Ternyata Ini Nih Arti Vibes, Sudah Tahu Belum?

Pasti kamu sering mendengar banyak orang menggunakan kata vibes, tapi tahu gak sih apa artinya? Karena berasal dari bahasa Inggris, mungkin banyak yang masih merasa bingung dan hanya ikut-ikutan saja agar kelihatan keren. Memang tidak salah, tapi jika penggunaannya keliru, makna kalimatnya jadi rancu.

Apa sih Vibes itu?

Arti vibes

Source: MMckein

Kata Vibes berasal dari bahasa Inggris yang jika diterjemahkan secara langsung kedalam bahasa Indonesia berarti “getaran”. Karena kata ini dari bahasa Inggris maka ketika digabungkan dengan kata-kata lainnya menjadi sebuah kalimat, maknanya menjadi sedikit berbeda sesuai kalimat yang menyertainya.

Menurut situs yourdictionary.com, “Vibes are the emotional signals a person gives out to those around them with their body language and social interactions”. Jika diterjemahkan, Vibes adalah pancaran emosi yang ditujukan seseorang ke lingkungan sekitarnya dengan bahasa dan interaksi sosialnya. 

Definisi yang lain menyebutkan, “Informal a distinctive mood or aura surrounding a person, thing, or place, as sensed or felt by another person: often used in pl.” 

Jadi, vibes merupakan suatu perasaan, emosi atau suasana hati yang dipancarkan seseorang, benda maupun tempat yang dirasakan oleh orang lain. Kata tersebut rupanya juga memiliki kemiripan dengan kata vibra, dimana jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia memiliki makna getaran.

Tetapi, terjemahan tersebut juga mengartikan vibes sebagai aura dan mood atau suasana hati. Dapat dikatakan jika kata yang dimaksud juga bisa diartikan sebagai suasana yang timbul atau muncul dan dirasakan. Baik karena tempat maupun perasaan seseorang yang ada di lingkungan tersebut.

Good or Bad?

Good or bad vibes

Source: Quang Anh Ha Nguyen

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, bahwa vibes merupakan keadaan atau suatu hal yang dapat mempengaruhi perasaan atau suasana hati seseorang. Hal ini kadang juga menggiring perasaan atau emosi seseorang ke dua arah berbeda. Yakni perasaan yang baik dan buruk, yang dikenal dengan good dan bad vibes. 

Good vibes

Good vibes

Source: Dimhou

Secara umum kata ini diartikan sebagai getaran atau suasana yang positif. Contohnya cukup simpel, misalnya ada sebuah foto atau video yang menampilkan seseorang yang gembira dan kamu pun ikut tersenyum gembira  melihatnya. 

Maka apa yang kamu lihat ini disebut good vibe atau getaran emosi positif. Karena dengan melihatnya, orang lain turut merasakan kegembiraan yang sama. Bahkan suasana hati menjadi lebih baik setelah menonton atau melihat hal tersebut. 

Contoh lainnya, ketika datang ke suatu tempat dan merasa nyaman, bahasa dan tenang, maka tempat tersebut memiliki good vibes. Suasana yang dirasakan dari apapun di sekitar kita yang memberikan energi yang positif, itulah good vibe.

Bad Vibe

Bad vibes

Source: Andrea Piacquadio

Kebalikannya dari good vibe, bad vibe memiliki makna getaran emosi yang buruk atau sesuatu yang memiliki energi negatif. Jika good vibe bisa mempengaruhi suasana seseorang menjadi lebih baik,  maka bad vibe lebih cenderung mempengaruhi suasana menjadi buruk atau kurang menyenangkan. 

Contoh kecilnya, kamu melihat tayangan tentang kekerasan atau berita duka di televisi, maka hal tersebut akan membuat suasana hati jadi tidak enak. Hal inilah yang disebut bad vibes

Atau ada tayangan yang memperlihatkan kebiasaan buruk yang lama-lama mempengaruhi seseorang untuk berbuat hal yang sama. Maka hal tersebut bisa dikatakan sebagai bad vibes, karena memberikan getaran emosi negatif yang membuat orang lain terpengaruh baik secara emosional maupun fisik.

Energi yang negatif sangat tidak baik untuk kesehatan baik mental maupun fisik. Sehingga, tanpa sadar orang-orang akan menghindari sesuatu hal, baik individu, benda maupun tempat yang memiliki energi negatif.

Morning Vibe

Source: congerdesign

Selain good vibe dan bad vibe, dikenal juga istilah morning vibe. Seperti yang sudah dijelaskan di awal, bahwa vibes merupakan suasana yang bisa dirasakan. Jadi morning vibe ini bisa dikatakan sebagai suasana yang terasa seperti pagi hari.

Sebagaimana kita ketahui, pagi hari memiliki suasana yang masih segar, menyenangkan dan penuh semangat. Jadi ada suatu hal yang bisa membuat seseorang merasakan getaran atau suasana pagi. Misalnya suasana pagi saat akan berangkat kerja, suasana di jalan hingga suasana hati. Setiap suasana yang mengingatkan dengan pagi hari yang menularkan semangat.

Vibe untuk menggambarkan suasana dan perasaan

Demikian tadi informasi menarik tentang vibes yang ternyata digunakan untuk menggambarkan suasana maupun perasaan yang tengah dirasakan. Secara umum ada dua suasana yang sering dirasakan yakni positif dan negatif, dimana dikenal good vibe dan bad vibes Dari situ kemudian melebar ke berbagai situasi dan kondisi yang mengikutinya. Seperti morning vibe, chill vibe dan lain sebagainya.

Setiap hal memiliki getaran yang berbeda, baik yang bisa dirasakan secara langsung maupun tidak. Setiap hal tersebut memberikan getaran yang kemudian kita rasakan yang akhirnya mempengaruhi suasana hati. 

Sama seperti VELO yang juga mencoba menghadirkan vibes dengan produk nikotin bebas tembakau yang memiliki varian rasa yang unik. Rasa hangat yang menggelitik dari kantong nikotin bakal memberikan sensasi seru di mulut ketika kamu mencobanya. Pas banget buat nemenin hari-hari kamu yang penuh aktivitas!

Cukup selipkan kantong VELO di antara bibir dan gusi atas, dan sensasinya akan bertahan sekitar 20-30 menit. Bebas asap dan bau tak sedap, praktis banget! VELO ditujukan untuk kamu yang sudah 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, yang menawarkan cara baru menikmati nikotin yang lebih praktis, kapan aja dan dimana aja. So, stay terus dalam good vibes, ya!

Related Articles

Leave a Reply