Sibajag Green Canyon, Suasana Negeri Sakura di Perbukitan Jawa Tengah

Sibajag Green Canyon adalah objek wisata yang menegaskan sebuah kreativitas kekinian, dalam balutan kelestarian alam, dan potensi lokal. Meskipun statusnya masih tergolong objek wisata baru, namun tempat ini mampu menarik animo pengunjung untuk datang ke lokasinya.

Objek wisata di Temanggung ini sangat cocok sebagai destinasi wisata untuk menyegarkan pikiran. Di sana para pengunjung akan merasakan suasana tenang di tengah alam terbuka dengan pemandangan cantik ala Negeri Sakura.

Keindahan Alam Sibajag Green Canyon

Green Canyon
Image source: liburanyuk.co.id

Lokasi Sibajag Green Canyon cukup dekat, dan mudah diakses dari Temanggung menjadi salah-satu alasan kenapa selalu ramai dengan kunjungan wisata di akhir pekan.

Sibajag Green Canyon Temanggung berada di area yang sangat luas sekali. Sebuah objek wisata yang menawarkan keindahan alam terbuka, dengan udara sejuk khas pedesaan. 

Destinasi ini berupa taman dengan konsep pemandangan alam menawan berupa perbukitan serta view indah Gunung Sindoro dan Bukit Sikendil. 

Bahkan, pihak pengelola wisata tengah mencanangkan konsep wisata bersalju di tempat ini. Tempat wisata yang diciptakan Perum Perhutani KPH Kedu Utara Lembaga Masyarakat Desa Hutan Rimba Makmur ini kedepannya akan menjadi salah satu destinasi favorit di Temanggung.

Pemandangan yang disuguhkan benar-benar mempesona, mulai dari panorama perbukitan, gunung, pohon-pohon, hingga bebatuan besar. Semuanya tampak alami dan enak dipandang. Terutama bagi pengunjung yang tinggal di perkotaan, akan merasakan sensasi alami back to village.

Spot Foto Ciamik Bernuansa Negeri Sakura

Green Canyon
Image source: Pinterest

Selain keindahan alam dan megahnya Gunung Sindoro, Sibajag Green Canyon juga menyediakan spot yang menjadi ikon, yaitu sebuah jembatan memanjang atau semacam tangga yang terbuat dari bambu. 

Bagi pemburu foto, tentu tempat ini adalah pilihan utama untuk mendapatkan gambar instagramable. Tak heran, Sibajag Green Canyon adalah lokasi favorit pemotretan untuk prewedding maupun acara lainnya.

Keberadaan dekorasi sakura di beberapa spot jembatan bambu hadirkan nuansa Jepang. Maka wajar bila pengunjung diajak berimajinasi seolah tengah berada di Negeri Matahari Terbit. 

Bila di Jepang panorama bunga sakura berpadu dengan keagungan Gunung Fuji, maka di sini berpadu dengan keindahan Gunung Sindoro, salah satu gunung agung di Jawa Tengah.

Aktivitas Seru di Sibajag Green Canyon

Green Canyon
Image source: sibajag-green-canyon.business.site

Selain itu, Sibajag Green Canyon adalah lokasi pas untuk berburu sunrise dan sunset. Di sini pengunjung bisa menjumpai sejumlah fasilitas, seperti spot foto, toilet, musholla, terowongan bambu, gardu pandang, gazebo, serta lahan parkir cukup luas.

Tak sampai di situ, tersedia Wisata Offroad Sibajag bersama 4WD Temanggung, atau mencoba berpetualang di Bukit Sikendil yang terjal, serta menjelajah kebun teh menggunakan mobil jeep untuk memacu adrenalin. Untuk sewa mobil jeep diberikan durasi waktu 1 – 2 jam dan kapasitas 3 penumpang.

Sibajag Green Canyon juga menyediakan paket romantis bagi pasangan yang tengah berbulan madu. Harganya mulai dari Rp500.000 – Rp1.500.000. Jangan lupa untuk reservasi terlebih dahulu.

Di sekitar area wisata, banyak tempat makan yang bisa dikunjungi seperti Javanese Cafe, Bakso Lomok Uleg Mas Bross, Warung Kupat Tahu, Ayam Geprek Nonik, Rumah Makan Mulyo Sari Ayam dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Sibajag Green Canyon

Green Canyon
Image source: Brisik.id

Harga tiket masuk Sibajag Green Canyon adalah Rp15.000 per orang, tanpa batasan waktu alias sepuasnya. Include free spot selfie, view langsung dari kaki Gunung Sindoro dan Bukit Sikendil, live music setiap Minggu, serta spot camping. 

Harga tersebut dapat sewaktu–waktu berubah sesuai kebijakan pengelola mengingat tempat ini masih terus dalam pembangunan. 

Untuk parkir kendaraan, motor dikenakan Rp2.000. Sedangkan Mobil dikenakan biaya parkir Rp 5.000. Dan untuk toilet umum, pengguna dikenakan biaya Rp2.000.

Sayangnya di dalam kompleks wisata belum tersedia penginapan. Pilihan bermalam yang tersedia hanya kamar RedDoorz dengan fasilitas wifi, ruangan kamar luas, parkir luas dan air panas, serta view gunung yang mempesona. 

Jarak hotel ke lokasi sekitar 6,1 km ditempuh selama 13 menit berkendara. Tarifnya sekitar Rp205.000 per malam.

Lokasi Sibajag Green Canyon

Green Canyon
Image source: Pinterest

Lokasi Sibajag Green Canyon berada di Jalan Tambi Sibajag, Desa Canggal, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, tak jauh dari Taman Nasional Jumprit dan Jalur Pendakian Sindoro via Sikatok. Dari Temanggung kota berjarak 28,8 Km atau sekitar 1 jam perjalanan. 

Jika dari arah Wonosobo dapat dicapai melalui jalur Desa Tambi, Wonosobo menuju arah Ngadirejo, Temanggung. Durasi perjalanan menuju Sibajag Green Canyon dari pusat Ngadirejo hanya 15 menit, yakni berada di perbatasan antara Kabupaten Temanggung dan Wonosobo.

Kondisi jalan menuju ke lokasi cukup sempit, belum lagi banyak tanjakan, turunan dan jalan berbatu. Tidak jarang terdapat jurang-jurang di samping jalan, sehingga harus ekstra berhati-hati. Sibajag Green Canyon buka setiap hari pada pukul 09.00 WIB – 17.00 WIB. 

Demikianlah info seputar Sibajag Green Canyon Temanggung. Simak juga informasi menarik lainnya bersama VELO, kantong nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia yang praktis dan simple!

VELO tersedia dalam aneka varian rasa unik seperti Berry Frost, Tropical Mix, Polar Mint, dan Ruby Berry. Kantong nikotin ini ditujukan bagi pengguna nikotin berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang hamil atau menyusui.

VELO akan menemani keseruan aktivitasmu kapan saja dan dimana saja tanpa khawatir mengganggu kenyamanan orang di sekitar, karena kantong nikotin ini sepenuhnya bebas asap!

Hengky
For the last few years, Hengky living as a digital nomad and currently settled in Denpasar. As a writer, he is interested in a certain topic such as pseudoscience, culture, art, and lifestyle.

Related Articles

Leave a Reply