8 Spot Arung Jeram Paling Menantang di Indonesia, Berani Coba?

Menaklukan jeram ganas yang menantang nyali? Boleh dicoba! Penggila olahraga arung jeram di Indonesia tidak akan kekurangan spot arung jeram untuk dijelajahi. Dengan kondisi geografis yang sebagian besarnya didominasi wilayah perairan, serta lebih dari 330 sungai yang membelah daratannya, ada banyak sekali spot potensial arung jeram yang bisa dicoba.

Walaupun saat ini musim penghujan masih berlangsung dan mengakibatkan banyak sungai meluap, informasi menarik dalam ulasan ini bisa kamu simpan untuk mencoba arung jeram saat musim berikutnya tiba!

1. Sungai Alas, Nanggroe Aceh Darussalam

Source: Batari Tour & Travel/FOTO

Di provinsi Aceh terdapat salah satu spot sungai arung jeram yang cukup terkenal bernama Sungai Alas. Aliran sungai ini membelah kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Dengan grade 3-4, Sungai Alas tidak cuma dialiri arus deras, tapi juga belokan-belokan tajam yang menantang.

Bagi para pemula disarankan memilih jalur Muara Situlan di Kota Kutacane yang akan berakhir di Kota Gelombang. Namun, jika kamu sudah cukup lihai mengarungi rute-rute ekstrim, kamu bisa memulai dari daerah Angusan. Di sepanjang track kita akan disuguhi pemandangan alami, dan jika cukup beruntung, kita bisa berjumpa dengan satwa-satwa liar di sekitaran sungai.

2. Arung Jeram Sungai Asahan, Sumatera Utara

Source: Aurora Wisata Medan/FOTO

Sungai Asahan di Sumatera Utara memiliki tingkat kesulitan antara grade 4 sampai 5. Dengan tingkat kesulitan tersebut, sungai ini sering dijadikan lokasi pertandingan arung jeram nasional dan internasional. Lebih dari itu, Sungai Asahan juga disebut-sebut sebagai spot arung jeram terbaik ketiga di dunia, setelah Zambesi di Afrika dan Sungai Colorado di Amerika Serikat.

Titik start dimulai dari Desa Tangga, Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan. Total jarak yang mesti diarungi yaitu sejauh 22 kilometer, tentunya dengan medan yang sulit untuk dilalui. Tertarik untuk mencoba?

3. Sungai Batang Tarusan, Sumatera Barat

Source: Super Adventure/FOTO

Spot berikutnya terletak di Provinsi Sumatera Barat, yaitu Sungai Batang Tarusan. Sungai ini cukup aman untuk pemula, karena tingkat kesulitannya hanya berkisar di kategori 2+ sampai 3 ketika debit air sedang stabil pada musim kemarau.

Tapi, tingkat kesulitan ini bisa mencapai grade 4+ saat musim hujan. Jadi, pertimbangkan juga faktor cuaca jika ingin mencoba spot ini. Aktivitas arung jeram di Sungai Batang Tarusan bisa dimulai dari Desa Taratak yang berjarak 20 menit dari Jalan Lintas Padang-Painan. 

4. Arung Jeram Sungai Ayung, Bali

Source: Dolan Dolen Tour/FOTO

Sungai Ayung adalah sungai terpanjang di Pulau Bali, dengan panjang jalur arung jeram yang mencapai 12 kilometer. Kamu bisa mulai dari daerah Payangan dan berakhir di Desa Kedewatan dengan durasi tempuh sekitar 2 jam. Dengan tingkat kesulitan di kategori 2 sampai 3, sungai ini cocok bagi pemula. Menariknya lagi, kita bisa melihat pahatan-pahatan tebing karya seniman Ubud di beberapa titik di sepanjang jalur.

5. Arung Jeram Sungai Elo, Jawa Tengah

arung jeram
Source: Gogonesia

Di Desa Blondo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, ada Sungai Elo yang sangat direkomendasikan untuk dicoba. Letaknya yang gak terlalu jauh dari Candi Borobudur bisa kita tempuh sekitar 40 menit dari Yogyakarta. Track arung jeram di sungai ini cukup aman bagi pemula, tapi tentunya harus tetap waspada karena arusnya terkenal deras.

Untuk menyelesaikan rute arung jeram di Sungai Elo memakan durasi sekitar 2-3 jam dengan kedalaman air dan tingkat jeram yang bervariasi. Suasana alam yang indah dan sejuk bakal bikin kamu betah berpetualang di sini!

6. Sungai Citarik, Jawa Barat

arung jeram
Source: Pegipegi/FOTO

Sungai Citarik yang terletak di Taman Nasional Gunung Halimun, Sukabumi, Jawa Barat ini adalah salah satu lokasi arung jeram terfavorit, maka gak heran banyak pengunjung yang selalu datang setiap akhir pekan. Sungai dengan grade 3 ini terdiri dari sejumlah track. Masing-masing dibedakan berdasarkan jarak tempuhnya, mulai dari 5 km hingga 17 km. Di beberapa titik di sepanjang rute terdapat spot air terjun yang akan menambah kesan petualanganmu.

7. Sungai Lamandau, Kalimantan Tengah

arung jeram
Source: Yukpiknik.com

Spot arung jeram berikutnya berada di Desa Riam Tinggi, Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, yaitu Sungai Lamandau. Spot ini sangat cocok untuk melakukan aktivitas rafting. Dengan ukurannya yang lebar, sungai ini mengalir membelah belantara hutan Kalimantan yang di setiap sisinya ditumbuhi pepohonan besar khas hutan tropis.

8. Sungai Nimanga, Sulawesi Utara

arung jeram
Source: Super Adventure/FOTO

Sungai yang terletak di Desa Timbukar, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara ini akan memberikan pengalaman rafting yang seru dan menantang. Sungai ini bisa kamu sambangi dengan menempuh perjalanan selama 3 jam dari Manado.

Tingkat kesulitan spot ini berkisar di antara kategori 3 sampai 5, tapi di musim penghujan tingkat kesulitannya bisa meningkat hingga kategori 6. Oleh karenanya, sungai ini sering dipakai sebagai tempat latihan tim arung jeram profesional. Untuk menyelesaikan rute, pengarungannya akan menghabiskan durasi sekitar 5 jam.

Itu dia sejumlah lokasi menantang untuk berarung jeram. Jangan lewatkan juga informasi menarik seputar olahraga ekstrim lainnya dalam artikel selanjutnya bersama VELO!

Kantong nikotin pertama di Indonesia buat kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui. Cukup selipkan VELO di antara bibir dan gusi atas, sensasinya bakal kerasa hingga 30 menit.

Tidak menimbulkan asap sehingga kamu tidak perlu khawatir akan mengganggu kenyamanan orang di sekitar. Bahkan di sela-sela aktivitasmu yang padat, kamu tetap bisa bebas menikmati kantong nikotin ini.

Henki Taher
For the last few years, Hengky living as a digital nomad and currently settled in Denpasar. As a writer, he is interested in a certain topic such as pseudoscience, culture, art, and lifestyle.

Related Articles

Leave a Reply