Jangan Lupa, 5 Survival Kit Ini Wajib Dibawa dalam Setiap Petualangan!

Bertahan hidup akan semakin mudah saat kamu membawa survival kit. Saat tersesat atau mungkin terjebak bencana alam, para petualang telah menyiapkan beberapa cara untuk menghindari hal-hal buruk terjadi, termasuk menyiapkan survival kit.

Survival kit adalah seperangkat alat-alat untuk bertahan hidup yang biasa dibawa saat melakukan aktivitas outdoor, penjelajahan, atau saat bepergian dalam waktu yang panjang. Survival kit akan sangat membantu ketika melewati berbagai kondisi dan situasi.

Untuk menambah wawasan tentang kegiatan outdoor dan survival, sebaiknya kamu simak pembahasan kali ini. Di bawah ini ada 5 jenis survival kit yang wajib dibawa dalam setiap petualangan.

1. First Aid Kit (P3K)

survival kit
Source: AliExpress

Jangan beralasan bahwa peralatan P3K akan menambah berat beban dan menghabiskan ruang dalam carrier kamu, sehingga mengabaikan perlengkapan penting ini.

Jika terjadi sesuatu yang tidak diharapkan seperti mengalami cedera keseleo/terkilir, patah tulang, tergores/tertusuk benda tajam, lebam, keracunan, kedinginan, atau mungkin sekarat, peralatan P3K bisa menyelamatkan nyawa kita. Untuk itu, jangan meremehkan survival kit ini ketika mendaki, ya.

2. Shelter Kit

survival kit
Source: Amazon

Shelter adalah tempat untuk bernaung sementara di alam bebas. Nah, perlengkapan ini juga termasuk yang wajib dibawa setiap saat. Perlengkapan ini meliputi segala kebutuhan yang berkaitan dengan shelter seperti tenda thermal, kantung tidur, selimut darurat, dan tali frame. Jika memungkinkan, selipkan juga jas hujan atau ponco ke dalam shelter kit ini.

3. Emergency Signal Kit

Source: MithiX Pro

Survival kit yang satu ini juga nggak kalah penting. Ketika pendaki tersesat atau terjebak di tengah-tengah bencana alam adalah kondisi yang berbahaya. Oleh karena itu, lengkapi survival kit yang kamu bawa dengan emergency signal kit.

Perlengkapan ini mencakupi alat-alat yang berfungsi untuk memberikan sinyal darurat dan mencari jalan keluar, mulai dari kompas, peta, cermin, peluit, kembang api (flare), dsb. Kompas dan peta adalah peralatan fundamental lainnya. Selain bisa menuntun kita ke jalur yang tepat, kehadiran kompas dan peta akan membuat kita sedikit tenangan karena kita tahu arah yang benar.

Sebagai info tambahan, kamu bisa memakai teknik klasik jika sewaktu-waktu perlu memberikan sinyal darurat, yaitu dengan membakar tumpukan ranting, daun, dan rerumputan kering hingga mengeluarkan asap pekat. Kepulan asap pekat bisa dianggap sebagai sinyal SOS oleh tim penyelamat.

4. Peralatan Membuat Api

Source: eBay

Membuat api adalah salah satu skill yang diperlukan baik saat menggunakan survival kit atau tidak. Namun, di dalam survival kit pun harus ada peralatan untuk membuat api. Korek api, magnesium fire starter, lilin, kaca pembesar, sebotol kecil etanol/minyak tanah, kalau perlu batu api juga bisa kamu masukkan dalam perlengkapan ini.

5. Survival Fishing Kit

Source: Survival Supplies Australia

Siapkan benang nilon ukuran 0.25 mm dan 0.10 mm (masing-masing sepanjang 25 meter), mata kail pancing nomor 0.3, 1, 4, dan 7 (masing-masing sebanyak 3 buah), timah daun secukupnya, dan 2 buah pelampung kecil. Masukkan semua perlengkapan ini dalam wadah kecil.

Alat-alat ini bisa kamu gunakan untuk memancing. Jika sewaktu-waktu stok makanan darurat habis, kamu harus sudah siap untuk mencari sumber makanan lain di alam bebas.

Nah, itulah 5 survival kit yang wajib dibawa dalam setiap petualangan. Simak juga info menarik seputar survival dalam update artikel selanjutnya bersama VELO! Kalau kamu lagi di tempat yang gak boleh ngerokok, kamu tetep bisa kok merasakan sensasi nikotin tanpa asap dan bau yaitu dengan VELO, kantong nikotin buat kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui. Cukup selipkan di antara bibir dan gusi atas, sensasinya bakal kerasa hingga setengah jam.

Henki Taher
For the last few years, Hengky living as a digital nomad and currently settled in Denpasar. As a writer, he is interested in a certain topic such as pseudoscience, culture, art, and lifestyle.

Related Articles

Leave a Reply