Tokoh Wayang Paling Terkenal dengan Kekuatan Super

Sebagai negara multikultural, Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang menawarkan berbagai potensi kebudayaan dengan segala keunikannya. Salah satu budaya tanah air yang sangat terkenal, bukan hanya secara nasional tetapi juga internasional, adalah wayang.

Pada tahun 2003, UNESCO bahkan telah menobatkan wayang sebagai salah satu produk seni tradisional tanah air sebagai warisan budaya yang sangat berharga. Wayang memang pantas dinobatkan sebagai sebuah warisan budaya yang besar mengingat ia merupakan sebuah mahakarya dengan nilai tinggi atau disebut oleh UNESCO sebagai Masterpiece of Oral and intangible Heritage of Humanity.

Dalam pertunjukan wayang, ada beberapa tokoh wayang terkenal. Tokoh-tokoh tersebut ditampilkan sesuai kisah yang diceritakan.

Sebagai dampak dari globalisasi, di negara kita kerap terdengar nama-nama tokoh yang memiliki kekuatan super, atau disebut dengan Super hero. Para pahlawan super tersebut mulai dari Superman, Batman, Spiderman, Ironman, Wonder Woman, dan sebagainya. Kamu pun mungkin sudah tidak asing dengan nama-nama tersebut.

Namun tahukah kamu Indonesia juga kaya akan cerita-cerita pahlawan super, lho!

Lalu apa hubungannya dengan tokoh wayang?

Dalam kisah pewayangan, ada beberapa tokoh yang terkenal memiliki kekuatan super. Sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang mencintai budayanya, kamu wajib tahu lho siapa saja tokoh-tokoh tersebut.

Yuk, simak artikel di bawah ini untuk menambah pengetahuanmu!

1.     Bima Satria Garuda

Bima Satria Garuda merupakan tokoh wayang yang menjadi inspirasi berbagai cerita pahlawan super dari Indonesia. Ia juga dikenal dengan beberapa nama lain seperti Bimasiwi, Bratasena, Kusumayudha, dan Werkudara.

Dalam kisah wayang, Bima dideskripsikan sebagai tokoh pahlawan super dengan karakter ksatria ideal. Ia merupakan sosok petarung dengan tubuh yang tinggi dan besar, serta berotot dan atletis.

Sebagai tokoh wayang heroik, Bima juga dikenal sebagai petarung yang brutal dan sadis. Namun di balik sifatnya yang keras, ia terkenal menyayangi keluarga serta rela berkorban.

Senjata yang kerap dipakai oleh Bima adalah Gada Rujakpolo, yakni sebuah palu besar yang bentuknya mirip seperti Mjolnir yang dimiliki superhero Amerika, Thor.

2.     Arjuna

Nama tokoh wayang yang satu ini mungkin merupakan nama yang paling sering terdengar di telinga masyarakat Indonesia. Bahkan ada banyak lagu-lagu yang diciptakan oleh para musisi Indonesia yang melibatkan nama Arjuna di dalamnya. Hal ini dikarenakan Arjuna terkenal dengan ketampanannya. Ia juga dikenal ahli memikat hati wanita.

Tokoh wayang yang merupakan adik Bima ini memiliki beberapa julukan seperti Janaka, Permadi, dan Partha. Ia senang berkelana dan mencari ilmu. Sebagai hasil dari ketampanan, keahlian, serta petualangannya, ia pun memiliki banyak istri.

Sebagai tokoh ksatria yang ideal, Arjuna masih dapat menunjukkan sikap lembutnya meskipun ia sedang berada di Medan perang. Ia sangat ahli memanah. Senjata panah andalannya adalah panah Ardadedali dan panah Pasopati.

3.     Anoman

Salah satu tokoh wayang dengan kekuatan super yang terkenal di tanah air adalah Anoman. Kisah Anoman sendiri sudah banyak kita dengar, di mana ia membantu Rama untuk menyelamatkan Dewi Sinta yang telah diculik oleh Rahwana, sang Raja Alengka.

Anoman memiliki kekuatan yang setara dengan kekuatan dewa. Bukan hanya itu, ia juga dikenal memiliki kehidupan yang kekal.

Rupa Anoman memang mirip seperti kera putih. Namun ia bersikap layaknya manusia dan menjalankan adat istiadat yang berlaku dengan baik. Sebagai tokoh wayang terkenal, ia selalu digambarkan sebagai tokoh setia dengan watak pemberani, waspada, tabah, rendah hati dan berbudi bahasa.

Nah, itu dia 3 tokoh wayang yang memiliki kekuatan super di Indonesia. Yang mana favoritmu? Jangan sampai kamu hanya tau tokoh pahlawan super dari luar negeri saja ya!

Related Articles

Leave a Reply