Tanpa Nada, Sebenarnya Apa Sih Fungsi Alat Musik Ritmis?

Perkembangan zaman tidak hanya mempengaruhi dunia transportasi, keuangan, periklanan, dan sebagainya, tetapi juga memberikan pengaruh besar untuk dunia musik. Salah satunya dunia musik ritmis, meskipun saat ini memang masih banyak orang yang masih bingung soal fungsi alat musik ritmis tersebut.

Sesuai fungsinya, alat musik dibagi menjadi 3 kategori, seperti alat musik melodis, alat musik harmonis, dan alat musik ritmis. Alat musik ritmis sendiri merupakan alat musik yang dapat membuat sebuah musik atau lagu menjadi lebih harmonis.

Untuk memainkannya alat musik ritmis biasanya dipukul, digoyang, atau digesek. Ia hadir dengan hanya sedikit nada, bahkan banyak orang menyebut alat musik ritmis sebagai alat musik yang hampir tanpa nada. Kendati demikian, kehadirannya sangat penting untuk melengkapi sebuah pertunjukan musik.

Saat ini jenis-jenis alat musik ritmis pun sangat beragam, mulai dari alat musik ritmis tradisional hingga alat musik ritmis modern.

Nah, untuk kenal lebih dalam tentang alat ini, sebaiknya kamu ketahui dulu apa saja sih fungsi alat musik ritmis. Cekidot!

Fungsi alat musik ritmis  untuk mengatur tempo

Saat bermain musik, ada tempo yang membuat musik kita menjadi lebih jelas dan enak didengar. Tempo berkaitan dengan cepat lambatnya sebuah musik dimainkan. Bayangkan jika kamu dan teman-temanmu memainkan alat musik bersama-sama tanpa adanya tempo, pastinya permainan musik kalian akan sangat berantakan, karena jika ingin lagu atau musik kalian terdengar harmonis, maka harus ada tempo yang mengaturnya.

Nah, dalam hal ini alat musik ritmis diperlukan. Bukan hanya untuk mengatur tempo lagu, fungsi alat musik ritmis juga digunakan dalam mengatur tempo tarian. 

Fungsi alat musik ritmis sebagai pengiring lagu

Alat musik melodi seperti gitar atau piano memang sudah cukup untuk dijadikan sebagai alat musik pengiring lagu. Namun jika kamu memberikan sentuhan alat musik ritmis, lagu tersebut akan semakin enak didengar.

Fungsi alat musik ritmis sebagai penanda

Jika kamu adalah seorang pemain musik, kamu pasti tahu bahwa dalam permainan musik, terutama saat dimainkan bersama oleh beberapa orang, para pemain musik membutuhkan penanda di mana mereka mulai memainkan intro, verse, reff, bridge, bahkan kapan mereka berhenti. Nah, alat musik ritmis dapat difungsikan sebagai penanda bagi para pemain musik tersebut.

Menyempurnakan pertunjukan musik

Selain melengkapi pertunjukan musik, alat musik ritmis juga dapat menyempurnakan pertunjukan. Apakah kamu pernah menonton pertunjukan orkestra? Jika pernah, kamu pasti dapat melihat beberapa alat musik ritmis dimainkan di sana.

Fungsi alat musik ritmis dalam koreografi

Untuk koreografi tarian, kamu mungkin berpikir bahwa musik biasa saja sudah cukup untuk mengiringi. Namun tahukah kamu dengan adanya peran alat musik ritmis dalam koreografi dapat membuat tempo tarian lebih jelas. Para penari dapat lebih mudah tahu perpindahan dari satu gerakan ke gerakan lain.

Nah, itu dia beberapa fungsi alat musik ritmis yang perlu kamu ketahui. Sembari mempelajari alat-alat musik ini, kamu bisa banget lho menikmati rasa VELO. 

VELO sendiri adalah produk kantong nikotin pertama di Indonesia. Ia hadir dalam bentuk kaleng yang berisi kantong-kantong kecil seperti kantong teh. Produk ini merupakan alternatif yang dapat kamu gunakan jika kamu memilih untuk tidak merokok. Tentu saja VELO aman karena dapat dinikmati tanpa adanya pembakaran. Yuk, lengkapi momen santai bersama VELO!

Related Articles

Leave a Reply