Capek Kerja di Kantor? Atasi dengan Tips Ini!

Pekerjaan dapat dengan mudah menguras tenaga dan pikiran kamu. Walaupun, terkadang pekerjaan tidak selalu membutuhkan tenaga fisikmu tetapi pekerjaan dapat membuat kamu merasa capek kerja.

Terlebih lagi, sejak kemunculan pandemi yang membuat hampir semua pekerja harus bekerja dari rumah. Sehingga, dapat meningkatkan capek kerja secara signifikan.

Sangatlah umum, jika kamu sedang merasakan di posisi tersebut, terutama saat krisis pandemi dan kesulitan masih belum teratasi. Untuk mengatasi permasalahan capek kerja, kamu dapat menarik diri kamu sesaat sebagai pengalihan perhatian, agar energi kamu dapat terisi dengan baik melalui kegiatan positif berikut ini.

Lima Cara Mengatasi Capek Kerja

1. Lakukan Perubahan!

Ketika pekerjaan memberikan tekanan lebih dari biasanya, sehingga membuat kamu capek inilah saatnya untuk mengidentifikasi apa penyebabnya. Misalnya saja, kamu terlalu lelah karena shift yang panjang, begadang secara terus menerus, dan kurang nyenyak dalam tidur.

Setelah kamu mengetahui penyebab kelelahan saat bekerja, kamu dapat mulai untuk memberikan perubahan sekecil mungkin untuk mengurangi kelelahan dan mencegah kejenuhan.

Dengan tidur yang berkualitas, olahraga yang teratur dan makan makanan yang bergizi dapat berpengaruh pada hidup kamu. Walaupun terdengar sederhana dan tidak mungkin, tips ini bisa mulai kamu lakukan ya!

2. Mintalah Pertolongan

Tanpa kamu sadari, kamu sering melakukan terlalu banyak pekerjaan dengan beban yang banyak tanpa dukungan ataupun bantuan dari orang lain. Padahal, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan orang lain.

Mungkin saja kamu merasa khawatir dan tidak percaya diri untuk meminta bantuan atau dukungan karena kamu takut mendapatkan label tidak mampu dan lemah. Hal itu tidaklah benar, jika kamu terus memaksakan diri untuk melakukan semua pekerjaan seorang diri dengan ­deadline yang ketat maka kamu akan dengan mudah merasakan kelelahan.

Menerima bantuan orang lain dapat membantu diri kamu sendiri untuk bernafas sejenak. Karena, hal ini akan meningkatkan produktivitas kamu tanpa disadari.

3. Lakukan Hobi Kamu, Agar Tidak Capek Kerja!

Setelah melalui hari kerja yang panjang dan melelahkan, kamu mungkin akan kekurangan banyak energi untuk melakukan apapun. Namun, cobalah untuk meluangkan waktu sejenak pada kegiatan yang menyenangkan.

Menonton televisi atau bermain handphone mungkin terasa santai dan tidak memerlukan energi tambahan, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba mengikuti satu atau dua acara bersama teman.

Hal tersebut dilakukan untuk memberikan efek relaksasi pada tubuh dan pikiran kamu. Terlebih lagi, jika kamu menginginkan perasaan yang lebih segar, lakukanlah hobi kamu seperti berkebun, membaca buku, melukis atau berolahraga.

4. Buatlah Rencana Merawat Diri

Saat sedang merasakan tekanan secara emosional, kamu perlu memprioritaskan diri kamu sendiri. Karena, ketika kamu sedang merasa sehat dan bersemangat, kamu akan lebih mudah melakukan pekerjaan berat dan menekan perasaan negatif yang sering muncul saat kamu sedang merasa kelelahan.

Sudah seharusnya kamu memenuhi kebutuhan perawatan diri sendiri, untuk menghilangkan rasa capek kerja seperti mandi air panas, mendengarkan musik untuk meringankan pikiran, melakukan yoga atau meditasi untuk memberikan ketenangan batin.

5. Berbicara Bersama Teman

Menghadapi stress sendirian dapat membuat kamu merasa lebih buruk. Teman dan keluarga dapat menjadi pilihan untuk mengeluarkan emosional dan tekanan dengan saling berbagi.

Kamu juga akan mendapatkan dukungan dan motivasi dari mereka untuk tetap semangat saat bekerja.

Frista Kurniasari
Talented professional good multitasking, organizational and verbal and written communication skills. Expertise includes writing content on topics such as Lifestyle, Humanity, Education and Travel.

Related Articles

Leave a Reply