Daftar Tim Esport Indonesia, Kita Siap Melawan Dunia!

Tim esport Indonesia sejatinya tidak dapat dipandang sebelah mata begitu saja. Di kawasan Asia Tenggara, Indonesia bahkan sudah membuktikan lewat perolehan medali di ajang SEA Games tahun 2019 lalu untuk cabang olahraga elektronik yang satu ini.

Kemudian untuk kancah dunia, tim esport dari nusantara juga berhasil meraih trofi di turnamen bergengsi tingkat internasional. Sebut saja EVOS yang berhasil merengkuh tempat pertama pada M1 World Championship 2019.

Dan masih banyak lagi tim gahar seperti RRQ, BTR, BOOM, ONIC. Untuk selengkapnya, kita akan bahas sama-sama tim terbaik yang mampu bersaing di kancah dunia. Langsung simak aja yuk! 

EVOS

Tim yang cukup dikenal di tanah air, sekaligus beberapa kali mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah dunia, EVOS eSport. Tim ini memiliki banyak pemain profesional yang terbagi ke dalam beberapa cabang game. Hampir seluruh game eSport selalu ada tim EVOS.

Bahkan, sekarang EVOS juga ada di negara Vietnam dan Singapura. Tim ini berkembang begitu pesat, apalagi dengan basis penggemar yang cukup besar. Salah satu pencapaian yang bisa dilihat antara lain: Runner Up MPL Season 1 dan Juara Pertama MPL Season 2 untuk kategori game Mobile Legends.

Ada pun beberapa kategori lain yang juga pernah dijuarai oleh EVOS, yakni Free Fire World Cup (Juara Dunia), AOV Star League Season 1 & 2 (Juara 1), ESL Indonesia Championship, dan beberapa ajang Dota 2 di kancah internasional juga menjadi turnamen yang rutin diikuti.

RRQ

Nama besar RRQ juga tak bisa dikesampingkan di kancah esport tanah air. Rex Regum Qeon, kepanjangan dari nama RRQ, juga turut menyumbang sederet prestasi baik di kompetisi domestik maupun internasional. Tim ini termasuk yang paling awal dalam kancah game online.

Sewaktu jaman Dota 1 masih dimainkan, alias Dota All Star Indonesia, RRQ sudah menjadi tim favorit juara. Disusul dengan perubahan game menjadi Dota 2, lalu merambat ke cabang game yang lain seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, Free Fire, AoV, hingga Auto Chess.

Sejauh ini, RRQ juga punya tim baru di negara tetangga, Thailand. Dalam cabang Mobile Legends, RRQ bahkan menggandeng tim sepak bola PSG sebagai partner.

BTR

Bigetron atau yang kerap disebut sebagai BTR, juga perlahan tapi pasti menunjukkan taji. Keseriusan tim ini juga membuahkan hasil yang manis di kompetisi domestik maupun manca negara.

Salah satu yang paling baru adalah menjadi Juara Dunia di ajang PUBG Mobile Club Open (PMCO) Fall Split Global Final pada tahun 2019 silam. Tim ini juga konsisten bersaing di papan atas kompetisi nasional di berbagai cabang. Mulai dari Mobile Legends, PUBG Mobile, Free Fire, hingga AoV.

ONIC

Tim esport Indonesia berikutnya yang tidak kalah menarik untuk diikuti adalah ONIC. ONIC ini awalnya fokus pada game Mobile Legends. Hingga akhirnya mereka berhasil merengkuh tempat sebagai Juara Pertama di ajang MPL ID Season 3 mengalahkan tim RRQ di babak final.

Tidak hanya kompetisi domestik, ONIC Esport juga berhasil menjadi juara pertama di ajang Mobile Legends tingkat Asia Tenggara pada pagelaran MSC tahun 2019 silam. Juga, ONIC berhasil menempati urutan pertama di ajang Piala Presiden 2019.

Sekarang, ONIC juga mulai mengembangkan cabang olahraga lainnya seperti PUBG Mobile. Menarik untuk ditunggu apakah mereka dapat berkembang dan bersaing di papan atas seperti layaknya Mobile Legends.

BOOM

Last but not least, ada tim BOOM yang juga tidak kalah menariknya. Tim ini awalnya fokus pada permainan Dota 2. Mereka berhasil mencatatkan prestasi gemilang seperti menjadi Juara Pertama di ajang ESL Championship pada tahun 2019 silam.

Belum lagi di kancah internasional, BOOM ID juga selalu lolos pada turnamen bergengsi seperti Dota 2 International 2019 Asia Tenggara, The Bucharest Minor, StarLadder Dota 2, dan masih banyak lagi. Lewat pencapaian ini, akhirnya BOOM juga melebarkan sayap ke game lain seperti CSGO, Free Fire, hingga Mobile Legends.

Yaps, itu dia tadi beberapa nama besar yang menghiasi kancah tim esport di Indonesia. Tentu akan masih ada banyak nama lainnya yang tidak kalah menariknya. Namun yang penting adalah sportifitas, sekaligus bermain game sebagai pelepas penat yang dapat dimainkan oleh siapa saja.

Termasuk kamu dan teman-teman ketika nongkrong bersama di akhir pekan. Tapi jika kamu tidak suka dengan bau dan asap rokok, dapat mencoba alternatif baru yakni kantong VELO. Sebuah kantong nikotin yang ditujukan untuk kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, yang dapat digunakan kapan saja dan di mana saja.

Ifan Prasya
Karena belajar bisa dari mana aja.

Related Articles

Leave a Reply