4 Destinasi Tempat Surfing di Lombok Paling Indah & Seru

Pulau Nusa Tenggara memang begitu kental dengan wisata baharinya. Salah satunya adalah wisata pantai, yang cocok untuk berselancar. Ada banyak ragam tempat surfing di Lombok yang bisa kamu jajal, mulai dari yang tenang ombaknya hingga menantang adrenalin.

Beberapa nama pantai yang paling sering didengungkan ada Tanjung Aan, Ekas, Mawi, hingga Are Guling. Nama-namanya terdengar cukup unik, ya? Apalagi, jika sudah menginjakkan kaki, kamu juga akan disambut dengan budaya lokal yang masih cukup kaya dan lestari. Belum lagi dengan pemandangan alam yang memukau.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah rekomendasi untukmu jika ingin berwisata surfing di Lombok. Cek yuk!

1. Tanjung Aan

Lokasinya tidak jauh dari Kuta, kamu bisa menjangkaunya bahkan hanya dalam waktu 20-30 menit saja. Sesampainya di Pantai Tanjung Aan, kamu akan disambut oleh pasir pantai yang amat putih. Rasa-rasanya, bukannya ingin berselancar, tapi malah justru kamera HP yang terus-terusan menjepret setiap momen di sana.

pantai tanjung aan lombok
© travelwiththesmile.com

Yaps, kamu akan benar-benar merasa nyaman berada di sini. Pemandangannya begitu memukau, apalagi dengan teluk kembar yang berada tepat di depan pantai. Turis akan ramai-ramai untuk berselancar, pun kamu juga bisa menjajalnya, karena ombak di sini tergolong tenang dan cocok untuk pemula.

2. Ekas

Lokasinya berada di Jln. Pantai Surga Desa Ekas Buana, Pemongkong, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Pantai Ekas ini tak hanya menantang bagi peselancar yang sudah mahir, namun juga bersahabat untuk pemula. Tergantung pada kondisi ombak yang terjadi pada saat kamu menyambangi.

pantai ekas surfing lombok
© surf-forecast.com

Tapi lebih sering akan ditemui ombak yang tenang, sehingga pantai ini tergolong cukup ramai untuk belajar surfing. Bukan hanya ombaknya yang seolah-olah mengajakmu bermain, tetapi juga pemandangan di sekitar pantai, jelas akan membuatmu betah berlama-lama. Untuk sekadar bersantai di pinggir pantai, sambil menikmati pemandangan yang ada.

Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan momen ini untuk merasakan sensasi baru dalam menikmati nikotin. Tidak lagi dengan bau asap dan tembakau, tetapi cukup dengan kantong VELO yang mungil, bisa dipakai kapan saja dan di mana saja, termasuk saat kegiatan outdoor.

VELO sebagai produk kantong nikotin pertama di Indonesia yang ditujukan untuk kamu yang sudah 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, menawarkan cara baru menikmati nikotin yang lebih praktis, kapan saja dan dimana saja.

Tidak menimbulkan asap sehingga kamu tidak perlu khawatir akan mengganggu kenyamanan orang di sekitar. Bahkan di sela-sela aktivitasmu yang padat, kamu tetap bisa bebas menikmati kantong nikotin ini.

3. Mawi

Pantai Mawi, pantai yang punya ombak cukup tinggi, sangat menantang bagi peselancar mana pun. Pada kondisi normal, ombaknya bisa mencapai 1,8 meter. Sedangkan untuk kondisi yang benar-benar pasang, bisa sampai kisaran 2,4-3 meter, lho. Cukup tinggi dan memicu nyali.

pantai mawi
© theinertia.com

Waktu paling pas saat mengunjungi Pantai Mawi adalah pada bulan Mei sampai September. Di mana ombak sangat pas dan cukup bagus untuk berolahraga surfing. Tentu dengan sedikit keberanian, ya. Oh iya, pantai ini juga masih sangat bisa dijangkau, yakni di Jl. Pantai Mawi, Selong Belanak, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

4. Are Guling

Pantai ini berlokasi di Tumpak, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB. Pantai Are Guling, begitu dikenal dengan keragaman terumbu karang yang masih asri. Lokasinya juga tak jauh dari Kuta, Bali. Tempat ini sangat pas untuk disambangi bagi mereka yang sudah ahli berselancar dan suka dengan tantangan ombak yang memancar.

pantai are guling
© naluasurf.com

Hampir sama dengan di Pantai Mawi, gelombak ombak paling tinggi bisa mencapai 3 meter. Sedangkan untuk kondisi normal, ombak berada di ketinggian 1,2 – 1,8 meter. Paling pas adalah musim hujan, apalagi dengan nuansa alam dan pepohonan rindang saat perjalanan menuju pantai ini.

Nah, itu dia tadi keempat rekomendasi tempat surfing di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Semoga bisa menambah referensimu, dan jangan lupa share ke teman-teman, ya.

Ifan Prasya
Karena belajar bisa dari mana aja.

Related Articles

Leave a Reply