, olahraga pagi juga akan membuat mood-mu menjadi lebih baik untuk melakukan berbagai aktivitas selanjutnya. Hal ini dikarenakan otak manusia melepas hormon endorfin, yakni hormon perangsang bahagia, pada pagi hari.

Bagi kamu yang ingin mengurangi berat badan, kamu bisa melakukan aktivitas fisik di pagi hari. Hal ini dikarenakan olahraga pagi mampu meningkatkan metabolisme tubuhmu sehingga nantinya  saat kamu beraktivitas hingga malam hari, kalori yang dibakar pun menjadi lebih banyak. Bahkan olahraga pagi juga dapat membantumu mengontrol nafsu makan lho!

Jika di kantor kamu sering mengeluh karena kurang fokus dan kesulitan untuk berkonsentrasi, cobalah melakukan aktivitas fisik di pagi hari. Hal ini akan sangat membantumu, buktikan saja sendiri!

Melakukan aktivitas fisik di sore atau malam hari

Sama seperti melakukan aktivitas fisik di pagi hari, berolahraga di sore atau malam hari pun memberikan banyak kebaikan bagi tubuh kita. Dengan berolahraga di sore atau malam hari, kamu bisa menjadi lebih rileks dan menurunkan stres pada tubuhmu setelah seharian lelah bekerja.

Olahraga di sore atau malam hari bisa dilakukan lebih intens. Hal ini dikarenakan kekuatan dan daya tubuh kita cenderung mengalami peningkatan di sore atau malam hari. 

Selain itu, penggunaan energi di sini pun lebih efektif karena tubuh kita dapat menyerap oksigen dengan lebih cepat di sore hari.

Jadi, kalau kamu lelah bekerja dari pagi sampai sore, sehabis pulang dari tempat kerja, boleh banget tuh olahraga kecil dulu!

Sekarang kamu sudah tahu kapan waktu olahraga yang tepat sesuai kebutuhanmu kan? Jangan lupa share artikel ini! 

Related Articles

Leave a Reply