8 Tips Menjadi Produktif Saat Kerja Dari Rumah!

Kerja dari rumah mungkin terdengar mudah dan menyenangkan, tetapi belum banyak orang tau fakta yang sebenarnya. Bekerja dari rumah sebenarnya sangat sulit, melelahkan dan dapat dengan mudah mengalihkan konsentrasi kamu.  

Di negara lain, bekerja dari rumah bukan hal yang baru lagi, mereka sering melakukannya dan telah terbiasa. Tetapi, ketika kerja dari rumah mulai diterapkan di Indonesia sejak kemunculan pandemi, banyak sekali orang yang kaget dan sulit beradaptasi.  

Mulai dari kurangnya konsentrasi, tidak bisa berfokus dengan pekerjaan, tiba-tiba menjadi overworking yang disebabkan oleh jam kerja yang tidak pasti dan merasa kesepian. Tantangan inilah yang bisa menurunkan produktivitas kerja seseorang.  

Jadi, jika kamu newbie dalam bekerja di rumah dan merasa kesulitan untuk beradaptasi dengan keadaan, kamu bisa mencoba melakukan 7 tips menjadi produktif saat bekerja dari rumah! 

Tips Kerja Dari Rumah Agar Tetap Produktif 

1. Bangun Lebih Awal dan Relax! 

Walaupun kamu sedang bekerja dari rumah dan tidak pergi ke kantor keesokan harinya, cobalah untuk menghindari tidur telat. Pastikan kamu mempertahankan jam tidur kamu agar dapat bangun lebih awal dan sisihkan waktu setidaknya 15 menit di pagi hari untuk bermeditasi.  

Untuk mengawali hari agar pekerjaan kamu menjadi lebih produktif adalah pikiran yang relax dan tenang, maka dari itu meditasi menjadi pilihan yang baik. 

2. Gunakan Pakaian Yang Lebih Kasual 

Baju piyama dan t-shirt adalah kombinasi outfit yang pas saat sedang di rumah. Kamu tidak perlu menggunakan pakaian kantor yang formal. Tetapi, tahukah kamu jika pakaian punya peran penting untuk meningkatkan semangat dan produktivitas kamu saat bekerja? Kamu bisa mencoba untuk memilih pakaian yang belum pernah kamu pakai ke kantor, misalnya saja yang lebih kasual.  

3. Perhatikan Ruang Kerja Kamu! 

Jika kamu merasa tidak semangat, kurang konsentrasi atau bahkan tidak semangat saat bekerja dari rumah, coba perhatikan tempat kerja kamu. Lingkungan tempat kamu bekerja sangat berpengaruh pada produktifitas kerja kamu nantinya. Bagaimana kamu bisa fokus bekerja jika meja kerja kamu berantakan atau ruang tidur yang tidak rapi?  

Tips untuk semangat bekerja adalah dengan memiliki ruang kerja yang rapi, bersih dan menyenangkan. Buatlah senyaman mungkin hingga kamu benar-benar serius bekerja, bukan bersantai saja di rumah. 

4. Jangan Pernah Melewatkan Makan Siang 

Tentunya, hampir semua orang pernah merasakan hal ini, perasaan tidak mood beraktivitas saat menjelang sore hari. Hal itu sangat menguras tenaga serta mempengaruhi produktivitas kerja seseorang.  

Ini bisa menjadi salah satu tanda bagi kamu untuk memperhatikan jam makan siang kamu. Jika kamu melewatkan makan siang saat sedang sibuk bekerja, maka kamu bisa saja mendadak lesu, tidak bersemangat dan tidak konsentrasi pada pekerjaan kamu. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan untuk melakukan recharge saat makan siang, walaupun kamu sedang bekerja dari rumah, ya! 

5. Selalu Mengecek Email Kamu 

Salah satu hal yang paling penting bagi karyawan di tempat kerja adalah saling berkoordinasi, misalnya saja membangu hubungan dengan rekan kerja dan atasan saat bekerja dari rumah merupakan sebuah keuntungan. 

Oleh karena itu, walaupun kamu sedang tidak bekerja di kantor, selalu mengecek email di pagi hari merupakan suatu kewajiban, agar koordinasi yang terjalin tidak terputus. Hal ini dilakukan juga untuk mencegah adanya miskomunikasi. 

6. Susun Jadwal Rutin 

Menulis jadwal pekerjaan yang akan dilakukan keesokan harinya dapat menghindarkan kamu dari masalah dan stress. Pasalnya, ketika kamu sedang bekerja dari rumah, kamu tidak memiliki jam kerja. Bahkan, kamu dapat merasa sedang bekerja sepanjang hari.  

Agar tidak terjadi kekacauan dan pekerjaan kamu dapat sesuai dengan tenggat waktu, sangat penting untuk memiliki jadwal rutin per harinya. Kamu bisa membuatnya di malam hari, menyusun kegiatan yang akan dilakukan keesokan harinya dan jangan lupa memberikan jeda.  

Melakukan jede di sela-sela pekerjaan akan mempertahankan produktivitas kamu hingga sore hari. 

7. Minimalkan Distraksi dan Berikan Online Limit

Jika sebagian besar pekerjaan kamu menggunakan laptop atau komputer yang terhubung dengan internet, besar kemungkinan kamu akan dengan mudah teralihkan perhatiannya dengan sosial media. Bahkan, hal ini dapat mengurangi kefokusan kamu dalam bekerja serta kehilangan produktivitas.  

Salah satu cara menghindari hal tersebut adalah dengan mengecek sosial media kamu sebelum bekerja dan pada waktu istirahat saja. Ketika sudah waktunya bekerja, kamu harus konsisten untuk menutup semua tab dan situs web yang tidak terkait dengan pekerjaan.  

8. Berikan Waktu Istirahat 

Bekerja dari rumah dapat memberikan kamu jam kerja yang lebih fleksibel, tetapi jika kamu terus-menerus menganggap remeh saat kerja di rumah, kamu akan lebih sulit untuk menyelesaikan kegiatan lainnya. Bahkan, kamu bisa saja tidak menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. 

Cobalah untuk memastikan kamu memiliki jam kerja, misalnya saja ketika kamu bekerja selama 8 jam, sisipkan jam istirahat atau “break” selama 3 jam atau 2 jam untuk melakukan kegiatan lainnya. 

Bekerja dari rumah membutuhkan disiplin yang ketat. Jika kamu baru beradaptasi dengan sistem bekerja online, cobalah untuk mendapatkan flow kerja yang nyaman. Kuncinya hanya menjaga keseimbangan antara bekerja dan beraktivitas. Jangan lupa untuk memberikan perhatian kepada diri sendiri.  

Jika kamu merasa jenuh dan tidak fokus lagi, kamu dapat beristirahat sejenak, terlebih lagi jika kamu menginginkan sensasi nikotin di sela-sela pekerjaan kamu. VELO dapat menjadi alternatif yang paling pas nih buat kamu pengguna produk nikotin yang sudah berusia 18 tahun, bukan perempuan hamil atau menyusui. Selain tersedia dengan berbagai macam varian, VELO juga sangat mudah untuk digunakan. Cukup selipkan di bagian gusi atas dan bibir, kamu sudah bisa merasakan sensasi nikotin dengan cara yang unik. 

Frista Kurniasari
Talented professional good multitasking, organizational and verbal and written communication skills. Expertise includes writing content on topics such as Lifestyle, Humanity, Education and Travel.

Related Articles

Leave a Reply