Tips Menghadapi Tes Kepribadian Psikologi Saat Melamar Pekerjaan

Salah satu tahap yang harus dilalui saat melamar pekerjaan adalah tes kepribadian psikologi. Hasil dari tes ini sangat mempengaruhi diterima atau tidaknya seseorang pada posisi yang dilamar lho. Melalui tes semacam ini, pencari kerja ingin melihat karakteristik dari pelamar dan menilai apakah mereka layak menjadi bagian dari perusahaan atau tidak.

Agar hasil tes bisa maksimal, tentu kamu melakukan sederet persiapan, termasuk mengetahui tips dan trik menjawab soal tes yang kadang bisa sangat menjebak. Berikut ini beberapa tips jitu dalam menghadapi tes kepribadian psikologi saat kamu sedang melamar pekerjaan.

  1. Jadi diri sendiri

Tes kepribadian adalah tes asesmen dua arah. Selain pemberi tes yang memberikan nilai, ini juga merupakan tes untuk menilai dirimu sendiri. Tujuan utama dari tes ini adalah melihat apakah kamu merupakan orang yang tepat untuk mengisi posisi tertentu. Jika kamu memang orang yang suka dengan detail-detail kecil dan punya kepribadian tertutup, tidak perlu memilih jawaban untuk menunjukkan bahwa kamu adalah seseorang yang mudah terbuka kepada siapa saja.

  1. Hindari jawaban ekstrem

Dalam tes kepribadian psikologi, kamu akan menemukan pilihan jawaban yang berskala 1-5 dimana kamu harus memilih mana yang paling sesuai dengan dirimu. Sebisa mungkin hindari jawaban yang ekstrem (angka 1 dan 5) karena para pencari kerja biasanya lebih menyukai seseorang yang cenderung stabil. Ini juga berlaku untuk jawaban seperti “sangat setuju” dan “sangat tidak setuju”.

  1. Jawab pertanyaan dengan pola pikir etis dan profesional

Memahami etika dan bersikap profesional merupakan syarat mutlak untuk hampir semua pekerjaan yang ada. Cobalah untuk memilih jawaban yang mungkin menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang tidak profesional dan tidak memiliki etos kerja. Jika kamu memiliki jawaban seperti ini, kemungkinan besar kamu akan mendapatkan nilai yang buruk.

  1. Baca instruksi dengan teliti

Tidak semua tes kepribadian memiliki pola yang sama, sehingga pastikan kamu membaca instruksi tes dengan teliti agar bisa mendapatkan jawaban yang sesuai. Hal-hal penting seperti durasi yang diberikan untuk menyelesaikan tes tidak boleh luput dari perhatian. Beberapa tes tidak memberikan batasan waktu, namun hindari menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menjawab semua pertanyaan.

  1. Pertimbangkan posisi yang kamu lamar

Jawaban yang kamu berikan selama tes harus bisa mendukung dan menunjukkan keunggulan yang kamu miliki terkait posisi yang kamu lamar. Jangan coba-coba memprediksi mana jawaban yang ideal, namun sesuaikan jawaban yang kamu berikan harus sesuai dengan posisi yang ingin kamu tempati. Tidak ada jawaban benar dan salah dalam tes ini, namun kamu hanya perlu memilih jawaban yang paling sesuai.

Attitude dalam mengikuti tes adalah hal yang penting dalam menentukan apakah kamu akan diterima kerja atau tidak. Di dalam ruang tes, tentu saja merokok menjadi hal yang dilarang keras.

Kalau kamu lagi di tempat yang ngga bisa ngerokok, VELO kantong nikotin tanpa tembakau buat kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, menawarkan alternatif untuk menikmati sensasi nikotin dengan cara yang praktis.

Cukup selipkan saja di sela gusi dan mulut bagian atas, sensasinya akan kerasa 20-30 menit. Tanpa asap, dijamin kamu bisa menikmatinya kapan saja, termasuk saat sedang mengerjakan tes di dalam ruangan. Selain itu, VELO bisa dinikmati dengan nyaman kapan saja dan dimana saja tanpa khawatir mengganggu orang lain.

Itu dia beberapa tips jitu dalam menghadapi tes kepribadian psikologi saat melamar pekerjaan. Tes ini biasanya merupakan tahap lanjutan setelah wawancara. Ingatlah bahwa kamu harus bisa memberikan yang terbaik jika ingin lolos ke tahap selanjutnya.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply