Ternyata Ini Alasan Mengapa Harga Harpa Mahal

Harpa merupakan salah satu alat musik yang menghasilkan suara indah. Kamu akan merasakan kedamaian saat mendengar senar harpa dipetik. Ternyata, dibalik merdunya suara alat musik ini, harga alat musik harpa mahal juga, loh. Bisa dibilang, alat musik klasik termahal.  

Jika kamu tertarik bermain harpa, maka harus menyiapkan tabungan yang cukup banyak nih untuk membeli alat musik ini. Tentunya, kamu akan bertanya-tanya mengapa harga harpa mahal bukan? Ada beberapa alasan yang masuk akal, kok. Misalnya saja dipengaruhi oleh jumlah material yang digunakan dan detail rumit pada pembuatan instrumen megah ini.  

Agar kamu tidak ragu sebelum membeli harga yang mahal, beberapa alasan berikut akan menjelaskan apakah harpa layak dibeli atau tidak. 

1. Harpa Dibuat Secara Manual 

Kebanyakan harpa akan dibuat secara manual yang melibatkan banyak tenaga kerja untuk memproduksi satu alat musik ini. Bayangkan saja, setiap string diperbaiki secara manual yang akan memakan waktu. 

Selain itu, bagian dari harpa akan diperiksa secara individual oleh para pekerja untuk mengetahui jenis kerusakan apa yang mempengaruhi suara yang dikeluarkan.  

Kira-kira pembuatan harpa akan memakan waktu sekitar 2 minggu. Kamu bisa mencoba mengkalkulasikan tarif pekerja per jam selama 2 minggu. Maka dari itu, harpa sangat mahal karena melibatkan banyak tenaga kerja dan waktu yang terbatas. Apalagi jika ada konser ternama, harpa bisa jauh lebih mahal. 

2. Material Harpa 

Tidak hanya faktor produksi yang membuat harpa mahal, tetapi juga material nya yang tidak mudah didapat. Berikut rincian bahan yang digunakan untuk membuat bagian harpa. 

  • Tiang depan, leher dan badan biasanya dibuat dari kayu Maple atau Mahoni. Karena menggunakan jenis kayu yang khusus, maka akan membutuhkan waktu untuk menebang pohon. Walaupun kamu bisa mengganti dengan kayu lainnya, namun kayu Maple lah yang memiliki kualitas terbaik karena cukup kuat untuk menahan senar. 
  • Papan suara yang berfungsi untuk memperkuat suara senar terbuat dari pohon cemara karena jenis nya yang lentur, ringan, kuat dan berbutir merata. Maka itulah harpa mampu merespon getaran senar secara merata dan menghasilkan suara yang indah. 
  • Strip bagian tengah terbuat dari beech. Ketangguhan beech menjadi pilihan terbaik karena akan mudah menahan ketegangan string, 
  • Disk yang menentukan panjang senar dan pelat lengkung terbuat dari kuningan. Pedal yang berfungsi mengontrol cakram juga terbuat dari kuningan. 
  • Mekanisme internal harpa yang berfungsi menghubungkan pedal ke disebut dengan action karena terbuat dari kuningan atau baja yang tahan karat. 
  • Senar terbuat dari nilon, baha atau usus. Usus yang diambil pun berasal dari usus domba. 

3. Harpa Tidak Lekang Oleh Waktu 

Harpa terlihat seperti wine, suara yang dihasilkan akan lebih baik seiring bertambahnya usia. Meskipun kualitas suara yang dihasilkan oleh alat musik lain berkurang saat bertambahnya usia, namun pada alat musik harpa menjadi lebih baik. 

Itulah salah satu alasan mengapa harga harpa mahal dan mengapa harga harpa bekas sama dengan harpa baru. Selain itu, ketika harpa memiliki masalah struktural atau mekanis, itu tidak akan mempengaruhi suara yang dikeluarkan.  

Nah, setelah mengetahui alasan mengapa harpa mahal, kamu tetap bisa menyesuaikan kok jenis harpa apa yang kamu inginkan. Namun, harpa dengan harga yang mahal tentu hadir dengan kualitas terbaik. 

Frista Kurniasari
Talented professional good multitasking, organizational and verbal and written communication skills. Expertise includes writing content on topics such as Lifestyle, Humanity, Education and Travel.

Related Articles

Leave a Reply