Sepeda Brompton Yang Lagi Viral!

0
75
sepeda brompton
Memory Catcher via Pixabay

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan aktivitas bersepeda, atau biasa dikenal dengan sebutan gowes. Beberapa kalangan masyarakat pun menjadikan aktivitas ini sebagai hobi, termasuk mengoleksi dan memodifikasi sepeda mereka. Salah satu sepeda lipat yang menarik perhatian adalah sepeda brompton.

Merek sepeda asal Inggris yang rilis pertama kali pada tahun 1979 ini tidak memiliki perubahan pada desain sama sekali.

Bahkan, seiring berjalannya waktu sepeda ini menjadi salah satu sepeda termahal dan bergengsi di kalangan pecinta sepeda, loh! 

Pendiri Brompton bernama Andrew Ritchie menyebutkan bahwa asal mula ia merakit sepeda ini diperuntukkan untuk kalangan bangsawan di kerajaan Inggris yang ingin jalan-jalan menggunakan sepeda.

Di Inggris sendiri, bersepeda tidak termasuk olahraga santai saja tetapi merupakan gaya hidup masyarakat Inggris.

Wah, dengan melihat asal mula Brompton memang wajar kalau ingin membeli sepeda ini, kita harus merogoh kantong yang lumayan mahal, karena dari desain dan kualitas saja sudah sangat eksklusif ya!

Sebelum memutuskan untuk membeli sepeda Brompton, ada baiknya kalian mencari tau tentang review, spesifikasi, dan tipe Brompton mana yang cocok untuk kondisi kalian, dibawah ini yuk!

Pilihan Jenis Sepeda Brompton

Sepeda ini memiliki beberapa jenis dengan variasi harga yang berbeda, untuk memudahkan kamu mencari mana yang paling pas, simak beberapa jenis sepeda Brompton dibawah ini: [please put the source in the foot note]

Standar, sepeda jenis ini paling banyak diproduksi. Ini bisa jadi pilihan kamu jika kamu baru dalam dunia persepedaan.

Electric, menggunakan teknologi listrik menjadikan ini sebagai jenis lipat yang paling ditunggu-tunggu. Bukan hanya teknologinya, tapi pengalaman saat mengendarainya yang ditunggu-tunggu!

Superlight, jenis ini menggunakan rangka titanium di fork bagian depan, belakang, dan mudguard. Sepeda ini lebih ringan dari jenis lainnya

B75, Brompton jenis ini dilansir yang paling murah dan dirilis sejak tahun 1975. Sepeda ini dijual dengan harga mulai dari 14 juta, tapi kekurangannya tidak bisa di custom seperti jenis lainnya.

Tipe pada Sepeda Brompton

Gorpol via Piaxabay

Sepeda lipat asal Greenford, London, Inggris ini menyediakan 4 (empat) tipe handlebar atau stang yaitu M, S, H dan P yang bisa kalian pilih sebelum membeli, nih.

Kalian bisa menyesuaikan dengan desain yang pas dan cocok di segala situasi.

Tipe M

Brompton dengan tipe “Medium” ini bisa dipilih menjadi teman baru kalian! Karena sepeda ini cocok untuk segala kondisi dan situasi.

Tipe stang ini paling sering dipilih karena bentuknya yang pas, tidak terlalu tinggi ataupun rendah. 

Tipe S

Tipe S pada brompton memiliki arti berarti sporty atau short.

Sepeda ini memiliki handlebar yang lurus, jika dibandingkan akan terlihat berbeda dari jenis tipe lainnya. 

Tipe H

Jika kalian memiliki hobi bersepeda dan kerap mengendarainya dengan durasi waktu yang lama, tipe H berarti “High” bisa jadi pilihan yang cocok!

Karena tipe ini memberikan kenyamanan dengan posisi yang tegak, sehingga cocok jika digunakan dengan durasi waktu yang lama.

Tipe P

Sepeda tipe ini juga memberikan fleksibilitas untuk penggunanya dari alternatif posisi grip yang bisa disesuaikan saat bersepeda dengan durasi yang lama.

Menggunakan stang tipe ini akan memudahkan kamu mengganti posisi, jadi kamu tidak akan merasa capek atau lelah pada satu posisi saja.

Tentu saja Brompton bukan sembarang sepeda, melihat kenyamanan yang diberikan. Istilahnya ada kualitas ada kuantitas, harga satu sepeda nya bisa mencapai hingga Rp. 150 juta rupiah.

Sedangkan yang paling murah dibanderol dengan harga Rp. 25 juta. Harga yang fantastis ini tidak menurunkan popularitas sepeda ini loh, bahkan produsen sepeda Brompton dapat menjual 40.000 unit setiap tahun.

Spesifikasi Sepeda Brompton

Memiliki kualitas yang detail, dan unik menjadikan Brompton sebagai wish list pecinta sepeda. Tidak perlu diragukan lagi masalah kualitas, kenyamanan, saat mengendarai sepeda ini.

Sudah pasti, tingkat kepercayaan diri kamu akan naik dua kali lipat jika memiliki Brompton!

Agar semakin detail mengetahui apa saja yang ditawarkan Brompton, simak beberapa spesifikasi sepeda Brompton berikut:

Rangka terbuat dari baja ringan

Pada jenis sepeda Brompton yang umum, mereka menggunakan rangka chromoly steel yang menyebabkan sepeda ini ringan karena bahan rangka ini merupakan bahan yang kuat, awet, dan dapat menopang beban jangka panjang.

Walaupun menggunakan baja, kamu tidak perlu khawatir akan karat karena rangka Brompton sudah dilapisi anti karat pada bagian dalam dan luar.

Rangka terbuat dari superlight titanium

Berbeda dengan jenis sepeda Brompton yang umum, jenis sepeda yang menggunakan rangka berbahan Titanium ini lebih eksklusif dengan harga yang lebih mahal.

Rangka dari titanium ternyata bisa mengurangi berat sepeda sebesar 0,74 kg. Selain lebih ringan, penggunaan rangka ini lebih fleksibel.

Jika, kamu tipe pengguna sepeda yang menyukai touring, kamu akan suka spesifikasi jenis Brompton dengan rangka titanium.

Pilihan Gear yang bervariasi

Memberikan kamu pilihan gear atau gigi seperti 1 speed, 2 speed, 3 speed, dan 6 speed yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan berkendara kamu ya.

Nah, tapi ada penambahan harga sebesar $100 nih buat 2 speed, $200 untuk 3 speed, dan $320 untuk 6 speed. Agar tidak membingungkan, 1 speed bisa dipilih jika kamu bersepeda dengan santai dengan jalanan yang datar.

Sedangkan 2 speed dipilih jika kamu bersepeda di jalanan datar dan menanjak jadi, bisa dengan mudah menyesuaikan. Kalau kamu suka balap, kamu bisa pilih 3 speed digunakan pada jalan datar, menanjak dan balap.

Terakhir, 6 speed cocok untuk kamu yang suka berpetualang di segala medan. 

Menjadikan aktivitas bersepeda sebagai pilihan berolahraga kamu, sangat berpengaruh dengan kesehatan.

Untuk merasakan sensasi nikotin sambil tetap bersepeda, kamu bisa coba VELO, kantong nikotin buat kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui.

Jadi kamu bisa menikmati sensasi nikotin dengan berbagai varian di mana aja dan kapan aja!

Leave a Reply