Mountain Biking: Tips Untuk Pemula Yang Harus Kamu Tahu!

Jika kamu baru saja memulai aktivitas sebagai pengendara mountain biking, pasti kamu akan merasakan menaiki bebatuan, menerjal akar, turunan yang terjal dan rintangan jalan setapak lainnya yang mungkin terdengar mengasyikan dan sekaligus menakutkan. 

Mountain Biking jelas merupakan olahraga dimana kamu dapat memilih tempat petualangan kamu sendiri. Namun, sebagai pemula kamu harus sering berlatih dan bersabar untuk mendapatkan “feel” saat berkendara di pegunungan agar rintangan paling sulit sekalipun dapat kamu atasi dengan mudah. 

Jadi, ketika kamu ingin membangun kepercayaan diri, mempelajari keterampilan baru dan meningkatkan skill mountain biking, kamu datang di tempat yang tepat. Karena, 9 tips untuk pemula akan memberikan kamu trik dasar yang baik tentang bagaimana cara melatih kemampuan sepeda kamu dan membantu kamu merasa nyaman di atas sadel. 

Seperti kebanyakan jenis olahraga lainnya, mountain biking dapat ditekuni berdasarkan pengembangan kemampuan kamu. Semakin sering kamu berlatih, semakin jago kamu berkendara! 

1. Jaga Tubuh Kamu Agar Selalu Rilex 

Walaupun akan terdengar lebih mudah diucapkan daripada saat dilakukan, tapi jika kamu menjaga tubuh tetap rileks, terutama di bagian lengan dan bahu, maka sepeda kamu akan lebih mudah dikontrol. Tips ini akan membuat rintangan di jalan setapak terasa lebih mulus karena sambungan kamu yang longgar berfungsi sebagai extra suspension. 

Untuk memulai, ingatlah dua hal ini: 

–   Jaga siku dan bahu untuk tetap longgar dengan cara menurunkan dada ke stang. Ini membuat kemudi lebih mudah dan menurunkan pusat gravitasi kamu. 

–   Gerakan tubuh kamu secara mandiri dari sepeda. Kamu mungkin pernah melihat foto pengendara mountain bike yang membelok di belokan dengan pinggul yang mengarah ke sisi pelana. Walaupun sulit, kamu harus tetap berlatih nih. Ketika tangan dan kaki kamu akan menempel pada stang dan pedal, tetapi pinggul, lengan dan kaki kamu harus bergerak secara independen di sepeda. Tips ini akan memungkinkan kamu melakukan manuver di belokan, meningkatkan kecepatan dan membuat skill kamu lebih meningkat. 

2. Bertemanlah dengan Kecepatan 

Kebanyakan kecelakaan pada pengendara mountain bike terjadi karena kecepatan mereka tidak stabil. Mungkin kamu pernah melihat video pengendara yang menukik ke samping. Hal ini bisa terjadi karena kecepatannya hilang dan pengendara tidak dapat menjaga keseimbangan. 

Jadi, kecepatan adalah teman kamu saat berkendara, tetapi hal itu tidak berlaku ketika kamu menuju turunan yang terjal atau bebatuan dan tiba-tiba saja kamu sudah kehilangan kendali dari sepeda kamu. Sebelum mulai hilang kendali, cobalah untuk turunkan rem dan biarkan sepeda yang menyelaraskan kecepatan. 

3. Shift Early dan Shift Often 

Akan terlihat sangat menyakitkan jika ada pengendara yang berusaha sekuat tenaga menempuh jalur pendakian dengan gigi atau gear yang terlalu keras. Tips yang bisa kamu coba adalah dengan melakukan shift early dan shift often pada gear sepeda kamu saat menempuh rute yang sulit. 

Ketika kamu melihat ada rute pendakian, turunkan gigi tepat sebelum tanjakan dimulai, tentunya kamu tidak ingin bergeser selama pendakian bukan? Karena hal itu dapat berpengaruh pada rantai sepeda. Jika kamu bergeser sebelum pendakian dimulai, pedal akan terasa lebih ringan saat menuju puncak pendakian. 

Hal yang sama juga berlaku pada turunan, cobalah untuk pindah ke gigi yang lebih keras agar kaki kamu tidak berputar satu mil dalam satu menit saat kamu mencapai kaki bukit. 

4. Atur Suspensi Dengan Benar 

Saat pertama kali mengendarai mountain bike, banyak orang yang tidak memikirkan tentang pengaturan suspensi. Mereka akan membiarkan udara masuk ke dalam shock chambers dan memutar knop ke tengah saat berada di jalan setapak. 

Agar hal tersebut tidak terjadi, aturlah suspensi dengan benar berdasarkan berat badan kamu. Jika kamu tidak mengerti bagaimana caranya, cobalah meminta tolong toko sepeda untuk mengaturnya. 

5. Atur Tinggi Kursi Mountain Biking Dengan Benar 

Jika kamu pemula dan bertanya-tanya mengapa punggung bawah dan lutut terasa sakit saat mengayuh dan merasa seperti mendaki gunung Everest, bisa saja karena tinggi tempat duduk sepeda kamu salah. 

Saat tempat duduk sepeda terlalu tinggi atau terlalu rendah dan punggung bawah kamu tegang maka mengayuh sepeda akan terasa sangat sulit. 

Ketinggian tempat duduk yang tepat akan membuat lutut kamu sedikit menekuk saat pedal dekat dengan tanah. Coba lakukan pengecekan terlebih dahulu, ketika kedua kaki kamu tidak mencapai lantai saat duduk di kursi, berarti pengaturan tempat duduk sudah normal. 

6. Pelajari Cara Trackstand Mountain Biking

Ketika ada satu skill yang akan meningkatkan kemampuan bersepeda di gunung, itu adalah trackstand. Pada dasarnya, trackstand mengizinkan pengendara untuk mampu berdiri di atas sepeda dalam keadaan diam. 

Mengapa skill ini penting? Karena pengendara akan belajar untuk mengontrol keseimbangan. Jika kamu tidak dapat menyeimbangkan tubuh saat bersepeda dengan kecepatan lambat, bisa saja kamu akan terjungkal saat menginjak pedal gas. 

Trackstand cukup mudah dipelajari dengan sedikit berlatih. Cobalah untuk menghabiskan 5 menit sebelum bersepeda untuk menjaga kesimbangan kamu! 

Walaupun kamu pemula dan ingin belajar bermain sepeda di pegunungan, namun dengan mempelajari 6 tips mountain bike untuk pemula akan membantu kamu meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri di rute rumit sekalipun! Sama seperti olahraga lainnya, semakin sering kamu bersepeda maka semakin meningkat kemampuan kamu sebagai pemula. 

Frista Kurniasari
Talented professional good multitasking, organizational and verbal and written communication skills. Expertise includes writing content on topics such as Lifestyle, Humanity, Education and Travel.

Related Articles

Leave a Reply