Rekomendasi 5 Spot Surfing Bali Paling Pas untuk Pemula

Belajar berselancar sepertinya seru dan asyik, meskipun agak menantang dan butuh nyali yang tak sedikit. Salah satu yang paling digemari adalah tempat surfing di Bali. Pulau yang memang sangat dikenal dengan wisata bahari, terutama pantainya yang begitu banyak turis menjajal menaklukan ombak lewat olahraga ekstrem ini.

Destinasi yang bisa dikunjungi tidak terbatas satu atau dua tempat saja, tetapi ada banyak ragamnya. Sebut saja Pantai Canggu, Medewi, Kuta, Dreamland, hingga Padang Kanan. Dari pantai-pantai ini, pemula bisa belajar untuk memberanikan diri, mengasah teknik, dan mulai melatih rasa saat berselancar.

Lalu, seperti apa suasana yang ditawarkan oleh masing-masing spot surfing di Bali? Simak terus ya.

1. Pantai Canggu

Rekomendasi pertama datang dari pantai yang berada di barat laut Kuta, yakni Pantai Canggu. Salah satu lokasi yang cukup populer di kalangan turis, baik lokal maupun mancanegara. Pantai ini juga sangat bersahabat bagi peselancar yang baru mulai belajar surfing hingga mereka yang sudah terbiasa.

pantai canggu bali
© puravidaadvantures.com

Ombak di sini dikenal tidak terlalu tinggi, namun juga masih bisa diajak untuk bermain hingga ke bibir pantai dengan panjang yang tidak kalah menantang. Cenderung stabil baik saat memasuki musim kemarau maupun penghujan.

Namun jika dirasa ombaknya terlalu tenang, kamu juga masih bisa memanjakan diri untuk sekadar istirahat atau menyambangi destinasi di sekitar Pantai Canggu.

2. Pantai Medewi

Pantai yang terletak di sebelah utara Kuta, tepatnya 3 jam perjalanan normal. Salah satu hal yang identik dari Pantai Medewi adalah ombaknya yang sangat panjang. Kamu bisa merasakan deburan ombak yang menantang selama 30 detik lamanya.

surfing bali pantai medewi
© baliwaves.com

Pantai ini sudah cukup dikenal oleh para peselancar untuk belajar memulai. Selain berselancar, kamu juga dapat menikmati berbagai olahan makanan laut yang diracik oleh penduduk lokal. Nuansanya juga sangat pas untuk nongkrong bersama teman-teman.

3. Pantai Kuta

Salah satu tempat yang populer di Pulau Dewata Bali, yakni Pantai Kuta. Pantai yang tidak pernah sepi pengunjung, menawarkan nuansa ombak yang masih tidak terlalu gahar. Arusnya masih tergolong lembut sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat belajar surfing.

pantai kuta bali
© surfgirlmag.com

Sambil surfing, kamu juga bisa menikmati suasana Kuta, Bali. Melancong memang tak pernah seasyik ini. Berjemur, melihat debur ombak yang silih berganti datang, juga menanti sunset yang akan segera datang. Tapi satu hal ya, di sini cukup ramai, maka untuk beristirahat rasanya agak kurang pas.

4. Pantai Dreamland

Berada di dekat Uluwatu, yakni di sebelah barat laut telah ada pantai bernama Dreamland. Pantai ini cukup pas untuk dijadikan ajang belajar berselancar karena ombaknya yang masih tergolong “lembut” dan tidak terlalu menakutkan. Salah satu tempat paling recommended untuk pemula.

pantai dreamland
© baligreentour.com

Namun terkadang ombak di pantai ini juga cukup tinggi. Karena itu, kamu harus peka terhadap gelombang laut yang terdengar riuh pekat. Jika memang sedang pasang-pasangnya, kamu tetap bisa kok beristirahat sambil berjemur di bibir pantai. Pasirnya lembut, nuansanya juga adem dan asri.

5. Pantai Padang Kanan

Rekomendasi lainnya adalah Pantai Padang Kanan, saudara kembar Pantai Padang Kiri, di Pulau Dewata Bali. Berjarak hanya 3 km dari pura di Uluwatu, pantai ini sangat cocok untuk memulai olahraga surfing bagi pemula hingga tingkat menengah, karena nuansa ombaknya yang masih bisa diatasi.

pantai padang kanan bali
© belajar-hidup-tanpa-redup.blogspot.com

Bukan hanya ombak yang indah dan cocok untuk berselancar, tetapi juga pasir putihnya yang sangat lembut sehingga cukup nyaman untuk sekadar duduk santai di sini. Sambil menikmati suasana pantai yang menyegarkan, kamu juga bisa merasakan sensasi nikotin tanpa tembakau dan bau asap rokok yang mengganggu.

Kini ada VELO, kantong nikotin pertama di Indonesia untuk kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui. Cukup selipkan di antara bibir dan gusi atas, sensasinya bakal kerasa hingga setengah jam. Tidak menimbulkan asap sehingga kamu tidak perlu khawatir akan mengganggu kenyamanan orang di sekitar. 

Bagaimana, kedengarannya cukup seru kan? Dari tempat-tempat tadi, mana saja yang ingin kamu kunjungi segera?

Ifan Prasya
Karena belajar bisa dari mana aja.

Related Articles

Leave a Reply