Sudah Tahu Belum? Ini Alasan Mengapa Sertifikat TOEFL Dibutuhkan di Dunia Kerja

TOEFL atau adalah ujian yang digunakan untuk menguji kemampuan berbahasa Inggris seseorang. TOEFL pertama kali diadakan untuk para siswa sekolah pada tahun 1964 di Amerika Serikat. Pusat lembaga TOEFL di seluruh dunia sendiri ada di New Jersey.

Awalnya, TOEFL digunakan sebagai syarat bagi siswa SMA untuk masuk ke universitas yang ada di Amerika Serikat dan Kanada. Seiring berjalannya waktu, TOEFL kemudian menjadi standar internasional untuk menilai kemampuan bahasa Inggris dan digunakan di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Selain diperlukan di dunia pendidikan, TOEFL juga sangat penting di dunia kerja lho. Simak beberapa alasan mengapa TOEFL sangat penting dalam pekerjaan.

  • Membuka peluang kerja di luar negeri

Bekerja di luar negeri bukan lagi mimpi. Tapi tentu saja salah satu syaratnya adalah kamu harus bisa berbahasa Inggris. Para employer atau pemberi kerja mau menerima pekerja dari negara lain, namun mereka harus bisa berbahasa Inggris dengan baik. 

Kamu akan bisa mendapatkan pengalaman baru dengan bekerja di negara lain. Kamu dapat mempelajari cara berpikir, kultur kerja, juga berinteraksi secara langsung dengan masyarakatnya. Untuk bisa mendapatkan semua itu, kamu harus mengasah bahasa Inggrismu. Jadi saat kamu menjalani interview dengan pemberi kerja, mereka tidak ragu untuk menerimamu.

  • Bukti kemampuan berbahasa Inggris

Semua orang bisa dengan mudah mengatakan bahwa mereka bisa berbahasa Inggris. Tapi, apa buktinya?

Nah, ini dia salah satu kegunaan sertifikat TOEFL, yaitu sebagai bukti sah bahwa kamu memang bisa bahasa Inggris. Hanya dengan melihat skor TOEFL-mu saja, perusahaan sudah bisa mengukur sejauh mana kemampuanmu. Dengan demikian, mereka percaya bahwa kamu mampu menjalankan tugas-tugas yang memerlukan pengetahuan berbahasa Inggris yang mumpuni.

  • Jenjang karir yang lebih menjanjikan

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan di berbagai bidang industri di seluruh dunia. Dengan menguasai bahasa Inggris, jenjang karir yang lebih tinggi akan terbuka lebar untukmu dan semakin banyak pula kesempatan yang kamu miliki. Tidak hanya di perusahaan nasional saja, kamu juga bisa melamar pekerjaan di luar negeri.

Masa Berlaku Sertifikat TOEFL

Salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan dari sertifikat TOEFL adalah masa berlakunya. Biasanya, sertifikat TOEFL masih bisa dipakai hingga 2 tahun setelah pertama kali diterbitkan.

Tapi setelah melewati masa batas waktu, jangan buru-buru dibuang ya. Beberapa pihak mungkin masih mau menerima sertifikatmu, tergantung dari beberapa hal. Misalnya, kamu mengikuti tes TOEFL dua tahun lalu dan mendapatkan skor yang tidak terlalu memuaskan. Namun setelah itu, kamu bekerja di sebuah perusahaan yang menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi. Tanpa perlu melakukan tes ulang, kemampuan bahasa Inggrismu pasti membaik.

Berbeda lagi jika kamu mendapatkan skor TOEFL tinggi 2 tahun lalu, namun tidak banyak menggunakan bahasa Inggris setelahnya. Kemampuanmu mungkin akan diragukan dan harus menjalani tes ulang untuk meng-update bahasa Inggrismu.

Meskipun perusahaan tempat kamu melamar kerja tidak menyebutkan sertifikat TOEFL sebagai salah satu persyaratan, tetap sertakan saja sebagai salah satu kelebihan yang kamu tawarkan. Atau kamu juga bisa menyebutkan skor TOEFL pada sesi wawancara yang kamu jalani.

Itu dia berbagai kegunaan sertifikat TOEFL yang akan sangat membantu kamu di dunia kerja. Apabila kamu mendapatkan skor tinggi, jangan puas hanya sampai di situ saja. Kamu harus terus melatih kemampuanmu agar semakin membaik.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply