Tugas Bartender Bukan Cuma Bikin Minuman Enak, Dia Adalah Teman Ngobrol yang Asik

Disamping kemampuan meracik minuman, seorang bartender harus punya kepribadian dan daya tahan untuk tetap bekerja optimal sampai gemerlap lampu dipadamkan.

Mereka juga selalu dituntut untuk bersikap menyenangkan sepanjang waktu dengan tetap menjaga kode etikーtidak mudah memang. Tapi, itulah tugas bartender.

Dia bukan cuma jago bikin minuman enak. Lebih dari itu, bartender adalah teman ngobrol yang asik.

Menjadi bartender sudah lazim dianggap sebagai profesi yang menyenangkan. Di samping itu, pendapatan yang bisa diperoleh juga terbilang besar, terutama bartender kapal pesiar dan hotel bintang 5 atau tempat-tempat eksklusif sejenis lainnya.

Tertarik untuk menjalani profesi ini? Pastikan kamu mengerti semua tugas bartender dan keahlian-keahlian yang wajib dimiliki. Berikut VELO bagikan pengetahuan dasar untuk masuk ke dunia bartender dan seni meracik minuman:

Tugas Bartender dan Keahlian yang Wajib Dimiliki

tugas bartender
Source: Proriat Hospitality via Unsplash

Tugas pokok seorang bartender yaitu membuat minuman dengan berbagai kreasi resep yang diracik langsung di depan customer. Selain daripada itu, bartender juga harus bisa memahami keinginan setiap orang yang berbeda-beda. Berikut beberapa tugas bartender:

  • Menyajikan minuman alkohol maupun non alkohol sesuai preferensi customer.
  • Memberikan rekomendasi menu dan menawarkan berbagai promo yang sedang berlangsung.
  • Mengontrol dan memastikan suplai bahan selalu tersedia.
  • Menjalankan seluruh operasional bar sesuai dengan SOP yang berlaku.
  • Berinteraksi dan menjalin komunikasi yang baik dengan semua customer.
  • Berkreasi menciptakan resep baru.

Dalam situasi tertentu, bartender juga harus bisa berperan sebagai “pengendali” suasana untuk memastikan kenyamanan para pengunjung selama berada di bar.

Pengaruh alkohol bisa membuat seseorang hilang kendali dan melakukan hal-hal tidak wajar. Oleh karena itu, seorang bartender harus pandai mengambil sikap dan membaca situasi.

Tugas penting lainnya yaitu mengidentifikasi usia setiap customer yang memesan minuman beralkohol. Setiap tempat yang menyediakan minuman-minuman beralkohol secara legalーtermasuk barーmemiliki regulasi khusus terkait usia.

Di Indonesia, jika seseorang berusia kurang dari 21 tahun maka tidak dibolehkan mengonsumsi minuman beralkohol.

Keahlian dan tugas bartender yang satu ini membutuhkan keahlian khusus untuk menebak usia seseorang, entah itu melalui penampilan fisik, gestur, cara berkomunikasi, dan sebagainya. Seiring bertambahnya jam terbang, keahlian ini akan semakin tajam.

Secara umum, social skill yang baik adalah syarat mutlak untuk menjadi bartender. Ingat, orang-orang datang ke bar bukan untuk sekadar minum, tapi juga bersosialisasi.

Pengunjung akan bertanya tentang banyak hal, dan tidak menutup kemungkinan kamu akan dimintai pendapat tentang urusan pribadi merekaーitulah uniknya pekerjaan bartending.

Tips Memulai Karir Bartending dari Nol

Source: Yuanpei Hua via Unsplash

Ada satu cara efisien untuk memulai karir sebagai bartender walaupun nol pengalaman. Mulailah dengan mengambil peran sebagai pekerja entry-level seperti barback.

Peran-peran seperti ini memungkinkan kita bisa mengamati, mempelajari, dan terlibat langsung dalam pekerjaan bartending.

Dengan mencari pekerjaan tingkat pemula di bar atau restoran, kamu bisa menciptakan lingkungan belajar sekaligus mendapat penghasilan.

Bekerja sebagai barback memang tidak mudah, tapi banyak manfaat jika tujuanmu adalah menjadi bartender.

Kamu akan mendapat pemahaman lengkap tentang bagaimana suatu bar beroperasi sehari-hari. Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba:

  • Bangun hubungan akrab dengan bartender di tempatmu bekerja.
  • Antisipasi kebutuhan mereka dan pertahankan ketersediaan bar setiap saat.
  • Jangan terlalu sering membombardir mereka dengan pertanyaan, apalagi selama jam sibuk.
  • Tunggu saat-saat yang tenang untuk memulai obrolan seputar bartending.
  • Carilah bartender yang mau membagikan ilmunya.
  • Tawarkan bantuan kepada bartender jika memungkinkan.

Selain dengan cara di atas, kamu juga bisa mencoba menempuh pendidikan bartending di sekolah khusus. Mau tahu infonya? Simak dalam update artikel selanjutnya bersama VELO!  Kantong nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia yang bisa dinikmati kapan saja, tanpa asap, dan tanpa ribet!

Tersedia dalam aneka varian rasa unik seperti Berry Frost, Tropic Mix, Polar Mint, dan Ruby Berry. Produk nikotin ini dikhususkan untuk pengguna berusia 18 tahun ke atas, tidak sedang hamil atau menyusui, dan bisa menyebabkan kecanduan.

Henki Taher
For the last few years, Hengky living as a digital nomad and currently settled in Denpasar. As a writer, he is interested in a certain topic such as pseudoscience, culture, art, and lifestyle.

Related Articles

Leave a Reply