Tips Budgeting Super Hemat Untuk Para Backpacker ke Thailand

Bagi para traveler, Thailand menjadi salah satu destinasi yang wajib di kunjungi. Negara ini merupakan destinasi wisata termurah dari semua negara yang ada di Asia Tenggara. Nggak heran banyak yang ingin mencoba jadi backpacker ke Thailand. 

Kamu salah satunya? Yuk, simak tips budgeting super hemat untuk melancong ke negara Gajah Putih

  1. Tiket Pesawat

Source: Freepik

Jika ingin backpacker ke Thailand, hindari musim-musim puncak liburan. Harga tiket biasanya lebih mahal ketika pertengahan tahun saat musim panas atau pergantian tahun. Selain itu, pesan tiket jauh-jauh hari dan jangan lupa rajin cari promo ya! Harga tiket termurah PP dari Jakarta ke Bangkok hanya Rp1,4jutaan saja, tergantung dari maskapai yang kamu pilih. Kamu juga bisa “mampir” dulu ke Singapura atau ke Kuala Lumpur kalau mau.

  1. Penginapan

Source: lonelyplanet.com

Setelah tiket pesawat, budget terbesar yang harus kamu siapkan saat liburan adalah penginapan. Tidak jarang harga penginapan lebih mahal dibandingkan harga pesawatnya. Namanya juga backpacker, pilih penginapan murah yang harganya mulai dari Rp76 ribu per malam.

Beberapa rekomendasi kawasan penginapan murah dan nyaman di Thailand antara lain adalah Khao San Road (mulai dari harga Rp90ribuan), Sukhumvit (dekat dengan subway dan MRT), Mo Chit (dengan dekat bus stop), dan Silom Bangkrak (rapih dan luas, mulai dari harga Rp180ribu per malam).

  1. Transportasi

Source: tripadvisor.in

Selama berada di Thailand, kamu juga harus berpikir bagaimana kamu bisa pergi dari satu tempat ke tempat yang lain. Dari bandara menuju penginapan atau pusat kota, kamu bisa mengendarai Airport Rail Link. Alternatif lainnya adalah bus atau taksi, tapi harganya jauh lebih mahal.

Transportasi andalan di Bangkok adalah SkyTrain, dimana kamu bisa melihat keindahan kota dari ketinggian. Tarifnya sangat terjangkau, mulai dari Rp6ribuan sampai Rp20ribuan. Kamu juga bisa mengendarai MRT yang beroperasi mulai dari jam 6 pagi hingga jam 12 malam. Pilihan lainnya adalah bus yang bisa mengantarkan kamu hingga ke destinasi wisata yang kamu inginkan.

Mumpung di Thailand, jangan lupa coba naik Tuk-Tuk, kendaraan yang bentuknya mirip bajaj di Jakarta.

  1. Makanan

Source: travelmanagers.com.au

Soal makanan, Thailand adalah surganya makanan murah dan enak. Makanan yang kamu beli di kaki lima pinggir jalan rasanya nggak kalah lezat dengan di restoran! Sekali makan, kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp10ribu sampai Rp25ribu saja. Dalam sehari, kamu cukup mempersiapkan budget Rp100ribu untuk makan. Murah banget kan?

  1. Tujuan Wisata

Source: lonelyplanet.com

Hal terpenting bagi backpacker ke Thailand tentu saja adalah tempat-tempat yang ingin didatangi. Kalau kamu ingin mendatangi landmark seperti kuil Wat Arun dan Wat Pho, cukup siapkan uang Rp25ribu sampai Rp50ribu saja. Sedangkan jika kamu ingin berkunjung ke Grand Palace, harga tiket masuknya cukup mahal, yakni Rp250ribu.

Di Thailand juga banyak destinasi wisata gratis kok. Sebut saja seperti Asiatique The Riverfront, Bangkok Art & Culture Center, Khaosan Road, Suan Rot Fai, Museum of Counterfeit, dan Wat Mahathat.

Saat bepergian di negara orang, kamu harus bisa menjaga nama baik bangsa sendiri. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kenyamanan sesama turis dan penduduk lokal. Hindari merokok di depan umum karena asapnya bisa mengganggu orang di sekitarnya.

Kalau kamu lagi di tempat yang gak boleh ngerokok, kamu tetep bisa kok merasakan sensasi nikotin tanpa asap dan bau. VELO, kantong nikotin pertama di Indonesia, yang ditujukan buat kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui.

VELO adalah produk berstandar food grade yang aman untuk digunakan, kapan saja dan di mana saja. Tinggal pop, set, go! Cukup selipkan di antara bibir dan gusi atas, sensasinya bakal kerasa hingga setengah jam. Tidak menimbulkan asap sehingga kamu tidak perlu khawatir akan mengganggu kenyamanan orang di sekitar.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply