Lagu dengan Tempo Allegro untuk Latihan Bermain Musik

Tempo musik dihitung dengan skala beat per minute (BPM). Satuan BPM ini memakai angka. Digunakan sebagai tanda cepat lambatnya sebuah lagu harus dimainkan atau dinyanyikan.

Sebagai contoh, ketika memainkan lagu dengan tempo 60 BPM lewat metronome. Hal ini dapat berarti dalam satu menit terdapat 60 ketuk. Sementara ketika memainkan tempo 120 BPM, ketukannya dua kali lipatnya.

Maka dalam satu menit terdapat dua kali lebih banyak ketukan yang ada. Hal ini dapat berarti pula, memainkan lagu atau bernyanyi menjadi lebih cepat. Terutama dalam satu menit, gerakan ketukan menjadi lebih cepat dengan selaras.

Tempo musik dibedakan berdasarkan jenis-jenisnya menurut kecepatan itu sendiri. Nah, salah satu tempo yang paling umum digunakan adalah tempo allegro. Tempo ini dimainkan dengan ritme yang cepat sekitar 112-120 bpm.

Untuk sarana latihan bermusik, tempo allegro sangat cocok. Berikut rekomendasi lagu dengan tempo allegro untuk membantu latihan:

Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki – Sheila On 7

Tempo Allegro
Image source: Tribun Batam – Tribunnews.com

Salah satu lagu populer dari band Sheila On 7 ini bukan cuma cocok dijadikan sarana latihan bermain gitar, liriknya juga mudah untuk dipahami. Nah, kunci gitar yang dimainkan hanya G dan C.

Mungkin Nanti – Peterpan

Image source: Hai-Online.com – Grid.ID

Lagu yang hits pada awal 2000-an ini nampaknya masih tetap populer di kalangan anak muda. Sudah berusia hampir 16 tahun, lagu ini tetap menemani para millennials di playlist mereka. Dengan chord yang cukup simpel, lagu dengan tempo allegro ini sangat mudah dipelajari.

Akad – Payung Teduh

Tempo Allegro
Image source: Youtube/Payung Teduh Official

Masih ingat dengan lagu Akad dari Payung Teduh? Lagu dengan tempo allegro ini sempat booming sekali hingga diputar di mana-mana. Enggak hanya kepopulerannya yang melekat di lagu ini, tetapi chord-nya pun cukup mudah.

Santeria – Sublime

Tempo Allegro
Image source: Alternative Press Magazine

Lagu Santeria yang dipopulerkan Sublime ini sangat terkenal pada masanya, terutama di kalangan generasi 80’ dan 90’. Lagu dengan tempo allegro ini juga cocok dijadikan iringan untuk belajar musik dengan ritme dinamis.

Closer – The Chainsmoker feat. Halsey 

Image source: ToneDen.io

Kemampuan duo DJ asal Amerika ini memang tidak perlu diragukan lagi. Lewat single berjudul Closer yang dibawakan bersama penyanyi muda berbakat, Halsey, kita bisa menjadikannya lagu latihan dengan irama allegro bernuansa EDM yang berwarna.

All The Small Thing – Blink 182

Image source: Hai-Online.com – Grid.ID

Grup band asal California ini bisa dibilang menjadi rujukan bagi anak band yang ingin memainkan lagu pop punk. Irama drum yang menghentak dan kunci gitar yang terbilang mudah, menjadi salah satu sebab bahwa lagu yang berjudul All The Small Thing ini menjadi anthem bagi para pengabdi genre pop punk pada zamannya.

American Idiot – Green Day

Image source: Genpi.co

Grup asal Amerika ini juga menjadi rujukan bagi anak band yang ingin mendalami genre Punk Rock. Sebelumnya, genre ini juga dipopulerkan oleh Rancid dan The Offspring. Memainkan lagu American Idiot memiliki tingkat kesulitan sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan memainkan lagu sebelumnya. Meskipun kedua lagu tersebut memiliki kecenderungan pola kunci gitar yang hampir sama dengan kunci C, F, dan G.

Hysteria – MUSE

Image source: matzzrockholic – blogger

Umumnya posisi pemain bass dalam sebuah band kurang menjadi sorotan bagi penonton. Keberadaannya juga kerap dianggap sebagai pengiring untuk memperhalus suara bass drum. Akan tetapi, berbeda kasus jika sebuah band mencoba membawakan lagu dari band asal Inggris tersebut. Lagu berjudul “Hysteria” dari Muse akan memberikan privilege bagi seorang bassist yang ingin mencoba pamer skill dari intro sampai lagu berakhir.

Nah, demikianlah beberapa rekomendasi lagu yang cocok untuk melatih skill bermusik pemula.

Simak juga info terbaru dan tips yang tak kalah menarik lainnya bersama VELO! Kantong nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia yang bisa kamu jadikan alternatif rokok ketika situasi sedang tidak memungkinkan.

Tak masalah kapanpun dan dimanapun kamu berada, kamu tetap bisa menikmati sensasi nikotin tanpa harus mengganggu kenyamanan orang di sekitar karena VELO sepenuhnya bebas asap.

VELO dikhususkan untuk pengguna produk nikotin berusia 18 tahun ke atas, tidak sedang hamil atau menyusui dan bisa menyebabkan kecanduan.

Hengky
Crafting stories about social issues, pop culture, & common knowledge.

Related Articles

Leave a Reply