Ternyata Nggak Sulit, Yuk Belajar 7 Cara Membuat Podcast yang Menarik!

Jangan hanya jadi pendengar, jika kamu adalah orang yang kreatif, kenapa tidak coba bikin podcast sendiri? Dalam artikel ini, kamu akan menemukan bagaimana cara membuat podcast yang menarik.

Belakangan ini, podcast menjadi salah satu tempat favorit kaum muda untuk mendapatkan informasi. Yuk, simak apa saja yang perlu kamu lakukan untuk membuat podcast.

1. Bahas hal-hal yang kamu sukai

Hal ini mungkin terdengar klise, tapi ini penting sekali lho. Kamu tidak perlu ikut-ikutan tren yang ada atau sedang populer. Pilih salah satu genre atau niche yang kamu sukai untuk dibahas dalam podcast-mu.

Jika kamu menguasai topik yang kamu bicarakan, maka para pendengar juga akan nyaman dan betah mendengarkanmu.

2. Fokus pada target pendengar

Kamu tidak bisa membuat podcast yang disukai oleh semua orang. Inilah pentingnya menentukan target pendengar. Untuk siapa kamu membuat podcast? Mereka yang berusia 20-an? Mereka yang bekerja di bidang tertentu atau menyukai hal tertentu?

Ini akan membantumu untuk menentukan genre podcast, juga topik apa yang akan kamu bahas di setiap episode podcast. Yang tidak kalah penting, buat cerita yang mengandung makna dan bermanfaat bagi mereka yang mendengarkanmu.

3. Bikin intro yang catchy

Intro atau pembuka yang menarik adalah identitas kedua untuk podcast-mu selain nama yang mudah diingat. Kamu bisa menyiapkan instrumen khusus hingga jargon atau sapaan khas untuk para penggemar.

Ingat bahwa pembuka adalah momen yang sangat menentukan bagimu. Jika kamu tidak bisa membuat pendengar terkesan pada 1 sampai 2 menit pertama, mereka akan sangat mudah merasa bosan mendengarkan siaranmu sampai selesai.

4. Jalin komunikasi dengan para pendengar

Meski podcast adalah siaran yang bersifat satu arah, kamu tidak boleh mengabaikan pendengarmu. Sesekali, gunakan kalimat tanya agar mereka bisa merasa lebih “nyambung” dengan apa yang sedang kamu ceritakan.

Selain itu, kamu juga bisa meminta saran dan masukan yang membangun untuk podcast-mu. Mungkin ada topik tertentu yang mereka ingin dengarkan, maka pastikan kamu mampu mengakomodasinya!

5. Jangan keluar dari genre dan topik bahasan

Terkadang keasyikan bicara membuat kita lupa dengan topik yang sedang dibahas. Ini dia yang tidak boleh kamu lakukan saat membuat podcast. Meski obrolan yang mengalir lebih enak didengar, pastikan kamu sudah menyiapkan script atau outline pembicaraan untuk memastikan kamu tetap fokus pada apa yang kamu bicarakan.

6. Datangkan bintang tamu

Podcast akan jadi lebih menarik jika ada bintang tamu yang hadir. Jangan sembarang pilih bintang tamu. Pastikan mereka adalah orang yang memahami topik yang sedang dibahas. Misalnya, saat kamu membahas tentang finansial, maka yang harus kamu undang adalah mereka yang berkecimpung di dalamnya.

7. Gunakan peralatan yang mumpuni

Peralatan yang kamu gunakan jelas mempengaruhi kualitas podcast yang kamu buat. Jika kamu benar-benar serius dengan podcast ini, jangan ragu untuk berinvestasi pada peralatan berkualitas tinggi. Sebisa mungkin, jangan hanya mengandalkan smartphone dan headset agar kamu tidak terkesan seperti sedang mengirim voice message.

Untuk bisa mempraktekkan cara membuat podcast yang menarik, kamu butuh untuk fokus. Banyak orang mengembalikan fokus mereka dengan nikotin. Jika kamu adalah salah satunya, kamu bisa coba VELO, kantong nikotin inovatif pertama di Indonesia yang tidak menyebabkan asap.

Uniknya lagi, kamu bisa menikmati sensasi nikotin VELO kapan saja dan dimana saja. Untuk kamu yang sudah berusia di atas 18 tahun, ragam varian rasanya bisa membuatmu tetap fokus pada aktivitas yang kamu lakukan.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply