5 Thrift Shop Bandung Terbaik untuk Berburu Barang Vintage

Sejak lama Kota Bandung sudah menjadi salah satu tujuan wisata belanja terpopuler di Indonesia—terutama untuk kategori fesyen. Pilihan belanjanya pun lumayan bikin bingung, karena banyak sekali “ladang berburu” barang-barang murah berkualitas mulai dari sentra industri, grosir dan ritel berskala kecil hingga besar, mal, shopping street, shopping centre, butik, hingga town square. Lebih dari itu, thrift shop Bandung juga enggak kalah kompetitif.

Nah, dalam artikel ini VELO akan membahas seputar 5 thrift shop terbaik di Kota Bandung untuk berburu barang-barang vintage. Tanpa perlu basa-basi, langsung saja kamu simak daftarnya:

1. Cimol Gedebage, Legenda Thrift Shop se-Bandung Raya

thrift shop Bandung
Source: KASKUS

Nama “Gedebage” sudah sangat tersohor di kalangan pelancong. Gedebage adalah pasar legendaris di Kota Bandung yang menghadirkan komoditi fesyen bekas yang unik dan anti-mainstream. Kita juga bisa menemukan berbagai jenis outfit dari berbagai brand dunia. Mulai dari pakaian kasual, dress, jas, sepatu, tas, aksesoris, dompet, berbagai jenis topi, mantel, kemeja vintage, jaket kulit, dan masih banyak lagi.

Thrift shop ini sudah berdiri sejak awal 1990 ketika para pedagang emperan mulai berjualan pakaian bekas untuk pertama kalinya di sepanjang Jalan Cibadak. Namun, pada tahun 2000-an lokasinya pindah ke Gedebage. Pada masa kejayaannya, Cimol Gedebage merupakan lokasi berburu produk fesyen favorit anak muda, sampai-sampai mengalahkan pamor butik atau distribution store sekalipun.

Disana terdapat ratusan outlet thrift shop yang menjual berbagai produk fesyen dengan harga murah, dan tentunya masih bisa ditawar lagi. Tapi, pastikan untuk teliti sebelum membeli, periksa setiap detail kain, jahitan, kain, dan kancing. Kalau kamu cukup beruntung, kamu bisa menemukan “harta karun” bernilai tinggi yang dijual murah di tempat ini.

2. BABE Bandung

thrift shop Bandung
Source: Graha Nusantara

Nama “BABE” sendiri adalah singkatan dari Barang Bekas. Lokasinya mudah dijangkau karena terletak di tempat strategis, tepatnya di RE Martadinata, Cihapit, Bandung, Jawa Barat.

Jika dilihat dari penampakan, tidak ada yang mengira bahwa bangunan ini adalah toko barang bekas. Pun jika kamu menengok ke dalam, tokonya bersih, desain modern, dan barang dagangan tertata sangat baik dan rapi. Kesan ‘barang bekas’ seolah sirna dari penglihatan.

Barang yang dijual di Babe Bandung cukup variatif, mulai dari fashion, furniture, alat musik, barang antik, hingga alat pancing. Meski barang bekas, kondisi barang sangat bagus bahkan terlihat seperti baru.

Bangunan Babe cukup luas, terdiri dari 2 lantai. Di lantai pertama, kamu akan menjumpai aneka tas wanita, jaket kulit, kacamata, jam tangan, aneka pecah belah, alat pancing, alat musik, furniture, perlengkapan olahraga, dan sebagainya.

Sedangkan di lantai 2 yang berbentuk mezanin, di situ ada display aneka pakaian anak-anak, wanita, dan pria. Juga ada sepatu, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Untuk barang berukuran kecil, seperti dompet, kacamata, dan jam tangan disediakan rak khusus menempel di tembok. Untuk harga barang dijual mulai dari puluhan ribu hingga jutaan.

3. Pasar Nostalgia Batununggal

Source: Pikiran Rakyat

Dari namanya saja sudah cukup menegaskan tipikal barang yang dijual di pasar ini. Pasar yang terletak di dalam Pasar Modern Batununggal ini disebut-sebut sebagai pasar barang antik terbesar di Indonesia. Pasar Nostalgia ini baru diresmikan pada Mei 2017 lalu. Baru satu tahun usianya.

Ada 60 kios pedagang yang menjual berbagai jenis barang antik di pasar tersebut. Mulai dari alat musik, barang-barang elektronik, bahkan hingga mebel. Untuk urusan harga, barang-barang thrift shop Bandung ini dijual dengan harga yang bervariasi. Yang jelas, enggak perlu khawatir bikin kantong kering!

4. Pasar Antik Cikapundung

Source: Bandung Diary

Kilau lampu, detak jarum jam yang tak begitu terdengar, susunan keramik, dan ornamen-ornamen lawas lainnya berjejer dan tertata rapi di lorong Pasar Barang Bekas dan Antik Cikapundung. Kalau kamu sedang beruntung, kamu bakal menyusuri lorong itu diiringi alunan musik blues dan jazz.

Kamu bisa bertemu memorabilia itu di pasar yang berada di Cikapundung Electronic Center, Lantai 3. Diresmikan sejak 2012, pasar ini menyediakan berbagai barang lawas yang kamu inginkan.

Mulai dari jam weker ayam, furnitur lawas, kamera lawas, dan berbagai barang lainnya. Di sini juga ada SubStore, toko bagi muda-mudi hype masa kini yang siap menjajakan barang-barang hobimu. Ada kaset, vinyl, buku bekas, hingga kopi sekalipun.

5. Sep Antique

Source: Sinar Surya News

Berdiri sejak tahun 2000, toko barang antik yang terletak di Jalan Astana Anyar ini kerap menjadi langganan kolektor benda-benda antik. Nama tokonya Sep Antique. Walaupun bangunannya cukup sederhana, tempat ini dipenuhi barang-barang vintage seperti radio, lampu, keramik, sendok besi, telepon jadul, aneka lampu klasik, hingga piring dan teko masa lampau yang khas. 

Thrift shop Bandung ini sangat direkomendasikan buat kamu yang sedang berburu benda-benda antik untuk melengkapi dekorasi cafe, bengkel kreatif, atau pajangan pribadi di rumah. Untuk masalah harga, kita bisa nego langsung dengan pemiliknya.

Nah, itulah beberapa rekomendasi thrift shop Bandung untuk berburu barang vintage. Jangan lupa ikuti terus update info menarik seputar thrift shop lainnya bersama VELO! Kantong nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia, VELO ditujukan untuk kamu yang sudah 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, yang bisa dinikmati kapan saja, tanpa asap, dan tanpa ribet!

Tersedia dalam aneka varian rasa unik seperti Berry Frost, Tropic Mix, Polar Mint, dan Ruby Berry. Produk nikotin ini dikhususkan untuk pengguna berusia 18 tahun ke atas, tidak sedang hamil atau menyusui, dan bisa menyebabkan kecanduan.

Henki Taher
For the last few years, Hengky living as a digital nomad and currently settled in Denpasar. As a writer, he is interested in a certain topic such as pseudoscience, culture, art, and lifestyle.

Related Articles

Leave a Reply