Simak Cara Mendapatkan Uang dari Youtube Paling Akurat Ini

Siapa sih yang tidak tahu Youtube? Kita semua pasti tahu platform video yang satu ini, bahkan kita pun memiliki peran di dalamnya. Jika tidak sebagai uploader, ya sebagai penonton. 

Kamu yang suka upload video ke Youtube pasti melakukannya dengan senang hati, kan? Kamu bisa mengunggah konten video apapun di Youtube asal sesuai syarat dan ketentuan yang dikeluarkan oleh pihak Youtube. Konten-konten tersebut bisa berupa konten musik, vlog, video DIY, dan sebagainya.

Tapi pernahkah kamu kepikiran untuk mendapatkan uang dengan membuat konten video di Youtube? Banyak dari kita mungkin sudah tahu tentang hal ini. Bahkan sekarang pun kita sudah sering mendengar istilah Youtuber.

Namun, bagaimana sih sebenarnya cara mendapatkan uang dari Youtube yang benar dan akurat? Kuy, simak artikel di bawah ini!

Membuat channel Youtube

Hal pertama yang harus dilakukan sebagai bagian dari cara mendapatkan uang dari Youtube adalah membuat akun Youtube terlebih dahulu. Lengkapilah profil Youtube-mu dengan baik. 

Pikirkan konten apa yang ingin kamu buat di channel Youtube tersebut. Sebaiknya pilihlah jenis konten yang merupakan interest-mu. Agar saat membuat konten, kamu tidak merasa terpaksa melakukannya. Jika kamu suka musik, buatlah channel musik. Jika kamu suka kuliner, buatlah channel kuliner, mukbang, atau review makanan.

Kemudian, tentukan apakah channel Youtube itu akan dibuat sesuai nama kamu, sesuai tema kontennya, atau kamu punya nama lain yang ingin kamu berikan untuk channel Youtube yang baru kamu bangun.

Bila perlu, buatlah foto profilmu semenarik mungkin. Beberapa youtuber terkenal bahkan membuat animasi atau logo sendiri untuk channel Youtube miliknya.

Jika semua lengkap, kamu siap deh bikin konten dan mendapatkan uang dari Youtube!

Melakukan monetisasi pada akun Youtube

Agar kamu bisa mendapatkan uang dari Youtube, mengunggah konten saja tidak cukup. Lakukanlah monetisasi pada akun tersebut dengan masuk ke menu Account Information, klik menu Channel dan Status and Features, lalu memilih pilihan Enable Monetisation. Jangan lupa baca syarat dan ketentuan yang berlaku ya!

Nantinya jika kamu sudah memiliki 1.000 subscribers dan paling sedikit 4009 jam tayang dalam rentang waktu 12 bulan terakhir, pihak Youtube akan meninjau keaslian kontenmu. Jika semua sudah sesuai persyaratan, bersiap-siaplah mendapatkan uang dari Youtube!

Menggunakan Adsense

Jika monetisasi akun adalah cara mendapatkan uang dari Youtube dengan mengumpulkan viewers, maka Adsense akan membantumu mendapatkan penghasilan dari iklan.

Pertama-tama, pilih Associate pada akun Youtube-mu. Kemudian lakukan approval pada akun Adsense yang kamu miliki.

Di fitur Youtube Analytic, kamu bisa melakukan peninjauan berapa penghasilan kamu untuk video-video yang kamu unggah.

Biasanya iklan akan muncul pada video Youtube-mu jika kamu telah mengaktifkan monetisasi. 

Kerjasama endorse dengan berbagai brand

Agar kamu mendapatkan banyak viewers, kamu harus mengunggah konten yang berkualitas secara rutin. Ketika subscribers dan viewers di channel Youtube-mu sudah banyak, kamu pasti akan percaya diri untuk mengajak berbagai brand untuk melakukan kerjasama endorse.

Bahkan seringkali para Youtubers terkenal tidak mengajukan kerjasama dengan brand, namun brand-lah yang mengajak mereka untuk bekerja sama. Ini adalah cara mendapatkan uang dari Youtube yang sangat efektif, namun tentu butuh kesabaran dan usaha untuk dapat melakukannya.

Nah, itulah beberapa cara mendapatkan uang dari Youtube yang bisa kamu coba. Sudah siap mendapat penghasilan tambahan dari hobi membuat konten?

Related Articles

Leave a Reply