Siapkan Peralatan Camping Ini Sebelum Berangkat Berkemah!

Peralatan Camping – Apakah kamu berencana untuk berkemah dalam waktu dekat? Jika iya, maka pastikan beberapa peralatan camping di bawah ini sudah kamu ketahui dan persiapkan, ya! Sebab, beberapa peralatan yang sudah kami masukkan di dalam list berikut ini tidak boleh ketinggalan, loh. 

Bisa-bisa acara berkemah yang sudah kamu rencanakan jauh-jauh hari gagal. Sebab, peralatan camping tersebut bersifat penting dan wajib dibawa. Apa-apa saja sih daftarnya? Yuk disimak penjelasan di bawah ini.

Rekomendasi Peralatan Camping yang Harus Dibawa

1. Tenda dan Sumber Pencahayaan

Peralatan Camping
source: instagram.com/thegearstock

Namanya juga berkemah, ya kan? Sudah jelas kamu harus menggunakan tenda dong! Jadi, tenda ini merupakan peralatan penting yang tidak boleh dilupakan. Walaupun beberapa tempat perkemahan sudah menyediakan layanan sewa tenda. 

Karena kamu akan berada di alam bebas yang kebanyakan sumber cahaya hanya dari langit. Maka, kamu harus membawa sumber cahaya, minimal sebuah senter. Sumber cahaya ini tidak hanya diperlukan di sekitar tenda saja, namun juga ketika kamu ingin mencari mata air.

2. Logistik dan Peralatan Memasak

Kamu juga harus menyiapkan logistik alias bahan makanan. Banyaknya bahan makanan tentu harus disesuaikan dengan jumlah orang dan berapa lama kalian akan berkemah. Apalagi jika ditempat yang jauh dari akses kota atau desa. Maka siapkan bahan makanan yang mudah dimasak dan tahan lama.

Tergantung seberapa lama, seberapa banyak dan seberapa sulit lokasi diakses. Maka kamu harus menyesuaikan peralatan memasak untuk dibawa. Tidak ada salahnya membawa banyak peralatan memasak yang nantinya pasti berguna saat berkemah. Namun, jika dirasa sangat repot dan memakan banyak tempat, maka bisa juga membawa peralatan seadanya.

3. Perlengkapan P3K, Korek Api hingga Pisau

source: instagram.com/

Yakinlah, dua benda ini pasti berguna saat kamu sedang berkemah. Sebab, kamu membutuhkan api untuk memasak atau sekedar menghangatkan tubuh. Kamu juga membutuhkan setidaknya pisau lipat untuk berbagai keperluan di alam bebas.

Sakit ataupun luka tidak pernah bisa kuta prediksi akan datang dimana dan kapan saja, kan? Untuk itu bawalah peralatan P3K untuk berjaga-jaga.

4. Perlengkapan sanitasi dan plastik untuk menyimpan sampah

Terkadang, sumber mata air sangatlah jauh dan sulit diakses. Untuk itu, tisu kering maupun tisu basah serta hand sanitizer sangat diperlukan untuk membersihkan diri. Kamu pernah terpikirkan untuk menyimpan sampah saat berkemah, tidak? 

Itulah mengapa kantong plastik besar disarankan untuk dibawa saat pergi camping. Sebab bisa digunakan untuk menyimpan sampah nantinya, agar alam tetap terjaga kebersihannya.

5. Sleeping Bag atau Tikar

Peralatan Camping
source: instagram.com/nangausa

Memang, tidak sedikit orang yang lebih memilih tidur hanya beralaskan tikar. Namun, tidak ada salahnya mempertimbangkan sleeping bag ini. Selain nyaman juga membuat tubuh lebih hangat.Tikar juga benda penting saat berkemah, loh! Bisa digunakan alas di dalam maupun di luar tenda.

6. Pakaian Ganti hingga alas kaki

Tentu saja kamu harus membawa baju ganti apalagi jika berkemah lebih dari sehari. Jangan lupa juga untuk menyiapkan jaket, mantel hujan serta selimut, ya. Sudah tahu bukan tentang sandal gunung? Biasanya alas kaki ini lebih diutamakan untuk camping apalagi jika medannya sulit. Jangan lupa juga kaos kaki, sarung tangan maupun penghangat kepala seperti topi.

7. Ransel hingga Kompas

Tidak ada tuntutan untuk menggunakan ransel dengan jenis atau merek tertentu saat berkemah memang. Tapi ukuran besar bisa membuat kamu lebih leluasa membawa barang-barang. Kamu juga mungkin membutuhkan asupan energi untuk charge ponsel atau kamera digital. 

Peralatan camping terakhir yang harus kamu pertimbangkan untuk dibawa adalah kompas. Sebab, ini berguna menentukan alur atau jalan agar kamu tidak tersesat.

Demikianlah ulasan mengenai peralatan camping yang sebaiknya kamu persiapkan. Jadi, kamu nantinya bisa menikmati keindahan alam tanpa ada kendala. Sehingga rencana berkemah jadi lebih asyik dan aman, setidaknya hal-hal yang tidak diinginkan bisa diminimalisir.

Kamu termasuk orang yang gak bisa lepas dari rokok, tapi segan kalau merokok di samping orang lain? Cobain VELO, aja! Produk nikotin ini bebas tembakau dengan varian rasa unik dan tanpa asap. Kamu bisa menggunakannya kapan aja dan dimana aja kamu berada tanpa takut membuat kenyamanan orang lain terganggu. 

Tinggal selipkan kantong nikotin VELO di sela-sela bibir dan gusi bagian atas, lalu bersiaplah dengan sensasi hangatnya yang menggelitik. Diproduksi khusus untuk pengguna produk nikotin dewasa, minimal kamu harus sudah berusia diatas 18 tahun, bukan wanita hamil atau menyusui. 

Related Articles

Leave a Reply