Tips Aman Belanja Baju Bekas di Thrift Shop Online

Koleksi baju bekas dari thrift shop dan preloved (PL) belakangan sedang menjadi tren. Untuk bisa mendapatkan barang terbaik, kita butuh ketelitian dan sejumlah tips khusus sebelum membeli baju bekasーterutama saat belanja di thrift shop online.

Thrift merupakan istilah yang identik dengan barang bekas atau seken yang berasal dari luar negeri termasuk juga baju. Sedangkan preloved merupakan istilah yang melekat pada koleksi busana yang dipakai pribadi dan kemudian dijual kembali.

Kini, istilah thrift shop dan preloved sama-sama banyak digunakan online shop maupun pecinta mode untuk untuk busana yang pernah dimiliki oleh orang lain. Koleksi thrift shop dan preloved sangat beragam mulai dari blus, atasan, tank top, dress, luaran rajut, jaket, celana, dan rok.

Setiap thrift shop online memiliki spesialisasi dan keunikan masing-masing. Barang-barang thrift pun umumnya merupakan keluaran label ternama yang dijual dengan harga murah dibandingkan koleksi baru.

Harga baju thrift dan preloved biasanya dimulai dari Rp5 ribu hingga ratusan ribu. Kita bisa mendapatkan koleksi baju yang masih bagus, layak pakai, branded, dan dengan harga yang sangat murah, jika beruntung menggunakan baju thrift dan preloved juga ikut mendukung program sustainable fashion yang sedang ramai digaungkan. Berikut tips dan pertimbangan saat membeli baju bekas di thrift shop online:

Ukur Tubuh dengan Detail

Thrift Shop Online
Source: The Balance Small Business

Karena online thrifting kamu tidak bisa melihat dan mencoba pakaiannya langsung, jadi pastikan kamu mengukur tubuh kamu terlebih dahulu dan sedetail mungkin, misalkan lingkar dada, lingkar bahu, panjang baju, lingkar pinggang, lingkar pinggul, panjang celana, dan lainnya.

Biasanya penjual juga melampirkan detail ukurannya di keterangan pakaiannya jadi bisa langsung kamu sesuaikan dengan ukuran tubuh kamu sendiri agar bisa kamu gunakan dengan nyaman. 

Cari Tahu Info Seputar Akun Penjual

Source: ESAN

Banyak akun yang menjual baju-baju thrifting dan tidak banyak juga penjual palsu yang menggunakan foto pakaian orang lain kemudian ia jual kembali dengan harga yang jauh lebih affordable.

Pastikan kamu cari tahu terlebih dahulu tentang akun penjual tersebut apakah termasuk penjual yang trusted atau bukan. Jangan termakan harga yang murah tapi pastikan akun penjual tersebut memang asli dan trusted. 

Cek Penilaian dari Pembeli Lain

Source: MRBTA – Margaret River

Pastikan kamu melihat review atau penilaian dari pembeli lain, dari semua review yang diberikan apakah mereka puas dengan kualitas barang yang didapatkan atau tidak.

Kamu juga bisa membandingkan penilaian antara 1 pembeli dengan pembeli lainnya dan sesuaikan dengan selera penilaian kamu, jadi ekspektasi baju yang akan dibeli sesuai dengan yang kamu pikirkan berdasarkan dari penilaian orang lain. 

Perhatikan Kualitas dan Detail Pakaian

Source: Makmood Publishing

Jangan terlalu terburu-buru dalam menentukan pakaian yang ingin kamu beli. Baca baik-baik deskripsi dari pakaiannya terutama detail pakaiannya, karena pakaian thrifting kamu juga harus perhatikan apakah ada reject seperti sobek, bolong, kancing hilang atau lainnya. Biasanya jika ada case seperti itu, penjual akan menjelaskannya dideskripsi pakaiannya dan pastikan kamu membaca dengan teliti. 

Siap Bersaing dengan Pembeli Lain

Source: The Conversation

Salah satu yang terpenting adalah persaingan antar pembeli. Siapkan waktu dan kecepatan kamu saat order pakaian yang diincar. Biasanya penjual akan memberikan detail waktu open order untuk kamu bisa memesan pakaian.

Perhatikan waktu open order yang sudah diberikan oleh penjual. Pastikan kamu mengirim gambar terlebih dahulu dan saat waktu open order kamu bisa mengirimkan format pembelian dan berebut dengan pembeli lain. Perhatikan juga syarat dan ketentuan yang diberikan setiap penjual. 

Jangan lupa ikuti terus update info menarik lainnya bersama VELO! Kantong nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia yang bisa dinikmati kapan saja dan tanpa ribet!

Tersedia dalam aneka varian rasa unik seperti Berry Frost, Tropic Mix, Polar Mint, dan Ruby Berry. VELO adalah kantong nikotin pertama di Indonesia yang ditujukan untuk kamu yang sudah 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, yang menawarkan cara baru menikmati nikotin yang lebih praktis, kapan saja dan dimana saja.

Tidak menimbulkan asap sehingga kamu tidak perlu khawatir akan mengganggu kenyamanan orang di sekitar. Bahkan di sela-sela aktivitasmu yang padat, kamu tetap bisa bebas menikmati kantong nikotin ini.

Hengky
For the last few years, Hengky living as a digital nomad and currently settled in Denpasar. As a writer, he is interested in a certain topic such as pseudoscience, culture, art, and lifestyle.

Related Articles

Leave a Reply