Tips Sebelum Membeli Sepeda Brompton Bekas!

Saat berkendara bersama keluarga, tentu kamu sudah terlalu sering berpapasan dengan rombongan pecinta sepeda.

Aktivitas ini semakin digemari oleh masyarakat, selain merubah gaya hidup, bersepeda dijadikan salah satu sarana olahraga paling simpel dan menyenangkan.

Dari tahun ke tahun, pecinta olahraga sepeda terjadi peningkatan dibanding tahun sebelumnya apalagi saat pandemi.

Masyarakat akan mencari hobi baru agar tidak merasa jenuh di rumah.

Berbagai jenis sepeda pun selalu menghiasi jalanan di berbagai kota, salah satunya sepeda lipat merk Brompton asal Inggris.

Sepeda ini dikenal dengan spesifikasinya yang canggih dan harganya yang tidak main-main.

Nah, buat kalian yang ingin mencoba aktivitas bersepeda terus penasaran sama sepeda Brompton, daripada keluar biaya yang besar untuk custom sepeda ini, mungkin kamu bisa mempertimbangkan alternatif membeli sepeda bekas saja.

Walaupun kondisi nya bekas atau pernah digunakan sebelumnya, bukan berarti kualitasnya tidak bagus.

Kalian tetap harus memperhatikan tips berikut sebelum memutuskan untuk membeli sepeda Brompton bekas dengan harga yang jauh lebih terjangkau daripada harga jual aslinya nih!

Tips Membeli Sepeda Brompton Bekas

Tentukan Sesuai Kebutuhan

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan yaitu menentukan jenis sepeda Brompton mana yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan budget kamu.

Variasi yang diberikan Brompton mulai dari harga yang paling murah sampai yang paling mahal.

Jika kamu telah menentukan jenis apa yang ingin kamu beli, akan lebih mudah untuk mencari referensi toko sepeda bekas yang menjual Brompton.

Bandingkan Harga Sepeda Brompton Bekas

Setelah mengetahui jenis Brompton mana yang ingin kalian beli, sudah saatnya membandingkan harga. Perhatikan poin berikut agar tidak rugi ya!

  • Cari referensi dari forum diskusi jual beli sepeda yang khusus menjual Brompton atau kamu bisa menanyakan kepada teman atau saudara yang memiliki Brompton, dengan begitu akan lebih mudah membandingkannya.
  • Membandingkan toko di marketplace, agar lebih efektif mengetahui detail harga kamu bisa mencoba membandingkan antar toko beserta spesifikasi detail sepedanya. 

Tips ini akan membantu kamu mendapatkan jenis sepeda yang sesuai dengan harga yang terjangkau, kualitas yang bagus, dan sesuai dengan keuangan kamu.

Pastikan Identitas Penjual Terpercaya

Kamu tentu tidak mau kan kalau sudah mendapatkan harga dan spesifikasi yang kamu mau tapi kamu sama sekali tidak tahu detail mengenai identitas penjual?

Nah, mencari tahu identitas penjual melalui review dan rating yang diberikan pembeli akan memudahkan kamu untuk mengecek fisik sepeda nantinya.

Walaupun kamu sedang mencari sepeda bekas, tapi bermerek Brompton, tentu biaya yang dikeluarkan tidak sedikit,  jadi pastikan bahwa penjualnya valid dan terpercaya!

Mengecek Fisik Sepeda Secara Detail

Selanjutnya yang perlu kamu tau adalah mengenai spesifikasi dan spare part dari sepeda bekas kamu.

Pastikan kamu mengecek sendiri keadaan fisik sepeda, bukan melalui foto atau video. Jangan sampai kamu sudah membayar dengan harga yang ditentukan tapi tidak mendapatkan fisik yang sesuai dengan harga tersebut.

Perhatikan bagian-bagian sepeda bekas mulai dari:

  • Periksa bagian stang, apakah masih nyaman digunakan atau tidak karena ini akan mempengaruhi keseimbangan kamu saat berkendara.
  • Memastikan kondisi ban belakang dan depan, kondisi ban harus bagus agar tidak goyang yang bisa menimbulkan risiko kecelakaan.
  • Periksa rem dan gigi, apakah berkarat dan dapat mengerem dengan sempurna.

Tips diatas bisa kamu jadikan referensi pertimbangan sebelum membeli sepeda Brompton bekas ya!

Brompton memang memiliki detail yang sempurna saat proses perancangan, tapi tidak ada salahnya untuk double check sebelum membeli.

Frista Kurniasari
Talented professional good multitasking, organizational and verbal and written communication skills. Expertise includes writing content on topics such as Lifestyle, Humanity, Education and Travel.

Related Articles

Leave a Reply