7 Tips Belajar Ukulele Paling Mudah Bagi Pemula, Apa Saja?

Bisa bermain Ukulele mungkin menjadi hal yang menyenangkan bagi kita. Meski alat musik ini identik dengan musik keroncong, namun di kalangan anak muda permainan Ukulele cukup banyak digemari. Bahkan akhir-akhir ini banyak anak muda yang mulai tertarik dan ingin belajar Ukulele. Entah itu hanya untuk menghibur diri, mengisi waktu luang, atau memang untuk mengasah bakat musik yang dimiliki.

Bermain Ukulele mungkin terasa sangat sulit bagi sebagian orang. Namun tidak ada hal yang sulit kalau kamu mau belajar terus. Nah, buat kamu yang ingin belajar bermain Ukulele. Ada cara paling mudah nih yang bisa kamu coba. Penasaran? Yuk, simak tipsnya berikut ini:

1.     Pilih jenis Ukulele yang tepat

Ada jenis-jenis Ukulele yang harus kamu perhatikan sebelum kamu membelinya. Ini sangat penting untuk menunjang keberhasilan mu dalam bermain Ukulele nantinya. Selain itu, kamu juga bisa pilih merek/brand Ukulele dengan kualitas terbaik.

2.     Pelajari cara memegang Ukulele

Meski terlihat sepele dan sering dihiraukan, namun hal ini bisa membiasakan posisi kamu dalam memainkan Ukulele nantinya. Bermain Ukulele bisa dilakukan dengan posisi duduk maupun berdiri. Saat kamu bermain Ukulele sambil duduk, maka letakkan posisi Ukulele di salah satu kaki kamu. Pegang Ukulele dengan tangan kiri dan biarkan tangan kanan kamu menggenjreng senar Ukulele dengan leluasa.

Sedangkan, jika kamu bermain Ukulele sambil berdiri. Kamu bisa memposisikan Ukulele tepat di bagian dada karena bentuknya yang lebih kecil. Pegang dengan tangan kiri dan tangan kanan menggenjreng.

3.     Pelajari kunci dasar Ukulele

Buat yang baru pertama kali belajar Ukulele, kamu bisa mempelajari kunci dasar Ukulele terlebih dahulu. Jika kamu sudah mahir bermain gitar, mungkin mempelajari kunci dasar Ukulele akan terasa lebih mudah. Namun, jika belum bisa, kamu bisa mempelajarinya lewat kunci dasar Ukulele.

4.     Lakukan senam jari

Setelah kamu mempelajari kunci dasar Ukulele, kamu bisa lakukan senam jari agar jari-jarimu makin lincah memainkan senar. Perpindahan jari yang cepat bisa kamu latih dengan trik yang satu ini. Semakin kamu sering bermain, maka jari-jarimu akan terbiasa untuk berpindah-pindah dari satu kunci ke kunci yang lain.

5.     Coba mainkan lagu baru setiap saat

Selain menghafal kunci dasar Ukulele, biar permainanmu makin lincah. Kamu bisa mencoba memainkan lagu baru setiap saat. Jika satu lagu sudah kamu kuasai, cari lagu yang lain dengan kunci yang berbeda. Dengan sering memainkan satu lagu sampai selesai, maka permainan Ukulele mu bisa semakin bagus untuk didengar.

6.     Mainkan Ukulele sambil mendengarkan musik aslinya

Sebenarnya, banyak cara yang bisa kamu lakukan saat belajar Ukulele. Dan ini salah satunya! Kamu bisa memainkan Ukulele sambil mendengarkan musik aslinya. Cara ini bisa melatih kamu agar lebih mudah mengikuti ritme musik aslinya. Biar permainanmu tidak asal-asalan.

7.     Rekam permainanmu, biar kamu bisa mengoreksi kesalahan mu

Saat kamu mulai lincah memainkan Ukulele, boleh kamu coba untuk merekam permainanmu. Coba rekam, dengar, lalu koreksi dimana kesalahan yang harus kamu perbaiki.

Sembari bermain Ukulele, kamu juga bisa nih merasakan sensasi VELO kantong nikotin bebas tembakau, tanpa asap, dan tanpa bau. Cara yang sangat praktis buat kamu yang nggak suka ribet! Cukup ambil 1 kantong VELO, letakkan di antara gusi dan gigi atas, rasakan sensasinya 20 – 30 menit. Dapat dikonsumsi usia 18 tahun atau lebih, bukan perempuan hamil atau menyusui. Banyak varian rasa yang bisa kamu pilih!

Elya
Seorang penulis blog yang sudah berkecimpung sejak tahun 2014 sampai sekarang.

Related Articles

Leave a Reply