Tebing Citatah, Surganya Penggila Olahraga Ekstrim!

Sebagai salah satu kota wisata terpopuler di Indonesia, Bandung menawarkan berbagai jenis wisata seru yang bisa kamu coba. Ada banyak tempat yang bisa dikunjungi, tak terkecuali untuk kamu yang hobi memacu adrenalin. Salah satu tujuan yang sebaiknya tidak kamu lewatkan jika berkunjung ke Bandung adalah Tebing Citatah yang berlokasi di Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Tebing Citatah

Source: Kumparan/FOTO

Tebing Citatah sudah lama menjadi salah satu lokasi favorit bagi pemanjat tebing. Tebing ini merupakan lokasi awal berkembangnya olahraga panjat tebing di Indonesia. Tidak hanya menawarkan medan ideal untuk memacu adrenalin, pemandangan dari atas tebing ini juga cocok dijadikan lokasi hunting foto.

Tebing Citatah merupakan kawasan berbukit dan terbentuk dari gunung-gunung kapur yang membuatnya tampak unik dengan perbukitan lain yang biasa dijadikan lokasi panjat tebing. Tebing Citatah memiliki karakteristik batuan kapur yang aman untuk dipanjat.

Ada tiga tebing utama yang biasa digunakan untuk panjat tebing, yaitu; Citatah 48, Citatah 90, Citatah 125. Tebing tersebut diberi nama sesuai dengan ukuran ketinggiannya.

Citatah 48

Tebing Citatah
Source: Brisik.id

Tebing 48 memiliki ciri khas unik yang membedakannya dengan bukit-bukit di sekitarnya, yaitu sebuah tugu belati raksasa yang menancap kokoh di puncak tebing. Tugu belati yang menjulang setinggi 3 meter itu dibangun pada 2004 oleh Zeni Pusdikpassus (Pusdiklatpassus). Belati itu dibuat sebagai penanda area latihan panjat tebing pasukan Kopassus.

Citatah 90

Mengadu Adrenalin di Tebing Citatah | Travel Wisata di Jawa Barat
Source: travelwisatajabar.blogspot.com

Tebing ini memiliki jenis batuan karst dengan ukuran ketinggian sekitar 90 meter dari permukaan tanah. Kontur tebing ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup menantang dibanding tebing-tebing lainnya, ditambah lagi dengan kondisi permukaan yang lumayan rapuh. Terdapat sekitar 4-5 jalur pemanjatan yang biasa dipakai. Namun, pemanjat pemula tidak disarankan untuk mencoba tebing ini.

Tebing Citatah 125

Memacu Adrenalin di Tebing Citatah 125
Source: BeritaSatu.com

Tebing 125 terletak di gunung kapur tertinggi di daerah Citatah, yaitu Gunung Singgalang, yang memiliki ketinggian 125 meter. Kawasan Tebing Citatah 125 ini menjadi pusat pelatihan untuk sekolah panjat tebing di Bandung dan Jabodetabek. Di ketinggian 30 meter dari tebing terdapat suatu goa yang bisa dijelajahi oleh pemanjatan.

Untuk bisa memanjat di area Tebing Citatah ini, kita perlu mendapat perizinan dari RT setempat atau pengurus Karang Taruna Pabeasan. Tebing ini berada dalam pengawasan warga Pabeasan yang rutin merawat fasilitas umum seperti toilet dan tempat-tempat istirahat.

Tebing Citatah berlokasi di kawasan Padalarang, letaknya tepat di belakang pabrik Multi Marmer Alam. Untuk sampai ke lokasi Tebing Citatah hanya dibutuhkan waktu 6 menit jika berjalan kaki dari jalan raya. Untuk kamu yang menggunakan kendaraan, tersedia lahan parkir di dekat tebing. 

Jika kamu datang dari luar kota, khususnya Jakarta dan sekitarnya, akses menuju lokasi ini tidak sulit dijangkau. Kamu bisa mengambil arah dari Tol Ciawi maupun Tol Cipularang, kemudian ikuti papan jalan setelah tiba di kawasan Pabrik Multi Marmer Alam. Selain itu, bisa juga melalui akses pintu keluar Tol Padalarang menuju arah Raja Mandala, kemudian berhenti di depan Pabrik Marmer Alam.

Mau tahu rekomendasi lokasi panjat tebing di Indonesia yang tidak kalah menantang lainnya? Ikuti terus perkembangan informasi menarik seputar olahraga ekstrim bersama VELO! Kantong nikotin paling praktis untuk menemani keseruan petualanganmu!

Kantong nikotin VELO ditujukan untuk kamu yang sudah 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui. Berbagai varian rasanya bisa kamu pilih sesuai selera. Selain itu, VELO bisa dinikmati dengan nyaman kapan saja dan dimana saja tanpa khawatir mengganggu orang lain.

Hengky
For the last few years, Hengky living as a digital nomad and currently settled in Denpasar. As a writer, he is interested in a certain topic such as pseudoscience, culture, art, and lifestyle.

Related Articles

Leave a Reply