Serunya Naik Bus Wisata Solo sambil Keliling Kota!

Sudah pernah coba naik bus tingkat belum? Nah, kalau kamu lagi jalan-jalan ke tempat wisata Solo jangan lupa cobain serunya naik bus wisatanya buat keliling kota. Bus wisata Solo ini didesain bertingkat seperti double decker bus yang ada di kota London. Buat kamu yang lagi liburan di kota Solo, simak dulu rute dan jadwal keberangkatannya berikut ini.

Werkudara, Bus Wisata Solo yang Gagah

Source: @pukisbadran via instagram.com

Bus wisata ini lebih dikenal dengan sebutan bus Werkudara ini merupakan bus buatan anak-anak Indonesia. Bus ini mulai beroperasi sejak  tahun 2011 yang lalu. Pemberian nama “Werkudara” untuk bus wisata ini sendiri diambil dari sosok wayang salah satu anggota Pandawa Lima. Yakni Werkudara, ia dikenal memiliki fisik yang kuat dan juga gagah.

Dengan warna merah menyala dan lukisan tokoh Werkudara, bus ini tampil gagah dan kokoh sesuai dengan namanya. Bus ini sendiri memiliki tinggi 4.5 m, lebar 2.5 m dan berat hingga 12 ton, tak heran jika penampakannya begitu megah. Dalam satu kali perjalanan, bus wisata Solo mampu mengangkut penumpang hingga 43 orang. 25 orang di lantai dua bus sementara lantai bawah 18 orang.

Lokasi Pembelian Tiket Bus

Jika kamu ingin sekali mencoba sensasi naik bus wisata Solo ini, kamu cukup membayar tiket sebesar Rp 20 ribuan saja per orang. Untuk mendapatkan tiketnya, kamu tidak bisa memesannya secara online. Tapi, kamu harus datang langsung ke Kantor Dinas Perhubungan Kota Solo. Lebih tepatnya ada di Jl. Menteri Supeno no.7, Manahan, Banjarsari, Kota Surakarta. 

Bus Werkudara ini hanya beroperasi setiap hari Sabtu dan hari Minggu serta hari libur. Dengan 3 waktu keberangkatan, yakni  jam 9 pagi, jam 12 siang dan jam 4 sore, atau menyesuaikan dengan jumlah penumpang yang ada. Agar tidak kehabisan tiket, kamu harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Ada baiknya lakukan reservasi sehari sebelumnya. Selain itu, kamu juga bisa menyewa bus wisata ini untuk berkeliling kota Solo dengan lebih puas.   

Rute Perjalanan Bus Wisata Solo

Source: @ibisstylesolo via instagram.com

Perjalanan bus wisata Kota Solo ini kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan. Rute-rute yang dilalui pun hanya di jalan-jalan utama saja, meski demikian keseruannya tetap bikin antusias. Karena kamu bisa tahu, beberapa lokasi wisata Solo yang wajib dikunjungi lagi nanti. 

Rute keberangkatan dimulai dari Kantor Dinas Perhubungan, perempatan Manahan Jl. Ahmad Yani lalu ke Jl. Slamet Riyadi (Pertigaan Kerten). Lanjut melewati Sriwedari, terus ke Gladag – Pasar Gede – dan sampai di Bank Indonesia berhenti sebentar untuk ambil foto. 

Lanjut lagi ke Jl. kolonel Sutarto (Perempatan Panggung) – Jl. Ir. Sutami (Tugu Cembengan) – dan berhenti lagi di Taman Satwa Taru Jurug. Hal ini, supaya penumpang bus bisa saling berganti tempat duduk. Dari yang semula ada di lantai atas bisa pindah ke lantai bawah, supaya penumpang yang lain bisa merasakan pengalaman naik di lantai atas bus dan sebaliknya.  

Jalan-jalan dengan bus wisata Solo Werkudara, di setiap tempat wisata yang dilalui, bus akan berhenti selama kurang lebih 15 menit supaya penumpang bisa berkeliling sejenak atau berfoto selfie. Waktunya singgah yang terbatas, jadi jangan lama-lama kalau mau selfie ya!

Sambil jalan-jalan naik bus wisata, kamu juga bisa cobain VELO! Produk nikotin bebas tembakau praktis dan bebas asap dalam kemasan kantong ini khusus untuk kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, yang menawarkan cara baru menikmati nikotin yang lebih praktis, kapan saja dan dimana saja. Tidak menimbulkan asap sehingga kamu tidak perlu khawatir akan mengganggu kenyamanan orang di sekitar. 

Related Articles

Leave a Reply