7 Kiat Jaga Semangat di Tengah Masalah yang Bikin Penat

Pernah nggak sih merasa sedang ada di posisi terpuruk, namun tidak mengerti caranya supaya bisa bangkit dan semangat lagi? Memang sih, tiap pribadi punya cara masing-masing untuk menyelesaikan masalah yang terus datang bergantian.

Mulai dari yang mengeluarkan banyak biaya, atau justru hal simpel saja sudah bikin perasaan kita bahagia. Terpenting ialah, hasil yang diberikan tetap optimal dan mampu meningkatkan motivasi untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Dalam tulisan ini, penulis bakal tunjukin hal kecil namun jarang disadari yang dapat meningkatkan spirit dalam diri. Langsung simak aja yuk~

1. Tiap bangun pagi, mulai dengan membereskan tempat tidurmu

Mantra pertama yang powerful untuk dicoba adalah merapikan tempat tidurmu selepas membuka mata. Mulai dari menata kembali bantal di tempatnya, menarik sprei agar pas dengan spring bed, hingga melipat selimut dengan pelan dan rapi.

Sekalinya kamu berhasil membereskannya, maka dalam pikiranmu akan tertanam bahwa kamu telah menyelesaikan tugas pertama pada hari itu. Sehingga, otak kita akan terpicu untuk kembali menyelesaikan tugas-tugas berikutnya, secara otomatis. Menarik, bukan?

2. Lakukan meditasi sebentar untuk jernihkan pikiran

Bagimu yang beragama muslim, bisa lakukan ini sembari berdzikir. Atau jika ingin melakukannya secara terpisah juga bisa, sah-sah saja. Pada intinya, kita berlatih menyadari setiap hembusan napas yang keluar dan masuk melalui hidung.

Sembari menutup mata, tariklah napas dalam-dalam melalui hidung selama 3-5 detik. Tahan napas di perut selama 2-3 detik. Lalu keluarkan kembali lewat hidung hingga perasaanmu terasa lega. Lakukan ini rutin tiap pagi, dan rasakan perubahannya.

3. Keluar rumah, sapalah orang sekitar dengan senyum lebar

Coba deh, dimulai dari keluarga di rumah, ajak mereka ngobrol dan banyaklah senyum atau tertawa lega. Jika memungkinkan, cobalah untuk keluar dan berinteraksi bersama tetangga rumah. Sapa mereka dan tebarkan senyum paling manis sejagat raya.

Kamu juga bisa membuka obrolan lainnya yang lebih dari sekedar basa-basi. Hal ini akan membuat perasaan kita lebih terbuka, membangkitkan empati, dan juga semangat dalam diri. Perasaan inilah yang nantinya membuat hati dan pikiran jadi lebih tenteram.

4. Jika sempat, tuliskan 1-3 hal yang ingin kamu lakukan di hari itu

Mungkin jika kamu tak terbiasa sebelumnya, hal ini akan sulit dilakukan. Ya, menuliskan to-do-list pada hari itu juga. Sebisa mungkin ditulis di pagi hari sebelum kamu melakukan aktivitas apapun. Anggaplah hal ini sebagai aktivitas merencanakan hari.

Saat menuliskan tugas harian, prioritaskan mana yang paling penting. Kerjaan, meeting, atau hal lainnya. Sesuaikan dengan jadwal mingguan yang kamu terima. Terpenting adalah tugasnya selesai, tak perlu terlalu kaku dengan kapan dilakukan tugas-tugas itu.

5. Kenakan pakaian yang bikin kamu PD dan merasa nyaman

Katakanlah kamu sudah bekerja, maka coba kenakan pakaian kerja yang paling membuatmu merasa percaya diri dan nyaman. Berjalan di antara kerumunan terasa sangat menyenangkan dan seolah-olah kamu-lah yang jadi pusat perhatian.

Tidak melulu soal pakaian yang mahal, cukup bersih dan rapi. Jangan lupa lengkapi dengan satu tips lain, yakni wangi. Gunakan parfum yang memang tahan lama, dan wanginya semerbak ke mana-mana. Tak terlalu kontras, tapi juga tak terlalu kalem.

6. Tetap terhubung dengan keluarga, teman, kolega

Rasa semangat dalam diri juga dapat tumbuh dengan sendirinya, tatkala kita merasa baik-baik saja dalam hubungan. Baik itu bersama keluarga, teman, kolega, atau bahkan pasangan (buat yang punya). Hal ini sangat penting dan mendasar.

Apabila hubungan kita dengan mereka tetap terjaga komunikasinya, maka akan mudah sekali untukmu mendapat dukungan emosional. Dukungan inilah yang nantinya juga dapat menjadi bahan bakar semangat yang tak akan pernah habis.

7. Sebelum tidur, sempatkan untuk menulis gratitude journal

Setelah capai dan letih seharian bekerja, ya memang paling afdol melakukan hal-hal yang kita suka. Hobi, misalnya. Kumpul sama teman juga bisa. Atau apapun itu, yang membuatmu senang dan hilang beban dalam pikiran.

Namun coba deh, satu trik yang sangat jarang dilakukan oleh orang-orang di luar sana; padahal efek yang diberikan sangatlah terasa. Yakni dengan menulis jurnal harian berupa ucapan syukur pada hari itu juga. Bercerita tentang hal-hal kecil yang kamu syukuri.

Bagaimana, cukup sederhana, kan? Membangkitkan semangat dengan cara di atas dirasa cukup efektif dan menyenangkan. Tanpa harus keluar banyak biaya & waktu. Terakhir, jangan lupa suplai makanan, minuman, dan suplemen agar tubuh & pikiran tetap optimal.

Untuk memenuhi kebutuhan nikotin, sekarang kamu gak perlu keluar rumah loh! Dengan VELO, kantong nikotin buat kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, kamu bisa menikmati sensasi nikotin dengan berbagai varian di mana aja dan kapan aja.

Tidak menimbulkan asap sehingga kamu tidak perlu khawatir akan mengganggu kenyamanan orang di sekitar. Bahkan di sela-sela aktivitasmu yang padat, kamu tetap bisa bebas menikmati kantong nikotin ini.

Ifan Prasya
Karena belajar bisa dari mana aja.

Related Articles

Leave a Reply