Ski Air: Mengenal Sejarah dan Tekniknya di Indonesia!

Ski air adalah olahraga yang dapat dimainkan di atas permukaan air. Olahraga air yang sudah dikembangkan sejak tahun 1920 an oleh Ralph Samuelson. Awalnya hanya menggunakan sepasang papan dan tali jemuran sebagai tali penarik. 

Biasanya, pengendara akan ditarik ke belakang perahu atau ditarik oleh instalasi kabel pada ski tersebut. Bagaimana bisa ya ada ide cemerlang yang hanya memanfaatkan tali dan papan? Untuk lebih jelasnya, simak sejarah olahraga ski air dan beberapa teknik saat bermainnya berikut ini. 

Sejarah Ski Air 

Pada tahun 1922, Ralph Samuelson melakukan percobaan untuk pertama kalinya. Dia memanfaatkan lempengan drum dari kayu dan perahu sebagai alat untuk menarik. Samuelson tetap berusaha mengembangkan olahraga ini, seperti melakukan posisi berbeda di atas ski. 

Namun, percobaan pertamanya pun gagal, tapi Samuelson tidak menyerah begitu saja. Dia tetap mencoba lagi dengan media yang lain yaitu dengan papan berukuran 20 x 23 cm. Papan buatannya pun menggunakan tali jenis kulit yang ditahan sebagai penahan. 

Setelah mencoba berkali-kali, Samuelson pun berhasil melakukan ski air pada tahun 1925 dengan ketinggian mencapai 18 meter. Sejak itu, Samuelson menjadi orang pertama yang memainkan ski air di dunia dengan kecepatan tinggi selama 15 tahun. Sebagai pelopor ski air, Samuelson mengadakan acara American Water Ski pada tahun 1966. Dia melakukannya dari Michigan ke Florida dan menjadi bagian dari kompetisi Olimpiade tahun 1972. 

Olahraga air ini telah menjadi aktivitas di seluruh negara di dunia termasuk Indonesia yang mulai dimainkan pada tahun 1952 di Kota Makassar.  

Teknik Bermain Ski Air 

Olahraga ski di atas permukaan air ini dapat dimainkan pada air dengan kedalaman setidaknya 10 meter. Sebagai seorang pemain ski, kamu harus memposisikan tubuh dengan lutut yang ditekuk ke posisi sedikit berjongkok.  

Hal yang paling menyenangkan dari olahraga ini adalah ketika kamu ditarik menggunakan kapal yang membuat kamu melaju dengan kecepatan tinggi sekitar 22 km/jam hingga 58 km/jam.  

Namun, kecepatan pada olahraga ini dibedakan sesuai dengan kemampuan kamu, misalnya saja jika berada antara 22 hingga 58 kilometer per jam berarti hanya digunakan saat kelas slalom air saja. Kemudian, pada kecepatan mencapai 72 km/jam digunakan pada permainan yang tidak menggunakan alas kaki dan kecepatan hingga 190 km/jam akan digunakan hanya pada balapan atau lomba ski saja. Selain kecepatan, jenis tali yang digunakan pun bervariasi, tergantung tingkat kemampuan kamu.  

Jangan khawatir apabila kamu terjatuh, karena akan ada orang yang bertugas mengamati permainan kamu. Pengamat tersebut akan berkomunikasi dengan orang yang mengendarai kapal menggunakan komunikasi sinyal tangan. 

Hal yang Harus Diperhatikan Pemain Ski

Salah satu hal yang harus diperhatikan pada olahraga ini adalah cara komunikasi antara pemain dan pengemudi kapal yang menarik kamu. Kalian harus saling memperhatikan satu dengan lainnya, apalagi ketika pengemudi kapal sedang melaju dengan kecepatan yang tinggi, mereka harus menjauhkan kapal dari lalu lintas kapal nelayan.  

Sebelum menekuni olahraga ini, kamu harus menguasai teknik dasarnya terlebih dahulu, karena walaupun bisa berenang namun tetap dapat membahayakan juga.  

Perlengkapan Olahraga Ski di Air 

Saat bermain di atas air, perlengkapan wajib yang harus kamu gunakan adalah rompi, pelampung, papan, kapal dan sepatu yang sesuai dengan kebutuhan. 

Frista Kurniasari
Talented professional good multitasking, organizational and verbal and written communication skills. Expertise includes writing content on topics such as Lifestyle, Humanity, Education and Travel.

Related Articles

Leave a Reply