5 Kerja Online Untuk Fresh Graduate: Tips Jitu Diterima!

1
131
kerja online fresh graduate
© unsplash

Kerja online dapat menjadi alternatif untuk kamu yang baru menjadi fresh graduate tapi ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah.

Sebagai fresh graduate pasti ingin mendapatkan pekerjaan begitu lulus, bahkan ada yang sudah mengirim lamaran setelah sidang skripsi.

Tapi jangan khawatir, jika kamu belum mendapatkan pekerjaan tetap kamu dapat mencari kerja online sampingan, menjadi freelancer di situs freelancer Indonesia atau bahkan mendapatkan uang dari internet tanpa modal.

Kira-kira hal apa aja yang harus disiapkan oleh fresh graduate saat mencari kerja secara online agar dapat bersaing di tengah pandemi ini? Simak lima tips di bawah ini untuk menjadi senjata terbaik kamu bersaing saat mencari pekerjaan!

Persiapan Mencari Kerja Online

Tips Membuat Resume Yang Menarik

Resume menjadi tips yang harus diperhatikan oleh fresh graduate. Jika kamu sudah memiliki resume, maka kamu harus memperhatikan detail-detail dibawah ini agar resume kamu berhasil dilirik HRD. 

  1. Bikin resume sedetail dan semenarik mungkin, hindari poin-poin tidak penting seperti menulis pendidikan dari TK hingga kuliah. 
  2. Tonjolkan kemampuan organisasi kamu, hal-hal apa yang sudah pernah kamu capai sewaktu menjadi mahasiswa.
  3. Jika kamu fresh graduate yang pernah magang, maka hal ini menjadi nilai plus kamu buat kasih detail hal atau skill apa yang kamu dapatkan.
  4. Tulis dengan jelas bagian apa yang kamu kuasai di bagian skills software dan hardware, biar HRD punya pandangan seberapa mau kamu belajar.

Tips Mengirim Surat Lamaran Kerja

Kamu pasti diharuskan mengirim lamaran kerja secara online, hal ini mengharuskan kamu mengirim e-mail langsung ke HRD, jangan lupa terapkan poin-poin berikut ini ya, biar kamu mendapatkan panggilan interview!

  1. Jangan lupa untuk menulis subject di e-mail. HRD nggak akan mau buka e-mail kosong yang tidak memiliki subject dan body e-mail. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, kamu cukup menuliskan [Lamaran] Posisi_Nama agar lamaran kamu dipertimbangkan.
  2. Jangan lupa untuk tulis surat lamaran di body email. Kamu cukup menjelaskan nama kamu, dari mana kamu mendapatkan info lowongan, dan tonjolkan skill kamu agar kamu menjadi salah satu kandidat yang dipertimbangkan. Kamu juga harus mengirim e-mail dengan nama formal.
  3. Jangan kirim email dengan nama email akucantik@yahoo.com. Bisa-bisa langsung dihapus kotak masuk dari kamu loh.

Membangun Relasi Sesama Pencari Kerja

Menjalin hubungan relasi adalah hal yang penting. Kamu bisa mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan dari orang lain, kita tidak tahu akan mendapatkan rezeki darimana. Selain bergabung dengan group dari kampus, nggak ada salahnya kenalan dengan orang baru untuk mendapatkan relasi dan informasi! 

  1. Gabung komunitas pencari kerja di Telegram atau Line, kamu tinggal search Lowongan Pekerjaan di kolom search dan kamu sudah bisa diskusi masalah pekerjaan loh, bahkan kamu bisa menemukan lowongan kerja online dari group.
  2. Cari koneksi dari Linkedin, kamu bisa tambahin teman secara random atau kamu bisa tambah HRD dari Linkedin untuk mendapatkan info lowongan kerja online apa yang bisa kamu lamar kerja secara online.

Tingkatkan Kemampuan Melalui Webinar

Sebagai fresh graduate yang sedang mencari kerja online, penting banget untuk meningkatkan kemampuan kita dalam persaingan mencari kerja. Salah satu caranya yaitu dengan mengikuti webinar, short course atau pelatihan yang bisa kamu dapetin sertifikatnya. Dengan mengikuti pelatihan kamu bisa belajar banyak kemampuan baru yang bisa kamu jadiin salah satu cara mendapatkan penghasilan tambahan tanpa modal atau menjadi freelancer. Terbatasnya ruang gerak kamu sekarang, nggak akan bikin kamu menganggur lama kok selama kamu mau berkembang dan meningkatkan kemampuan lewat media belajar online.

Latihan Wawancara Kerja

Jika kamu sudah mengikuti tips di atas, kamu telah mempunyai tips untuk bersaing dalam mencari kerja. Langkah penting yang harus kamu lakukan adalah belajar berbicara di depan layar, karena proses rekrutmen saat pandemi kebanyakan dilakukan secara online. 

  1. Latihan komunikasi yang baik. Kamu bisa hidupin webcam dan rekam diri kamu saat sedang berbicara, eye contact itu penting! Walaupun kamu wawancara tidak tatap muka, kamu harus tetap memberikan kesan komunikasi yang baik!
  2. Pelajari tips dan trik pertanyaan yang biasanya ditanyakan, agar wawancara kamu berjalan lancar.

Update Sosial Media Kamu

Bukan rahasia umum lagi nih kalau HRD terkadang memeriksa sosial media kamu, bahkan ada yang di approach HRD lewat Linkedin! Ini mungkin waktu yang tepat buat bikin HRD tertarik sama kamu, dengan update Linkedin kamu lebih detail dan rapi agar kamu mendapatkan tawaran kerja online.

  1. Kalau kamu fresh graduate dan belum mempunyai pengalaman kerja, kamu bisa meminta tolong ketua organisasi yang pernah kamu ikuti untuk memberikan rekomendasi di Linkedin buat menonjolkan kontribusi yang pernah kamu lakukan.
  2. Jangan lupa masukin pelatihan dan sertifikat yang bisa jadi nilai tambah buat kamu. Biarpun menjadi fresh graduate di saat situasinya sedang sulit, bukan berarti kamu tidak bisa kerja online.

Banyak hal yang bisa kamu lakuin dengan segala keterbatasan seperti menjadi freelancer di situs website pencarian kerja atau kamu bisa mencari pekerjaan sampingan online. Jangan pernah malas untuk upgrade diri kamu ya!

Biarpun menjadi fresh graduate di saat situasinya sedang sulit, bukan berarti kamu tidak bisa kerja online loh. Banyak hal yang bisa kamu lakuin dengan segala keterbatasan seperti menjadi freelancer di situs website pencarian kerja atau kamu bisa mencari pekerjaan sampingan online. Jangan pernah malas untuk upgrade diri kamu ya!

1 COMMENT

Leave a Reply