Wahana dan Fasilitas di Orchid Forest Cikole Lembang, Bandung

Bandung masih menjadi salah satu destinasi wisata favorit masyarakat Indonesia. Orchid Forest Cikole yang ada di Lembang termasuk tempat yang selalu penuh oleh pengunjung. Ini tidak lepas dari banyaknya wahana dan fasilitas yang bisa didapatkan.

Orchid Forest Cikole sebenarnya adalah hutan pinus yang memamerkan lebih dari 20 ribu koleksi anggrek. Terletak di area pegunungan Lembang yang dingin, tempat ini sangat cocok untuk relaksasi dan mencari ketenangan setelah sibuk dengan banyaknya aktivitas yang harus dilakukan.

Kamu tertarik untuk berkunjung ke sini? Yuk, cari tahu dulu apa saja wahana dan fasilitas yang bisa kamu dapatkan.

Wahana di Orchid Forest Cikole

Orchid Forest Cikole memiliki 5 wahana utama yang dapat dinikmati oleh para pengunjung yang datang.

1. Taman anggrek

Anggrek menjadi daya tarik utama dari tempat wisata yang satu ini. Sejak diresmikan pada bulan Agustus 2017 lalu, sebagian besar pengunjung yang datang ingin menyaksikan langsung keindahan koleksi tanaman bunga anggrek yang ada di sana.

Ini merupakan taman anggrek terbesar di Indonesia dengan luas hutan kurang lebih 12 hektar. Di dalamnya terdapat 157 spesies anggrek berbeda dan total tanaman anggrek yang ada di hutan tersebut lebih dari 20 ribu macam.

Mulai dari anggrek biasa hingga anggrek yang paling langka sekalipun ada di sini. Kamu bisa melijhat tanaman anggrek seperti Anggrek Kantong Semar, Anggrek Hitam. Coelgy Pandurata, dan masih banyak lagi.

2. Sky bridge

Mau merasakan sensasi seolah kamu berjalan di atas awan? Kunjungi saja Sky Bridge yang ada di Orchid Forest Cikole. Jembatan sederhana ini terlihat sangat indah, terutama di malam hari.

Sky Bridge terbuat dari kayu dengan tali putih yang sangat panjang. Saat malam tiba, jembatan ini diterangi dengan lampu-lampu yang menciptakan suasana romantis nan indah. Kamu tinggal membayar biaya tambahan sebesar Rp 15 ribu saja untuk bisa berjalan-jalan di sepanjang jembatan ini.

3. Camping ground

Lelah dengan semua kesibukan dan ingin menenangkan diri sejenak? Kamu bisa camping di Orchid Forest Cikole. Di sini tersedia area khusus bagi para pengunjung yang ingin camping. Tenang saja, camping di tempat wisata ini sama sekali tidak ribet.

Kamu dan keluarga atau teman-teman tinggal datang saja. Pihak Orchid Forest Cikole sudah menyediakan tenda dome untuk kamu gunakan sebagai tempat bermalam. Selain itu, kamu juga sudah bisa mendapatkan sarapan, jagung bakar, dan api unggun yang jadi syarat mutlak saat camping.

Biaya yang dikeluarkan pun tidak terlalu mahal. Jika kamu pergi dengan rombongan sebanyak 4 orang, maka biaya yang harus dibayar adalah Rp 450 ribu. Sementara untuk rombongan sebanyak 9 orang, biayanya adalah Rp 950 ribu per malam. Didukung dengan udara Bandung yang sejuk dan segar, Anda akan menikmati pengalaman camping yang sama sekali berbeda.

4. Outbound area

Orchid Forest Cikole juga menjadi pilihan untuk outbound, karena banyaknya kegiatan seru yang bisa dilakukan di tempat ini. Lahan terbuka pada hutan sejuk ini menyediakan permainan khas outbound seperti flying fox, high rope, hingga panahan. Semua kegiatan ini cocok banget dilakukan bersama dengan keluarga atau sahabat terdekat.

5. Spot foto Instagramable

Sama seperti destinasi wisata kekinian lainnya, di hutan ini juga banyak spot Instagramable yang bisa dijadikan latar belakang foto estetik. Beberapa spot favorit para pengunjung antara lain adalah rumah pohon dan rumah kelinci.

Kamu yang hobi fotografi juga bisa mengeksplorasi keindahan anggrek langka yang ada di sini dan menjadikannya sebagai objek fotomu.

Fasilitas yang Ada di Orchid Forest Cikole

Selain semua wahana tersebut, para pengunjung juga bisa mendapatkan banyak fasilitas, seperti:

  • Mobil golf. Kamu bisa mengelilingi hutan yang sangat luas ini tanpa perlu merasa capek dengan mobil golf yang disediakan secara gratis.
  • Teras Paphio. Nikmati pemandangan alam yang indah sambil duduk di atas kursi berundak kayu yang ada di Teras Paphio. Tempat ini juga sering digunakan untuk menggelar pertunjukan seni terbuka.
  • Cafe. Setelah lelah menjelajahi Orchid Forest Cikole, kamu bisa beristirahat sejenak sambil menyantap hidangan lezat di sini. Udara yang sejuk akan membuat kamu semakin betah berlama-lama.

Parkir luas. Jangan khawatir jika Anda membawa kendaraan sendiri dan datang bersama rombongan ke tempat ini. Lahan parkir yang disediakan sangat luas dan bisa menampung kendaraan dalam jumlah banyak. Ada juga juru parkir yang akan menjamin keamanan kendaraan Anda.

Penginapan. Jika Anda tidak mau camping, tinggal booking saja penginapan yang ada di Orchid Forest Cikole. Tarifnya pun tidak mahal dan fasilitas yang diberikan sangat lengkap.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian alam seperti di hutan pinus Orchid Forest Cikole ini. Hal terbaik yang bisa kamu lakukan, misalnya, adalah dengan tidak merokok selama berada di sana.

Selain bisa mengganggu kenyamanan orang lain, rokok juga dapat berpotensi menyebabkan kebakaran hutan lho.

Untungnya ada cara baru menikmati sensasi nikotin yang lebih praktis dan tidak membahayakan alam sekitar. VELO adalah produk nikotin berbentuk kantong kecil yang inovatif. Tanpa asap dan tanpa bau, VELO dapat digunakan kapan saja dan di mana saja.

Namun yang harus diperhatikan adalah, kamu harus berusia lebih dari 18 tahun, bukan perempuan hamil atau menyusui untuk menggunakan produk ini.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply