Simak 5 Cara Mengatasi Insecure Agar Harimu Lebih Baik

Jangan berkecil hati saat kamu merasa insecure. Ada banyak cara mengatasi insecure yang bisa kamu lakukan untuk membuat harimu lebih baik. Tidak berhenti sampai di situ, saat kamu bisa mengatasi rasa insecure hidupmu akan jadi jauh lebih baik lho.

Kamu bisa mempelajari apa saja yang harus kamu lakukan untuk membuatmu lebih menghargai dirimu dan menerima dirimu dengan segala kekurangannya. Yuk, lakukan hal-hal di bawah ini untuk mengalahkan rasa insecure yang selama ini menghantui dirimu.

1. Hadapi semua yang kamu rasakan

Menghadapi perasaanmu sendiri adalah hal pertama yang harus kamu lakukan jika ingin mengatasi rasa insecure. Semua orang ingin menghindari masalah yang datang di hidup mereka, namun hal itu tidak membuat masalah bisa terselesaikan.

Oleh karena itu, apapun yang kamu rasakan kamu harus menghadapinya. Jangan biarkan masalah mengendalikanmu, namun kamu yang harus bisa mengendalikan masalah yang datang.

2. Ciptakan tantangan baru untuk dirimu

Menantang dirimu sendiri untuk keluar dari zona nyaman adalah cara tercepat untuk bisa mengalahkan insecure yang ada dalam dirimu. Mulailah dengan menghentikan semua perkataan dan pikiran negatif tentang dirimu.

Ganti semua hal negatif tersebut dengan hal-hal yang positif. Tuliskan afirmasi yang akan kamu ulang setiap hari untuk membuatnya tertanam di alam bawah sadarmu.

3. Hentikan sikap perfeksionis

Sumber dari segala rasa insecure bisa jadi adalah ekspektasimu terhadap dirimu sendiri. Ini sering terjadi pada mereka yang perfeksionis, ingin segala sesuatunya sempurna. Padahal memiliki kekurangan merupakan sesuatu yang wajar bagi semua manusia.

Hentikan sikap perfeksionis tersebut dan turunkan standarmu terhadap diri sendiri dan orang lain. Cobalah untuk menerima semua kekurangan dirimu sambil terus berusaha untuk memperbaikinya.

4. Hadapi ketakutanmu

Menghindari ketakutan bukanlah cara mengatasi insecure yang efektif. Justru kamu harus mengakui semua ketakutan tersebut dan menghadapinya dengan segenap kekuatan yang kamu miliki. Ketika kamu sudah mengakui semua hal yang membuatmu insecure, maka akan lebih mudah bagimu untuk mengalahkan dan mengatasinya.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan tentu keluar dari zona nyaman. Ini mungkin adalah langkah terbesar karena kamu tidak tahu apa yang akan kamu hadapi di luar sana. Ketika kamu sudah berani keluar dari zona nyaman, kamu sudah separuh jalan menghadapi insecure dalam dirimu.

5. Miliki pola pikir yang ingin selalu berkembang

Pola pikir yang ingin berkembang adalah bagaimana kamu menghadapi suatu masalah. Jangan menganggap masalah sebagai sebuah rintangan atau hambatan. Lihatlah masalah sebagai kesempatan untukmu berkembang menjadi lebih baik.

Rasa insecure juga merupakan bentuk masalah lho. Tapi kamu harus melihat hal ini sebagai sesuatu yang bisa membuatmu jadi seseorang yang lebih baik. Coba tanyakan pada dirimu, apakah rasa insecure tersebut beralasan? Atau hanya ketakutan yang tidak pasti?

Ketika kamu sudah berani mempertanyakan hal-hal ini dan menemukan jawabannya, maka kamu sudah selangkah lebih maju untuk mengatasi insecure dalam dirimu.

Selain cara mengatasi insecure yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa mencari cara sendiri yang menurutmu cukup ampuh.

Di sela-sela waktumu, bagi kamu yang merupakan pengguna produk nikotin berusia 18 tahun atau lebih, bukan perempuan hamil atau menyusui, VELO adalah produk inovatif yang memungkinkan kamu untuk merasakan sensasi nikotin dengan cara baru. Bentuknya adalah kantong kecil yang diselipkan di sela bibir dan gusi atas. Sensasi nikotin akan terasa selama 15 sampai 20 menit ke depan.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply