5 Rutinitas Pagi yang Membantumu Semangat Jalani Hari

Apa yang terjadi di sepanjang harimu, semuanya tergantung pada bagaimana kamu memulainya. Sebangunnya kamu dari lelap tidur, cuci muka, dan aktivitas rutin lainnya akan menentukan seberapa semangat pagi kamu untuk menjalani hari.

Karena itu, penting sekali untuk memperhatikan hal-hal kecil yang dijadikan rutinitas pagi. Jika kebanyakan buruk, maka sudah saatnya untuk mengubahnya. Dalam tulisan ini akan kami berikan rekomendasi kegiatan pagi yang manjur untuk menaikkan mood.

Langsung simak aja yuk~

1. Mulai semangat pagi dengan menggerakkan anggota tubuhmu

Tidak perlu terlalu berat. Cukup lakukan gerakan-gerakan kecil yang membuat mata kembali melek sempurna. Hal ini dikarenakan seluruh peredaran darah dalam tubuh kembali lancar dan tersalurkan dengan sempurna.

Jika ternyata kamu butuh gerakan lain, bisa langsung lakukan workout. Apalagi buatmu yang sedang menjalankan program diet, latihan ini cukup membantu. Selain menambah energi, juga membuat fokus kita semakin menguat.

2. Beri asupan energi lewat segelas air perasan lemon, hangat atau dingin

Biasanya hal ini sering dilakukan oleh pegiat detoks. Dan ternyata memang ampuh manfaatnya. Membuat badan kita terasa lebih segar dan semangat pagi seketika saat meminum air perasan lemon. Bisa dicampur menggunakan air dingin, atau hangat. Sesuai selera saja.

Usahakan saat kondisi perut kosong, ya. Dan tunggu waktu 15-20 menit, baru nanti boleh sarapan. Supaya energinya terserap maksimal. Oiya, minuman ini cocok dibikin setelah kamu melakukan latihan atau gerakan tadi di awal bangun pagi.

3. Hindari memegang gadget sampai waktu sarapan tiba

Yaps, usahakan sebisa mungkin ya. Hindari mengecek ponsel, tablet, atau laptop; apapun itu yang bentuknya layar bercahaya dengan banyak informasi up-to-date di dalamnya. Jangan dulu, nanti baru boleh saat kamu sudah mengisi perut dengan sarapan pagi.

Supaya apa? Ya biar kamu merasa tenang. Tidak risau dengan berita, gosip, atau info terkini dari teman. Nah, sebagai gantinya, kamu bisa perhatikan lingkunganmu sekarang. Kicau burung, beberes kamar, atau menulis to-do-list yang akan diselesaikan hari itu.

4. Buat list target prioritas yang ingin diselesaikan

Kalau kamu bekerja, ya tulis apa yang ingin kamu kerjakan sesuai dengan prioritas. Begitu pula jika kamu sedang berkuliah atau mengurus rumah. Urutkan dari yang paling penting dan punya dampak besar, sedang, ringan dan seterusnya.

Tak perlu banyak-banyak, cukup tulis 3-5 tugas saja. Dan ada peraturannya, tidak boleh multitasking. Harus dikerjakan satu per satu sampai semuanya selesai. Nomor 1 dulu, diselesaikan, baru boleh lanjut mengerjakan nomor 2, dan seterusnya.

5. Sebelum tidur, tulis apa yang ingin kamu syukuri

Sesi cerita dimulai. Curahkan apa saja yang ingin kamu ucapkan rasa syukur dari lubuk hati paling dalam. Ambil buku catatan dan pulpen, lalu tarik garis dengan tulisan-tulisan yang membuatmu mengingat usaha, kebaikan, atau bahkan pencapaian yang layak dirayakan.

Kamu bisa apresiasi hal-hal kecil yang sudah kamu lakukan di hari itu. Misalkan saja, berhasil merapikan tempat tidur, minum air putih sebanyak 8 gelas sehari, memberi kabar pada teman dan keluarga, mengerjakan pekerjaan dengan baik, dan lain sebagainya.

Kelima hal tadi jika dilakukan dengan rutin agar selalu semangat pagi, dijamin deh hari-harimu akan lebih menyenangkan dibanding sebelumnya. Namun tetap ya, harus konsisten. Jangan sehari-dua hari dilakukan, hari berikutnya absen. Ya nanti sama saja hasilnya.

Oiya, kalau kamu lagi di tempat yang gak boleh ngerokok, kamu tetep bisa kok merasakan sensasi nikotin tanpa asap dan bau yakni dengan menggunakan VELO, kantong nikotin buat kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui. Cukup selipkan di antara bibir dan gusi atas, sensasinya bakal kerasa hingga setengah jam.

Ifan Prasya
Karena belajar bisa dari mana aja.

Related Articles

Leave a Reply